Berapakah Biaya Perpanjangan SKK 2022? Simak Disini!

Biaya Perpanjangan SKK 2022 – Tenaga kerja di bidang konstruksi bangunan harus memiliki SKK. Sertifikat tersebut menunjukkan bahwa pekerja memiliki keahlian sesuai kompetensi dalam bidang konstruksi. Biaya perpanjangan SKK 2022 cukup terjangkau.

Kapan SKK diperpanjang? Apa saja syarat perpanjangan SKK? Bagaimana prosedurnya? Berapa biaya perpanjangan SKK 2022? Simak langsung artikel di bawah ini yang akan membahas lebih lengkap tentang kebijakan perpanjangan SKK bagi tenaga kerja bidang konstruksi!

Baca Juga : cara membuat SBU online 

Pengertian dan Definisi SKK

Apa yang dimaksud dengan SKK Konstruksi? SKK atau Sertifikat Kompetensi Kerja merupakan sebuah dokumen yang memiliki peranan untuk membuktikan bahwa pekerja memiliki keahlian sesuai dengan kompetensi dalam bidang jasa konstruksi.

Pekerja yang dimaksud dalam pengertian di atas dapat terdiri dari beberapa jabatan. Misalnya, tenaga teknis, tenaga kerja operator, dan tenaga khusus atau tenaga ahli di bidang konstruksi. Setiap pekerja harus lulus berbagai ujian atau tes untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

Apakah SKA sama dengan SKK? SKA (Sertifikat Keahlian) dan SKT (Sertifikat Keterampilan) merupakan dua istilah yang digunakan untuk membuktikan keahlian pekerja konstruksi. Namun, dua istilah tersebut kini jarang digunakan dan diganti dengan istilah SKK (Sertifikat Kompetensi Kerja).

Fungsi utama SKK Konstruksi adalah sebagai bukti keahlian yang dimiliki pekerja di bidang jasa konstruksi. Selain itu, SKK yang dimiliki oleh pekerja juga memiliki fungsi atau manfaat lainnya bagi pekerja dan perusahaan konstruksi yang menaunginya.

Apa saja fungsi atau manfaat tersebut? Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat dari Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) Konstruksi yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • SKK dapat dijadikan sebagai salah satu syarat dalam pengajuan pembuatan SBU (Sertifikat badan Usaha) perusahaan.
  • Tenaga kerja dengan SKK dapat menjabat sebagai PJBU (Penanggung Jawab Badan Usaha).
  • Sebagai syarat bagi pekerja jika ingin mendapat jabatan sebagai PJSKBU (Penanggung Jawab Sub Klasifikasi Badan Usaha).
  • Salah satu persyaratan dalam mengemban tanggung jawab sebagai PJTBU (Penanggung Jawab Teknis Badan Usaha).
  • Digunakan sebagai salah satu syarat perusahaan konstruksi dalam mengikuti lelang atau project konstruksi.

Di dalam pembuatan SKK, Anda harus memperhatikan dan menyesuaikan jenjang SKK mulai dari jenjang 1 hingga jenjang 9.

Kebijakan Perpanjangan SKK

Tenaga kerja konstruksi harus melengkapi syarat dan ketentuan untuk mendaftarkan diri agar memperoleh SKK. Setelah itu, tenaga kerja harus mengikuti serangkaian uji kompetensi sebagai penilaian atas keahlian yang dimiliki.

Seluruh proses pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja bidang konstruksi dilakukan oleh LSP/ PTUK. Selain itu, proses sertifikasi tersebut juga dapat dilakukan oleh asosiasi profesi  yang sudah memiliki akreditasi atau LSP dengan lisensi resmi.

Ketika tenaga kerja sudah lulus uji kompetensi dan memenuhi semua syarat serta ketentuan, maka ia berhak mendapatkan SKK. SKK Konstruksi yang dimilikinya dapat digunakan sepanjang masa berlaku yang telah ditetapkan.

Masa berlaku SKK Konstruksi adalah lima tahun setelah sertifikat tersebut diterbitkan secara resmi. Sebelum masa berlakunya habis, pekerja harus melakukan proses perpanjangan masa berlaku. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami cara memperpanjang SKK Konstruksi.

Surat Edaran Nomor 05/SE/M/2022 dapat digunakan sebagai acuan kebijakan terbaru tentang proses perpanjangan SKK. Peraturan tersebut telah menggantikan peraturan sebelumnya yang terdapat dalam Surat Edaran nomor 03/SE/2022.

