Home / B. Inggris / either neither

Either & Neither

  • 7 min read
Loading...

Penulis : Dinny Raudhatun Nurris – Toastmasters International Member

Jika kalian sedang bertamu dan pemilik rumah menawarkan teh atau kopi, manakah yang akan kalian pilih? Biasanya sebagian besar dari kita akan mengatakan bahwa teh atau kopi pun tidak masalah karena kita menyukai keduanya.

Mungkin kalian pernah diminta untuk memilih antara membeli jaket atau membeli sweater, namun kalian tidak memilih keduanya karena sebenarnya saat itu kalian tengah lapar? Nah kali ini kita akan membahas mengenai cara menyampaikan kedua hal tersebut dalam bahasa Inggris.

Pernahkah kalian mendengar ataupun membaca penggunaan kata either dan neither dalam bahasa Inggris? Ya, kata either dan neither sering sekali muncul dalam konteks apapun.

Lalu, sebenarnya apakah fungsi either dan neither itu? Bagaimana rumus dan cara penggunaannya? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Either

Either digunakan ketika ada dua pilihan, yaitu benda (noun) atau sebuah aktivitas (verb). Pada konteks ini, pembicara memilih salah satu dari keduanya.

Either juga dapat digunakan ketika kita ingin mengajukan

Loading...
dua pilihan sekaligus. Dalam konteks tertentu, either juga dapat digunakan ketika kita tidak ingin memilih kedua opsi yang ditawarkan.

Secara gramatikal, either memiliki beberapa bentuk penulisan dan masing-masing bentuk tersebut biasanya digunakan dalam kondisi yang berbeda. Bentuk penulisan tersebut antara lain: conjunction, determiner, pronoun, dan adverb.

Either Sebagai Conjunction

Fungsi pertama dari penggunaan kata either dalam bahasa Inggris adalah sebagai conjunction. Yang dimaksud dengan conjunction itu sendiri adalah kata yang menghubungkan satu hal dengan yang lainnya.

Jika kita menggunakan either sebagai kata hubung (conjunction), maka kita ingin menyatakan bahwa kita memilih salah satu dari kedua opsi tersebut. Akan tetapi, bukan berarti kita tidak ingin memilih opsi yang lain, hanya saja kita merasa tidak ada masalah dengan kedua opsi tersebut dan kita harus memilih salah satu saja.

Biasanya either juga digunakan untuk menghubungkan dua klausa. Penggunaan either sebagai conjunction, biasanya kita menggunakan formula seperti berikut:

Either + or

Contoh: I want either coffee or tea

Dalam konteks di atas, penutur mengungkapkan bahwa dia menginginkan kopi atau teh. Hal ini berarti kita bebas untuk memberi salah satu dari keduanya.

Lalu, bagaimana jika kita ingin menggunakan either untuk menghubungkan klausa?

Contoh: I think I will either go to the mall or go swimming

Berdasarkan pada contoh kalimat di atas, penutur menyampaikan bahwa dia akan melakukan salah satu dari kedua aktivitas tersebut. Ia merasa tidak ada masalah dengan kedua aktivitas tersebut, namun ia hanya bisa melakukan salah satu aktivitas saja.

Dalam penulisan either sebagai conjunction, maka kata kerja yang digunakan umumnya adalah kata kerja bentuk tunggal. Jika benda atau pilihan yang berkaitan dalam bentuk tunggal, namun salah satu dari kedua pilihan tersebut jamak, maka kita harus menggunakan proximity rule, yaitu penggunaan kata kerja dengan mengacu kepada elemen kebahasaan yang paling dekat. Yuk kita lihat beberapa contoh di bawah agar lebih mudah untuk memahaminya.

  • I think either the dog or the cat likes to sleep on the couch.
  • Either the bread or the cupcake is on sale.
  • Either the bread or the cupcakes are on sale.

Berdasarkan pada contoh kalimat di atas, kita dapat melihat bahwa penggunaan kata kerja ataupun bentuk auxiliary be mengacu kepada noun terdekat.

