Home / Biologi / tumbuhan dikotil

Tumbuhan Dikotil

  • 7 min read
Loading...

Penulis : Rizkia Afriani Mahasiswi FMIPA IPB Jurusan Biologi

Pengertian Tumbuhan Dikotil

Dikotil atau disebut juga dicot atau sering disebut juga tumbuhan berbiji belah merupakan salah satu subkelas tumbuhan angiospermae atau tumbuhan berbunga. Nama dikotil merujuk pada salah satu ciri khas kelompok tersebut yaitu memiliki dua kotiledon.

Dikotil memiliki sekitar 250 famili, mulai dari magnoliaceae primitive. Dalam beberapa klasifikasi, dikotil ditempatkan di kelas magnoliopsida. Dibagi menjadi sekitar enam atau tujuh subklass dalam klasifikasi terbaru (Magnoliidae, Hamamelidae, Caryophyllidae, Dilleniidae, Rosidae, dan Asteridae). Dalam klasifikasi lainnya Dilleniidae, Rosidae, dan kadang-kadang juga Asteridae dikelompokkan bersama.

Ada sekitar 175.000 spesies dikot yang dikenal, sebagian besar dari tumbuhan kebun, semak dan pohon, serta tumbuhan berbunga berdaun lebar seperti magnolia, mawar, geranium, dan hollyhock.

Tumbuhan berbunga dari kelompok lainnya yaitu tumbuhan monokotil, yang memiliki satu kotiledon. Salah satu ciri dikotil yang membedakannya dengan monokotil yaitu dikotil memiliki struktur kambium dan batang berupa kayu atau herba.

Dicot biasanya memiliki

Loading...
bagian bunga (sepal, kelopak, benang sari, dan putik) dengan jumlah kelipatan empat atau lima, namun ada beberapa pengecualian. Sekitar 50 persen dari semua spesies dikotil merupakan berkayu, dengan peningkatan diameter batang tahunan karena adanya kambium.

Baca juga:

Dua kotiledon

Kotiledon merupakan bagian penting dari embrio dalam benih tumbuhan dan merupakan bagian pertama yang muncul saat perkecambahan biji. Tumbuhan dikotil memiliki dua daun embrionik atau dua buah kotiledon.

Dua kotiledon
Dua kotiledon

Batang

batang pada dikotil
Gambar 2 batang pada dikotil

Batang dikotil memiliki epidermis yang jelas dengan kutikula dan memiliki rambut batang yang multisel. Batang pada tumbuhan dikotil biasanya bercabang.

Bagian batang monokot terdiri dari bagian-bagian:

Epidermis

Lapisan terluar batang dikot dengan rambut batang epidermis multiselular. Sel-selnya hidup, berbentuk barrel dan tersusun rapi tanpa ruang antar sel. Epidermis mengandung stomata untuk pertukaran gas dan secara ekternal ditutupi kutikula tebal. Rambut batang multisel epidermis membantu dalam perlindungan dan kehilangan panas. Batang dikotil memiliki lapisan endodermik dalam bentuk kulit kayu berasal dari jaringan gabus berfungsi dalam memepertahankan pertukaran gas.

Korteks

Korteks berada di bawah jaringan epidermis yang tersusun oleh beberapa lapisan antara lain:

  • Hypodermis : Terdiri dari 3-5 lapisan kolenkim tanpa memiliki jarak antar sel. Hypodermis mengalami penebalan oleh adanya pengendapan ekstra selulosa dengan pektin dan memberikan dukungan mekanis. Terdapat juga kloroplas, sehingga membantu dalam proses fotosntesis.
  • Korteks dasar : Korteks membungkus ruang antar sel dengan saluran resin, masing-masing dikelilingi oleh lapisan sel bulat kecil atau oval berdinding tipis. Sel-sel kortikal juga dapat mengandung kloroplas sehingga dapat sebagai tempat untuk berfotosintesis.
  • Endodermis : Merupakan korteks terdalam yang tidak berlapis dan tersusun oleh jaringan parenkim yang tersusun rapi. Sebagai tempat penyimpanan pati disebut sebagai Starch sheath. Pita Kaspari dapat terlihat jelas di wilayah endodermis, yang merupkan hasil dari pengendapan lignin dan suberin.

Pericycle

Tersusun oleh beberapa sel yang mengalami penebalan, yaitu skelerenkim dan parenkim yang berintervensi secara heterogen. Memiliki jaringan skelerenkim yang berdinding tebal berada diatas jaringan floem atau kulit kayu. Sehingga sering disebut sebagai kulit pohon keras yang membantu dalam dukungan mekanis dan membantu parenkim dalam penyimpanan cadangan makanan.

Medullary rays

Merupakan sel parenkima yang memanjang secara radial atau polygon terletak diantara kumpulan jaringan pembuluh/vaskular. Medullary rays membantu dalam konduksi air dan bahan makanan. Ini adalah perpanjangan dari empulur oleh karena itu Medullary rays disebut juga pith rays atau sinar empulur.

Vaskular bundle

Adalah konjoint, kolateral terbuka dan teratur dalam cincin (eustele). Setiap kumpulan terdiri dari floem luar dan xylem dalam.

Loading...

Berkas floem

Terletak dibagian luar xylem terdiri dari sel pembuluh tapis, sel penggiring, parenkim floem dan serabut floem. Xylem terletak dekat dengan empulur atau pusat dan terdiri dari pembuluh xylem, trakeid, serat xylem (serat kayu) dan parenkim xylem.