Cara untuk Melakukan Perpanjangan SKK

Cara perpanjangan SKK dapat dilakukan setelah pekerja memenuhi semua syarat dan ketentuan untuk memperpanjang sertifikat tersebut. Jadi, pastikan Anda sudah melengkapi semua berkas atau dokumen-dokumen yang diperlukan dalam proses perpanjangan SKK.

Perpanjangan pengurusan SKK Konstruksi kemudian dapat dilanjutkan dengan membayar biaya perpanjangan SKK 2022 lengkap.

Secara umum, proses perpanjangan SKK Konstruksi dapat dilakukan secara luring, hybrid, daring, maupun menggunakan jasa pihak ketiga.

1. Perpanjangan SKK secara Luring

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk melakukan perpanjangan SKK adalah datang langsung ke tempat untuk mengurus segala keperluan perpanjangan SKK. Anda harus membawa surat-surat atau dokumen yang ada dalam persyaratan perpanjangan SKK.

Cara ini dapat dilakukan secara mandiri oleh pekerja langsung. Namun, pastinya membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga karena harus secara langsung datang ke tempat perpanjangan SKK.

2. Perpanjangan SKK secara Hybrid

Selain dilakukan secara langsung atau luring, perpanjangan SKK juga dapat dilakukan secara hybrid. Cara ini dilakukan melalui dua sesi yaitu sesi online dan sesi offline atau datang langsung. Perpanjangan SKK secara hybrid lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan cara luring.

Selain itu, pada jenjang SKK yang sama biaya perpanjangan SKK 2022 Jakarta maupun daerah lainnya dengan cara hybrid lebih murah dibandingkan biaya perpanjangan SKK secara luring. Namun, metode perpanjangan SKK secara hybrid hanya dapat dilakukan pada jenjang 2 hingga jenjang 9.

3. Perpanjangan SKK secara Daring (Online)

Perpanjangan SKK kini juga dapat dilakukan secara online sepenuhnya karena sudah ada sistem teknologi digital yang memadai. Jadi, semua proses perpanjangan SKK dilakukan secara online tanpa harus datang langsung ke tempat untuk mengurusnya.

Biaya perpanjangan SKK 2022 online juga lebih murah dibandingkan dengan biaya perpanjangan SKK secara luring maupun hybrid. Namun, metode perpanjangan SKK secara daring hanya dapat dilakukan pada jenjang 2 hingga jenjang 9.

4. Perpanjangan SKK Menggunakan Jasa Pihak Ketiga

Beberapa orang mungkin tidak bisa mengurus perpanjangan SKK sendiri karena alasan tertentu, misalnya terlalu sibuk sehingga tidak memiliki waktu luang. Jika Anda juga tidak sempat mengurus perpanjangan SKK sendiri, maka gunakan saja jasa dari pihak ketiga.

Cara perpanjangan SKK menggunakan jasa dari pihak ketiga sangat efektif dan efisien karena Anda tidak perlu repot mengurus semuanya. Anda cukup mempersiapkan semua dokumen persyaratan perpanjangan SKK dan menyerahkannya kepada pihak ketiga sebagai penyedia jasa.

Namun, pastikan untuk memilih jasa pengurusan SKK yang aman dan terpercaya karena pengurusan SKK merupakan hal yang sangat penting dan menggunakan dokumen-dokumen penting.

Anda bisa mencari jasa pengurusan SKK terpercaya dan profesional melalui internet atau sumber lainnya.

Namun, besarnya biaya perpanjangan SKK 2022 habis menggunakan jasa pihak ketiga biasanya lebih besar. Selain untuk membayar biaya perpanjangan SKK, biaya ini juga digunakan untuk membayar jasa dari pihak ketiga.

Biaya yang dikeluarkan sebenarnya sebanding dengan keuntungan yang diperoleh. Perpanjangan SKK menggunakan jasa pihak ketiga lebih efektif dan efisien, serta tidak akan membuat Anda repot mengurusnya sendiri.

Besarnya Biaya Perpanjangan SKK 2022

Ketika melakukan perpanjangan SKK (Sertifikat Kompetensi Kerja) konstruksi, maka Anda harus membayar biaya tertentu. Seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk perpanjangan SKK? 

Biaya perpanjangan SKK 2022 terbaru telah diatur oleh pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Rincian biayanya terdapat di dalam Keputusan Menteri PUPR Nomor 713/KPTS/M/2022.

