Home / Fisika / ciri planet

8 Ciri Planet Yang Ada Dalam Tata Surya

  • 10 min read
Loading...

Penulis : Rafi Alif Fadilla, Mahasiswa FMIPA UI Jurusan Fisika

Setelah mempelajari susunan tata surya kita secara umum, maka kali ini kita akan mempelajari secara khusus ciri-ciri maupun sifat-sifat khusus yang ada pada planet. Sebelum mempelajari ciri-ciri planet secara khusus maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa sih yang dinamakan planet? Planet secara umum adalah benda langit yang mengelilingi pusat tata surya pada garis edarnya, atau disebut dengan orbit.

Pada sistem tata surya kita yang berperan sebagai pusat tata surya adalah matahari, dengan demikian matahari tidak bisa dianggap sebagai planet karena matahari berperan sebagai pusat tata surya atau termasuk jenis bintang.

Pengertian Planet dan Sabuk Asteroid

Planet di sistem tata surya kita ada 8, yaitu merkurius, venus, bumi, mars, Jupiter, saturnus, Uranus, neptunus. Benda-benda langit ini bisa dikategorikan sebagai planet karena memenuhi beberapa syarat yaitu: tidak mengeluarkan cahaya dan berherak mengelilingi matahari secara tetap (revolusi), berputar pada porosnya (rotasi), memliki sifat-sifat khusus seperti

Loading...
atmosfer, orbit, kemiringan sumbu, gaya gravitasi, berbentuk bola, memiliki medan magnet, memiliki batas massa sebesar 13 kali massa Jupiter (MJ) dan harus mampu membersihkan orbitnya dari objek-objek yang tidak diperlukan pada orbitnya dengan kekuatan gaya tarik gravitasinya.

Selain itu juga jika sedang mempelajari tentang planet pastinya kita akan dikenalkan dengan istilah planet dalam dan planet luar. Kok bisa dibedakan menjadi dua kategori tersebut? Nah yang membuat adanya pengelompokan antara planet dalam dan planet luar adalah posisinya terhadap matahari dan juga dibatasi dengan sebuah sabuk yang bernama sabuk asteroid.

Sabuk asteroid adalah sekumpulan objek luar angkasa yang didalamnya tersebut asteroid atau planet kerdil yang terletak diantara orbit planet mars dan Jupiter.

Juga, umumnya yang disebut planet dalam terbuat dari batu dan logam, memiliki permukaan yang padat, tidak memiliki cicin dan memiliki jumlah satelit alami yang sedikit, Jadi dapat disimpulkan yang termasuk planet dalam adalah merkurius, venus, bumi dan mars. Berbeda dengan planet dalam, maka planet luar adalah kebalikan secara umum dari planet dalam yaitu terdiri dari gas hydrogen dan gas helium, memiliki jumlah satelit yang banyak, memiliki cincin serta memiliki atmosfer yang tebal.

Merkurius

Selanjutnya kita akan membahas planet yang paling dekat dengan matahari dengan jarak 57 juta kilometer dari matahari yaitu Merkurius (gambar 1), bisa bayangkan seberapa panasnya planet ini kan? Planet ini merupakan planet yang terkecil pada tata surya kita hanya mempunyai luas permukaan 7,48 x berdiameter sekitar 4.879,4 km, berwarna abu-abu seperi bulan, terdiri dari 70% unsur logam dan 30% unsur silikat serta memiliki gaya gravitasi sebesar 3,7 m/s2.

Salah satu hal yang menarik dari merkurius ini adalah meskipun jaraknya yang paling dekat dengan matahari namun bukanlah planet yang terpanas pada susunan tata surya kita. Karena memiliki atmosfer yang terbilang tipis sehingga tidak dapat menangkap panas yang diterimanya secara maksimal karena tidak memiliki gas rumah kaca yang disebabkan oleh atmosfernya yang terlalu tipis.

merkurius bersuhu 430 ͦC untuk bagian planet yang menghadap matahari dan -180 ͦC untuk bagian planet yang membelakangi matahari. Selain itu juga merkurius memiliki waktu rotasi 59 hari dan revolusi selama 88 hari.

Planet Merkurius
Gambar 1Planet Merkurius

Venus

Setelah itu kita akan membahas planet bernama Venus yang terletak kedua paling dekat dengan matahari setelah merkurius yang berjarak 108 juta kilometer dari matahari, berwarna putih kekuningan (gambar 2) mempunyai luas permukan 4,6023 x 108 km2 , diameter 12103,6 km dan memiliki gaya gravitasi sebesar 8,8 m/s2.

Planet venus mempunyai beberapa keunikan diantaranya venus adalah planet dengan suhu tertinggi pada sistem tata surya kita yaitu 462 °C, memiliki arah rotasi berkebalikan dengan planet lainnya dan satu-satunya planet dimana waktu rotasinya lebih lama (243 hari) dibanding waktu revolusi (225 hari).