Pada xylem terdapat protoxylem dan metaxylem. Protoxylem lebih kecil dengan penebalan annular, reticulate atau spiral sedangkan metaxylem lebih lebar dengan pembuluh yang berlubang.

Kambium merupakan lapisan jaringan meristematik pada tumbuhan yang sel-selnya aktif membelah dan bertanggung jawab atas pertumbuhan sekunder tumbuhan. Kambium terletak diantara xylem dan floem. Kambium ini hanya ditemukan pada tumbuhan dikotil dan gymnospermae.

Empulur (pith)

Empulur berkembang secara luas dan terletak pada bagian tengah batang yang tersusun oleh sel-sel parenkim. Parenkim tersebut berdinding tipis atau oval dengan ruang antar sel yang besar. Empulur berfungsi dalam membantu dalam penyimpanan cadangan makanan.

Bunga

bunga dikotil
Gambar 3 bunga dikotil

Dikotil memiliki jumlah mahkota, jumlah kelopak, dan jumlah benang sari bunga mulai dari kelipatan 4 atau 5.

Akar

Struktur akar dikotil lebih bervariasi dibandingkan dengan monokotil. Akar pada dikotil merupakan jenis akar tunggang dan memiliki percabangan akar yang berasal dari akar utama.

akar dikotil
Gambar 4 akar dikotil

Akar dikotil tersusun oleh beberapa jariangan yaitu:

  • Epiblema atau epidermis : Merupakan lapisan terluar dengan beberapa rambut akar uniseluler. Epidermis terdiri dari sel parenkim hidup berdinding tipis tanpa ruang antar sel. Biasanya epiblema ditandai dengan tidak ditemukannya stomata dan kutikula. Epiblema sebagai perlindungan dari kontak luar dan rambut-rambut akar berfungsi dalam penyerapan air dan mineral dari dalam tanah.
  • Kortex : Jaringan dengan dinding sel yang tipis, berlapis-lapis yang tersusun dari sel-sel parenkim melingkar atau polygon. Korteks memiliki ruang antar sel. Memiliki sel-sel kortikol tanpa kloroplast tetapi kemungkinan mengandung leucoplast untuk penyimpanan pati pada biji-bijian. Korteks berfungsi dalam pengangkutan air dan garam dari rambut akar menuju pusat akar.
  • Endodermis : Merupakan lapisan korteks paling dalam dan menutupi stele. Terdiri dari parenkim berbentuk barel yang tersusun rapi tanpa ruang antar sel. Sebagian sel ditandai dengan adanya penebalan khusus suberin dan lignin pada dinding radial dan tangensial yang disebut sebagai garis kaspari.
  • Pericycle : Merupakan lapisan terluar stele dan tersusun dari lapisan uniseriate sel parenkim tanpa ruang antar sel. Beberapa tumbuhan dikotil tidak memiliki pericycle. Beberapa akar lateral dan meristem lateral muncul dari daerah pericycle. Pada saat pertumbuhan sekunder, pericycle menghasilkan kambium sekunder atau phellogens.
  • Vascular bundles (berkas pembuluh) : Tersusun dalam cincin dengan xylem dan floem dipisahkan oleh sel-sel parenkim yang disebut konjungtif atau jaringan komplementer. Pembuluh xylem merupakan exarch dengan protoxylem menuju pinggir dan metaxylem menuju pusat. Xylem terdiri dari trakeid, pembuluh xylem, parenkim xylem dan serat xylem. Floem membentuk masa oval dibawah pericycle, bergantian dengan berkas xylem. Floem terdiri dari sel pembuluh tapis, sel penggiring, dan parenkim floem. Biasanya serabut floem tidal ditemukan pada akar.
  • Empulur (Pith) : Empulur berada dipusat akar dengan dinding tipis, sel parenkim polygonal dengan ruang antar sel. Dalam sel akar dikotil, empulur mungkin tidak ada atau tereduksi. Empulur berguna dalam membantu penyimpanan cadangan makanan.

Daun

daun dikotil
daun dikotil

Daun pada dikotil mengalami diferensiasi menjadi palisade dan spons sedangkan pada tumbuhan monokotil tidak mengalami diferensiasi. Tumbuhan dikotil biasanya memiliki daun lebar dengan pertulangan daun menyirip atau menjari.

Contoh Soal Latihan

  1. Apakah kambium hanya ditemukan pada tumbuhan dikotil?

Jawaban: Iya, karena kambium berfungsi dalam pertumbuhan sekunder terutama pada batang dikotil

2. Susunan berkas pengangkut pada batang dikotil?

Jawaban: tersusun melingkar seperti cincin

3. Lapisan yang berbentuk kulit kayu yang keras pada batang dikotil yaitu?

Jawaban: lapisan endodermik

Daftar Pustaka

  • Anatomy of Dicot root (gram) diakses pada https://www.sciencetopia.net/ biology/botany/anatomy-dicot-root-gram
  • Dicotyledon diakses pada https://en.m.wikipedia.org/wiki/Dicotyledon
  • Dicotyledon diakses pada https://botanydictionary.org/dicotyledone.html
  • Dicots diakses pada https://www.encyclopedia.com/science/news-wires-white-papers-and-books/dicots
  • Dicotyledon diakses pada https://www.britannica.com/plant/dicotyledon
  • Dicot stem diakses pada https://www.sciencetopia.net/biology/botany/dicot-stem

Baca juga

Loading...
Loading...