Home / B. Inggris / Causal Conjunction

Causal Conjunction

  • 5 min read

Penulis : Dinny Raudhatun Nurris – Toastmasters International Member

Dalam bahasa Inggris, ada banyak sekali elemen kebahasaan yang dapat dipelajari sehingga kita dapat membentuk suatu kalimat yang baik dan benar. Salah satu bagian dari elemen kebahasaan tersebut adalah conjunction (kata hubung). Jika kalian pernah membaca mengenai conjunction, tentu kalian juga memahami bahwa ada beberapa jenis conjunction dalam bahasa Inggris. Kali ini, kami akan menjelaskan mengenai salah satu jenis conjunction yang umum digunakan dalam suatu kalimat, yaitu causal conjunction. Apa itu causal conjunction? Bagaimana cara menggunakannya dalam kalimat? Yuk kita simak penjelasannya!

Definisi Causal Conjunction

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai causal conjunction, kita harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan conjunction. Conjunction (kata hubung) adalah salah satu bagian dari elemen kebahasaan yang berfungsi untuk menghubungkan kata, frasa, atau klausa untuk memberi informasi tambahan maupun kejelasan hubungan antara kata,frasa, ataupun klausa tersebut.

Causal conjunction merupakan salah satu bagian dari conjunction. Causal conjunction itu sendiri merupakan kata ataupun frasa yang digunakan untuk menjelaskan sebab, alasan, maupun penjelasan mengenai sebuah aksi ataupun kejadian di dalam suatu kalimat.

Dalam penulisannya, causal conjunction dapat berupa:

  1. Adverbs / Adverbials : Hence, thus, as a result, therefore, accordingly, subsequently
  2. Coordinating Conjunction : So, yet
  3. Subordinating Conjunction : Since, now that, even though, because, as

Penulisan Causal Conjunction

Pada dasarnya, causal conjunction memiliki fungsi untuk menghubungkan dua klausa dalam suatu kalimat untuk menjawab pertanyaan ‘mengapa’. Maka dari itu ada beberapa aturan tertentu dalam penulisan causal conjunction dalam suatu kalimat, aturan aturan tersebut adalah:

  1. Causal conjunction yang menghubungkan dua klausa dapat diletakkan diantara dua klausa tersebut.
  • My phone is still working even though I dropped it from the second floor.

2. Causal conjunction yang juga termasuk dalam coordinating conjunction harus dituliskan dengan menggunakan tanda koma ketika digunakan untuk menghubungkan independent clause.

  • I don’t like the movie, so I left the theatre.

3. Causal conjunction bisa digunakan pada awal kalimat untuk merujuk kepada kalimat sebelumnya.

  • My AC is not working. As a result of that, I ‘ve been sleeping with the door opened recently.

4. Causal conjunction yang termasuk dalam kata hubung (conjunction) yang menghubungkan dependent dan independent clause  dapat dituliskan ditengah maupun diawal klausa.

  • Because I woke up late, I miss the bus.
  • I miss the bus because I woke up late.

Contoh Kalimat Causal Conjunction

Berikut ini adalah contoh kalimat yang menggunakan causal conjunction, kalian dapat memperhatikan penulisan kata hubung serta tanda bacanya sehingga nantinya kalian juga dapat membuat kalimat sendiri.

  1. I went home early because I had something to do. (= Aku pulang lebih dahulu karena ada yang harus aku lakukan)
  2. Even though the test was difficult, I managed to finish it all. (= Walaupun ujiannya sulit, aku berhasil menyelesaikan semuanya)
  3. He could not come as he had another appointment with his professor. (= Dia tidak dapat datang karena dia ada janji lain dengan profesornya).
  4. Now that you have finished your homework, can you help me to do mine? (= Karena sekarang kamu sudah menyelesaikan pekerjaan rumahmu, bisakah kamu membantu untuk mengerjakan punyaku?)
  5. I think I can’t go to Surabaya this month since the city is isolated until further notice. (= Kurasa aku tidak bisa pergi ke Surabaya bulan ini karena kota tersebut sedang diisolasi sampai ada pemberitahuan selanjutnya)
  6. My cat loves swimming, so I built him a new small swimming pool! (= Kucingku suka berenang, jadi aku membuat sebuah kolam renang kecil untuknya!)
  7. I have called him a few times yet he hasn’t responded at all. (= Aku sudah menelponnya beberapa kali namun dia sama sekali tidak merespons)
  8. I didn’t bring any umbrella. Consequently, my clothes got wet. (= Aku tidak membawa payung. Maka daei itu bajuku basah)
  9. I have sent you the money. Therefore, you should deliver the product soon.(= Aku sudah mengirim uangnya kepadamu. Maka kamu harus segera mengirim barangnya)
  10. You hit the ball too hard. As a result of that, it flew too far. (= Kamu memukul bolanya terlalu keras. Sebagai hasilnya, bola tersebut terbang terlalu jauh)

Contoh Soal Latihan

Setelah membaca dan memahami penjelasan mengenai causal conjunction diatas, yuk kita coba untuk mengerjakan soal soal dibawah. Jangan lupa untuk melihat kunci jawaban untuk memastikan jawaban kalian sudah benar atau belum ya!

Temukan causal conjunction pada kalimat kalimat dibawah. Beberapa kalimat tidak memiliki causal conjunction

  1. The weather is so hot because it is summer.
  2. I didn’t finish my homework since I was not hungry.
  3. I went home after I had finished my lunch.
  4. He reads a lot of books. As a result of that, he knows a lot of references.
  5. I didn’t know the way yet somehow I managed to arrive safely and on time.
  6. The children played happily in the garden.
  7. Firstly, you should pluck the green leaves.
  8. At last, he has something to fight for.
  9. I was not in a good condition during the competition. Hence the result.
  10. I have been here since two days ago.

Kunci Jawaban

  1. Because
  2. Since
  3. No causal conjunction
  4. As a result of that
  5. Yet
  6. No causal conjunction
  7. No causal conjunction
  8. No causal conjunction
  9. Hence
  10. No causal conjunction

Frequently Asked Question

  1. Apakah causal conjunction termasuk dalam adverb?

Tidak, namun ada beberapa adverbial yang termasuk kedalam causal conjunction.

2. Apakah beda temporal dan causal conjunction?

Temporal conjunction menyatakan hubungan waktu, sementara causal conjunction menyatakan hubungan sebab.

3. Dimana kita dapat menemui banyak causal conjunction?

Kita dapat menemukan banyak causal conjunction dalam bentuk teks eksposisi.

4. Dalam tenses apa kita dapat menuliskan causal conjunction?

Kalian dapat menuliskan causal conjunction dalam berbagai jenis tenses karena causal conjunction hanya menghubungkan sebab akibat secara semantik, bukan secara penulisan gramatikal.

5. Mengapa kita perlu belajar causal conjunction?

Hubungan sebab akibat adalah salah satu hal yang paling sering kita jumpai baik dalam percakapan maupun dalam teks. Dengan belajar materi ini, kalian akan lebih banyak menguasai mengenai kata hubung dan bagaimana cara menggunakannya secara nyata.

Baca juga