Selain itu juga planet venus dapat dilihat oleh mata manusia pada pagi dan sore hari karenanya venus dikenal dengan sebutan “bintang senja”

planet venus
planet venus

Bumi

Setelah venus kita bergeser lagi kesebelahnya yaitu planet yang paling kita cintai, tidak lain dan tidak bukan adalah planet tempat tinggal kita yaitu bumi (gambar 3). Permukaan bumi bumi terdiri dari 70% air 30% daratan, atmosfer bumi terdiri dari nitrogen 78%, oksigen 21% dan gas-gas lainnya.

Dengan ciri-ciri khususnya adalah berwarna biru kehijauan yang disebabkan permukaan bumi tersusun atas laut dan daratan, berjarak 149,6 juta km dari matahari mempunyai diameter luas permukaan sebesar 12.742 km dan 510 juta km2,mempunyai sebuah satelit bernama bulan dan memiliki gaya gravitasi sebesar 9,8 m/s2.

Hal yang membuat bumi unik adalah bumi menjadi satu-satunya planet yang bisa dijadikan tempat berlangsungnya kehidupan bagi makhluk hidup karena sejauh ini hanya bumi yang sanggup memenuhi kebutuhan dasar makhluk hidup karena di bumi terdapat suatu benda bernama air sebagai unsur dasar penopang kehidupan makhluk hidup.

Bumi juga memiliki suhu rata-rata bumi yang tidak terlalu panas yaitu 288 Kelvin, di planet selain bumi tidak terdapat air hanya berisikan bebatuan, gas-gas dan udara beracun.

planet bumi
bumi

Mars

Setelah itu kita menuju ke planet terakhir pada kelompok planer dalam yaitu planet mars (gambar 4). Orang sering menyebutnya dengan sebutan planet merah karena warnanya yang kemerahan serta memiliki 2 satelit alami yaitu phobos dan deimos.

Mars memliki diameter sekitar 6.779 km dan luas permukaan sebesar 145 juta serta memiliki gaya gravitasi sebesar 3,7 m/s2. hal unik yang dimiliki planet mars adalah seringkali disebut peneliti sebagai planet yang paling mirip dengan bumi karena morfologi permukaan serta atmosfernya yang mirip bumi.

Disebutkan juga oleh peneliti NASA bahwa ada kemungkinan pada jutaan tahun lalu terdapat sumber kehidupan di planet mars yaitu air. Sekarang peneliti NASA sedang gencar mengembangkan penelitian planet ini dengan kendaraan tanpa awaknya yang bernama Curiosity (gambar 5) yang telah mendarat sejak 2012 dengan tugas mengunpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai planet ini.

planet mars
planet mars
Nasa di mars

Jupiter

Selanjutnya kita akan membahas planet yang termasuk dari kelompok planet luar yang pertama yaitu Jupiter, planet setelah mars yang juga berada diluar lingkaran sabuk asteroid ini memiliki waktu rotasi dan waktu revolusi berturut-turut adalah 10 jam dan 11 tahun, serta jarak dari matahari yaitu 778 juta km, karena jaraknya yang lumayan jauh dari matahari maka planet ini memiliki suhu rata-rata cukup rendah yaitu 165 Kelvin.

Sesuai ciri-ciri umum planet luar, sudah pasti planet ini terdiri dari meyoritas gas hydrogen sebesar 89% dan helium 10%, permukaan dari planet ini cukup terlihat berlapis berdasarkan fotonya (gambar 6) berwarna campuran dari oranye dan putih, planet ini memiliki cincin namun tipis dengan jumlah satelit alaminya ada 79 buah.

Loading...

Hal unik yang bisa didapatkan dari Jupiter ini adalah ia merupakan planet terbesar di sistem tata surya kita dengan diameter 142984 km dan luas permukaan 6.142 x serta gaya gravitasinya yang bernilai 24,8 , lalu Jupiter juga planet dengan jumlah satelit alami terbanyak pada sistem tata surya kita dengan 67 buah satelit alami dan Jupiter memiliki waktu rotasi tercepat dalam tata surya kita.

Saturnus

Planet selanjutnya yang akan kita bahas yaitu planet yang paling iconic karena paling sering digambarkan dibuku anak-anak dan paling unik dengan ciri khasnya yaitu mempunyai cincin yang besar dan sangat terlihat jelas, yaitu Saturnus (gambar 7), cincin saturnus ini terbuat ini kumpulan es tebal yang mengelilingi atmosfer planet dan melayang.

Ciri-cirinya ialah berwarna kuning pucat, jaraknya yang lumayan jauh dari matahari sekitar 1,4 milyar km, memiliki 62 satelit alami yang terkenal yaitu titan dan rhea serta tersusun dari 96% gas hidrogen sebagai penyusunnya, dan dijuluki planet terindah karena cincinnya yang indah.