Biaya untuk melakukan perpanjangan SKK berbeda-beda tergantung jenjang SKK. Semakin tinggi jenjang SKK yang diperpanjang, maka akan semakin besar pula biaya yang dikeluarkan. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga berbeda-beda tergantung jenis metode perpanjangan SKK yang dipilih.

Pada umumnya biaya perpanjangan SKK menggunakan metode luring atau offline lebih besar dibandingkan metode hybrid maupun daring pada jenjang SKK yang sama.

Selain tiga metode tersebut, pembuatan atau perpanjangan SKK juga dapat dilakukan dengan menggunakan jasa dari pihak ketiga. Ya, kini sudah banyak pihak resmi yang menawarkan jasa perpanjangan Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK).

Besarnya biaya perpanjangan SKK menggunakan jasa tersebut tentu saja berbeda jika dibandingkan dengan mengurusnya secara mandiri. Pada umumnya, jasa perpanjangan SKK akan menawarkan biaya yang lebih tinggi.

Namun, ada juga jasa perpanjangan SKK yang menawarkan biaya lebih murah dan terjangkau. Anda hanya perlu menemukan jasa perpanjangan SKK yang aman dan terpercaya serta menawarkan harga terbaik.

Rekomendasi Terbaik Jasa Perpanjangan SKK 2022

Perpanjangan SKK dapat dilakukan melalui berbagai cara baik itu secara langsung, hybrid, maupun online. Selain itu, perpanjangan SKK juga dapat dilakukan lebih efektif dan efisien menggunakan jasa pengurusan SKK.

Kini sudah banyak jasa pengurusan SKA SKT atau SKK yang menawarkan jasanya. Di antara semua pihak yang menawarkan jasanya, Anda harus memilih jasa pengurusan SKK terbaik, seperti Bacaboy.com. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh ketika menggunakan jasa tersebut.

Berikut ini beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa Anda peroleh ketika mengurus perpanjangan SKK menggunakan jasa Bacaboy.com, yaitu:

  • Menghemat waktu dan tenaga karena tidak harus mengurusnya sendiri.
  • Aman dan terpercaya, sehingga perpanjangan SKK dapat diurus dengan tepat.
  • Memiliki izin penyedia jasa pengurusan SKK yang sudah legal atau resmi.
  • Semua tenaga kerja yang dimiliki mampu bersikap profesional dan berpengalaman.
  • Menawarkan harga terbaik dan terjangkau untuk pengurusan perpanjangan SKK.
  • Memberikan respon dan pelayanan terbaik untuk semua client.
  • Menawarkan layanan lainnya yang lengkap, seperti mengurus SKA SKT/ SKK, SBU, dan ISO.
  • Selalu mendapatkan ulasan atau respon positif dari client sebelumnya yang pernah menggunakan jasa.

Jika tertarik menggunakan jasa Bacaboy.com, maka Anda bisa langsung datang ke Jalan H Sutiono Nomor 7, Sidomulyo Timur, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau. Anda juga bisa menghubunginya dengan mengirim pesan ke e-mail di cs.bacaboy@gmail.com

Nomor layanan Bacaboy.com juga dapat dihubungi melalui nomor telepon +62 821-7304-1309. Informasi lebih lengkap tentang jasa dari Bacaboy.com dengan mengunjungi website resmi di https://bacaboy.com/.

Penutup

Biaya perpanjangan SKK 2022 berbeda-beda tergantung jenjang SKK dan metode perpanjangan yang dilakukan. Rata-rata biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 1.300.000 – Rp 8.000.000. Cara perpanjangan SKK yang paling efektif adalah menggunakan jasa dari https://bacaboy.com/.

Anda Harus Lihat!

#sbu2022
#persyaratansbukonstruksi 2022
#sertifikatbadanusaha2022
#syaratpembuatansbu2022
#pembuatansbubaru2022
#persyaratanpembuatan sbu2022
#pengurusansbu2022
#sbukonstruksi2022
#syarat pengurusansbu2022
#caramembuatsbukonstruksi2022
#daftarsbu2022
#sbu

Jasa Pengurusan SKA SKT

Jasa Pengurusan SKA SKT / SKK, SBU & ISO.

Informasi

Jl. H. Sutiono, No 7, Marpoyan Damai – Pekanbaru

Chat Kami!
1
Chat Admin Kami!
Hi,
Ada yang bisa kami bantu ?