#CaraDaftarOSSOnline #OSS #NIB #OSSRBA

Cara Daftar OSS Online dengan Mudah dan Cepat

Bagi setiap kegiatan bisnis yang berada di dalam atau luar negeri, milik bersama atau individu sudah seharusnya tahu bagaimana cara daftar OSS online jika ingin menjalankan bisnisnya di Indonesia. Semua bisnis harus memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Proses untuk mendapatkan izin NIB bisa melalui online lewat platform dari oss.go.id dan ini merupakan cara yang lebih mudah daripada cara sebelumnya. Lalu bagaimana cara mendaftarkan OSS secara online? Anda dapat simak uraian berikut ini.

Mengenal Apa Itu OSS

OSS merupakan singkatan dari Online Single Submission yang merupakan sistem perizinan untuk menjalankan sebuah bisnis secara elektronik. Sistem ini mulai diluncurkan oleh pemerintah pada 2018 lalu di Jakarta.

Peresmiannya dilakukan oleh Darmin Nasution selaku Menteri Koordinator bidang Perekonomian. Baik pengusaha di dalam atau luar negeri dapat dengan mudah mengakses perizinan lewat sistem ini.

Jadi jika Anda sedang menjalankan sebuah bisnis sudah seharusnya menerapkan cara daftar izin usaha OSS online lewat sistem tersebut. Adanya sistem OSS ini maka bentuk perizinan akan lebih mudah dan terpadu karena berbasis elektronik.

Adapun tujuan utamanya adalah agar semua pelaku usaha khususnya pengusaha mikro menengah lebih mudah dalam menjalankan usahanya. Jika sudah memiliki izin maka akan lebih mudah untuk mengembangkan pasarnya. Oleh karena itu urus perizinan sekarang juga.

Syarat Mendaftar OSS

Sebelum mengetahui bagaimana cara daftar OSS online baru, Anda harus tahu apa saja persyaratan agar lolos perizinannya. Adapun untuk persyaratannya adalah nomor handphone aktif, akta dan pengesahan apabila bentuknya adalah badan usaha.

Membawa Nomor Induk Kependudukan (KTP), menyerahkan NPWP dan email pribadi yang masih aktif. Anda baru bisa mendaftar OSS secara online apabila telah memenuhi persyaratan tersebut. Mengetahui cara membuat OSS online berarti Anda tahu apa saja persyaratannya.

Cara Daftar OSS

Pastikan terlebih dahulu bahwa persyaratan yang diminta sudah Anda lengkapi. Baru kemudian Anda bisa melakukan pendaftaran di web resmi OSS. Adapun untuk cara daftar NIB di OSS online adalah:

1. Membuka Website Resmi OSS

Website resmi dari OSS adalah oss.go.id, nantinya akan muncul tampilan pertama dari OSS RBA bagi Anda yang ingin mendaftarkan usaha. Versi RBA ini sudah ada sejak tahun 2021 dan masih sampai sekarang.

Versi RBA merupakan versi terbaru, jadi setiap bisnis yang berjalan pasti sesuai dengan KBLI 2020 lalu kemudian kodenya akan dipilih untuk menentukan resikonya. Setiap resiko memiliki persyaratan perizinan yang berbeda-beda.

2. Memilih Menu Daftar

cara daftar OSS online berikutnya setelah laman pertama muncul adalah masuk ke menu daftar. Menu daftar ini ada di bagian pojok kanan atas bersebelahan dengan menu masuk.

3. Memilih Jenis Usaha

Setelah itu Anda bisa langsung memilih jenis usaha seperti NON UMK atau UMK. UMK merupakan singkatan dari usaha mikro kecil menengah wilik masyarakat Indonesia. Adapun untuk modal usahanya paling banyak Rp5 miliar tidak termasuk tempat usaha dan tanahnya.

Sedangkan NON UMK terbagi menjadi 4 jenis yaitu Usaha Menengah dengan modal usaha paling banyak Rp10 miliar, Usaha Besar milik PMDN atau PMA modalnya lebih dari Rp10 miliar. Ada lagi Kantor Perwakilan yang merupakan perwakilan usaha dari luar negeri.