Waktu rotasi saturnus adalah 11 jam dan waktu revolusinya yaitu 29 tahun, dengan suhu rata-ratanya sebesar 134 Kelvin. Tak lupa juga saturnus adalah planet terbesar nomer 2 di tata surya kita dengan luas permukaan dan diameter sebesar 4,27 x dan 120536 km dengan gaya gravitasi sebesar 10,44

Ring-a-Round the Saturn | NASA
saturnus

Uranus

Lalu kita masuk ke planet terdingin (49,15 K) dalam tata surya kita yaitu Uranus (gambar 8), Uranus menjadi planet yang paling dingin pada tata surya kita padahal ia bukanlah planet terjauh dari matahari karena atmosfer Uranus yang kacau dan kemiringan sumbu rotasinya yang parah.

Selain itu juga permukaan Uranus dapat menarik senyawa yang membentuknya menjadi beku karena gaya gravitasinya yang cukup kuat (8,69) dan jaraknya yang jauh dari matahari ( 3 miliar km).

Ciri-ciri lain dari Uranus adalah waktu rotasi dan revolusi Uranus adalah 17 jam dan 84 tahun. Uranus juga mempunyai cincin yang terlihat seperti saturnus namun cincin Uranus memiliki orientasi vertical karena sumbu rotasinya yang miring, berwarna biru muda. Planet ini juga memiliki 27 satelit alami serta memiliki waktu rotasi dan revolusi selama 17 jam dan 84 tahun.

planet Uranus
Uranus

Neptunus

Planet terakhir yang kita bahas adalah planet paling ujung dari tata surya kita karena letaknya paling jauh dari matahari yaitu Neptunus (gambar 9) dengan jarak dari matahari sejauh 4.450 km.

Planet ini memiliki morfologi permukaan yang mirip dengan Uranus yaitu tersusun dari gumpalan es serta memiliki 8 buah satelit yang terkenal adalah triton, proteus, nereid dan larissa. Suhu rata-rata di neptunus sekitar 56,15 K dengan waktu rotasi dan revolusi selama 16 jam dan 165 tahun.

Karena warnanya yang kebiruan juga planet ini sering dijuluki dengan planet biru.

Hal unik lainnya adalah karena ia berada pada jarak terluar dari tata surya maka otomatis memiliki waktu revolusi terlama dalam tata surya kita.

planet Neptunus
Neptunus

Planet Kerdil

Pasti kalian pernah mendengar beberapa tahun belakangan pernah ada suatu planet bernama Pluto kan? Tetapi pada tahun 2006 astronot mengubah status pluto dari planet menjadi benda langit biasa atau banyak orang menyebutnya sebagai “planet kerdil”. Karena pluto tidak mempunyai gaya gravitasi yang kuat untuk membersihkan orbitnya dari objek-objek angkasa lain. Selain itu juga diameter pluto yang sangat kecil hanya sekitar 2.376,6 Kilometer.

Namun, apasih yang dimaksud dengan planet kerdil ini? Secara umum, planet kerdil mempunyai ciri-ciri umum yang sama seperti planet pada umumnya yaitu mengorbit matahari, berukuran bola dan berdiameter cukup besar, memiliki gravitasinya sendiri dan bukan merupakan satelit alami dari sebuah planet.

Tetapi yang paling membedakan antara planet kerdil dan planet biasa adalah planet kerdil belum memiliki kemampuan untuk membersihkan orbitnya dari objek-objek antariksa lain yang akan mengganggu garis edarnya.

Sejak 2008 ilmuwan menetapkan ada 5 planet kerdil yaitu Ceres, Pluto, Haumea, Makemake, dan Eris. Semua planet kerdil ini letaknya lebih jauh daripada Neptunus kecuali ceres yang berada pada sabuk asteroid

Contoh Soal Latihan

1. apa nama satelit alami dari planet mars?

Jawab: phobos dan deimos

2. kenapa bumi menjadi satu-satunya planet yang bisa menopang kehidupan makhluk hidup?

Jawab: karena terdapat sumber kehidupan di bumi yaitu air

3. sebutkan planet yang termasuk disebut sebagai 2 planet raksasa es?

Jawab: neptunus dan Uranus

Daftar pustaka

  • https://solarsystem.nasa.gov/planets/in-depth/ pengertian lalu
  • https://sciencing.com/characteristics-eight-planets-8332488.html ciri-ciri planet
  • https://www.space.com/16080-solar-system-planets.html ciri-ciri planet di
  • https://www.space.com/16105-asteroid-belt.html sabuk asteroid
  • https://www.space.com/15216-dwarf-planets-facts-solar-system-sdcmp.html planet kerdil

Baca juga:

Loading...