Terakhir adalah Badan Usaha Luar Negeri yang merupakan badan usaha yang menjalankan bisnisnya di luar wilayah Indonesia. Setelah memilih jenis maka akan muncul UMK Anda berupa apa, apa perseorangan atau badan usaha.

4. Mengisi Data Untuk Verifikasi

Cara daftar OSS badan usaha adalah melengkapi data sebagai keperluan verifikasi. Adapun untuk data-data yang diminta adalah nomor handphone, alamat email, (lebih baik Anda memilih proses verifikasi melalui email), lalu setelah itu konfirmasi.

5. Verifikasi Akun OSS

Verifikasi akun OSS merupakan salah satu cara daftar oss online lewat HP. Jika data-data di atas sudah lengkap maka Anda bisa melakukan verifikasi akun terlebih dahulu. Anda akan menerima pesan lewat email yang tercantum ketika melakukan pendaftaran.

Buka email tersebut maka akan muncul kode verifikasi yang harus Anda masukkan kembali ke website OSS. Contoh kode verifikasinya adalah 038444, kode ini hanya berlaku selama 2 menit jadi Anda harus stand by.

6. Mengisi Kata Sandi

Cara daftar OSS online lembaga berikutnya adalah dengan memasukkan kata sandi akun. Anda akan diminta untuk mengisi kata sandi dan nama lengkapnya, format pengisian kata sandi adalah 8 karakter dengan kombinasi angka huruf kecil, huruf kapital dan karakter.

7. Melengkapi Data Pribadi

Langkah berikutnya adalah dengan mengisi data pribadi pemilik akun OSS. Nomor NIK akan langsung dicek oleh sistem OSS jadi Anda tidak dapat memasukkan nomor NIK asal-asalan ya! Setelah selesai maka bisa langsung pilih daftar.

8. Pendaftaran Berhasil

Setelah semuanya selesai dilakukan maka kini Anda telah berhasil melakukan pendaftaran. Agar berhasil Anda harus mengikuti cara daftar OSS online RBA badan usaha. Anda bisa langsung mengecek email untuk mendapatkan informasi detail akun.

Masalah Gagal Login

Setelah mengetahui bagaimana cara daftar OSS online RBA, ada contoh permasalahan yang kerap terjadi ketika hendak login. Permasalahan itu adalah gagal login yaitu ketika hendak memverifikasi lewat nomor Whatsapp. Adapun cara verifikasi lewat nomor Whatsapp adalah:

  1. Buka website resmi OSS
  2. Pilih jenis usaha Anda
  3. Mengisi nomor Whatsapp untuk melakukan verifikasi
  4. Cek Whatsapp apakah kode sudah masuk atau belum
  5. Lengkapi data pribadi Anda
  6. Lakukan verifikasi akun
  7. Tunggu sampai muncul rincian pesan Whatsapp

Penutup

Berdasarkan cara daftar OSS online di atas lebih mudah untuk melakukan verifikasi akun melalui alamat email. Dalam mendaftar OSS dibutuhkan sertifikat badan usaha yang bisa Anda buat langsung lewat https://bacaboy.com. Semoga informasi di atas membantu!

Anda Harus Lihat!

#sbu2022
#persyaratansbukonstruksi 2022
#sertifikatbadanusaha2022
#syaratpembuatansbu2022
#pembuatansbubaru2022
#persyaratanpembuatan sbu2022
#pengurusansbu2022
#sbukonstruksi2022
#syarat pengurusansbu2022
#caramembuatsbukonstruksi2022
#daftarsbu2022
#sbu

Jasa Pengurusan SKA SKT

Jasa Pengurusan SKA SKT / SKK, SBU & ISO.

Informasi

Jl. H. Sutiono, No 7, Marpoyan Damai – Pekanbaru

Chat Kami!
1
Chat Admin Kami!
Hi,
Ada yang bisa kami bantu ?