Either Sebagai Determiner

Determiner / penentu biasanya diletakkan sebelum sebuah kata benda (noun). Determiner memiliki fungsi untuk memperjelas dan memberi info tambahan terhadap kata benda tersebut.

Penggunaan either sebagai determiner adalah untuk menyatakan dua pilihan atau kemungkinan yang dapat terjadi. Perlu diingat bahwa kata benda yang diikuti harus dalam bentuk singular.

Formula penulisan dari either sebagai determiner cukup sederhana, yaitu:

Either + singular noun

Contoh: Either jacket is fine for me

Salah satu catatan penting jika kita ingin menggunakan the, these, those, possessive (kata sifat kepemilikan)  untuk kata benda, maka kita harus menambahkan “of” setelah either, sehingga formulanya akan menjadi seperti ini:

Either  of + plural noun

Contoh :

  • I don’t want either of my parents to know that I failed the test
  • Either of these shoes are fine.

Either Sebagai Pronoun (kata ganti)

Kita juga dapat menggunakan either sebagai kata ganti, dengan catatan bahwa benda tersebut sudah diketahui sebelumnya. Perhatikan contoh berikut:

Loading...

Tom : Which jacket do you want, the blue one or the red one?

Loading...

Sarah : Either one is fine

Dalam konteks di atas, Sarah menggunakan kata either sebagai kata ganti untuk menggantikan jaket.

Either Sebagai Adverb

Penggunaan either sebagai adverb (kata keterangan) dapat dilakukan ketika kita menjumpai kata kerja dalam bentuk negatif. Perhatikan contoh dibawah ini :

  • She doesn’t like bananas and she doesn’t like durians either.
  • The food was good, and it wasn’t very expensive either.

Neither

Neither adalah bentuk kebalikan dari either. Jika penggunaan either berarti kita tidak ada masalah dengan kedua pilihan yang ditawarkan, maka neither digunakan ketika kita ingin menyampaikan sesuatu yang negatif kepada kedua pilihan yang ada.

Neither memiliki fungsi gramatikal yang hampir sama dengan either, yaitu sebagai conjunction, determiner, dan pronoun.

Neither Sebagai Conjunction

Penggunaan neither sebagai kata hubung dilakukan ketika kita ingin menyatakan suatu hal negatif kepada dua pilihan yang ditawarkan dalam waktu bersamaan. Penggunaan ini bisa dilakukan dengan mengikuti formula penulisan seperti berikut:

Neither + nor

Contoh : Neither Bobby nor Brian has any money left.

Jika kita perhatikan kalimat di atas, maka secara singkat kita mengetahui bahwa kata kerja utamanya adalah “has”yang berarti memiliki. Namun, kalimat di atas tidak dapat diartikan bahwa kedua orang tersebut memiliki uang.

Justru sebaliknya karena dimulai dengan neither, maka makna kalimat tersebut menjadi negatif yaitu “Baik Bobby maupun Brian tidak memiliki uang sepeser pun.”

Neither Sebagai Determiner

Sama halnya seperti either, neither juga dapat berfungsi sebagai determiner, yaitu sebagai penentu yang menjelaskan sebuah kata benda. Bedanya adalah neither memiliki makna negatif.

Sekarang mari kita lihat contoh kalimat berikut:

Neither of my parents came to the meeting

Pada kalimat di atas, neither membawa makna negatif sehingga dapat diartikan (tidak ada orang tuaku yang datang ke pertemuan tersebut).

Neither Sebagai Pronoun

Neither juga dapat digunakan sebagai pronoun (kata ganti) yang membawa makna negatif kepada suatu pilihan yang sudah diperkenalkan sebelumnya, perhatikan contoh dibawah ini:

Sarah : These sweaters look cool, which one do you want? The blue one or the res one

Tom : I want neither.

Dalam contoh percakapan di atas, Tom menggunakan neither sebagai pengganti kata jaket. Namun, penggunaan neither disini memiliki makna negatif, sehingga  dalam konteks ini Tom tidak menginginkan kedua jaket tersebut.

Nah setelah kita membaca mengenai penjelasan neither dan either diatas, yuk kita coba untuk mengerjakan soal soal berikut!

Contoh Soal Latihan

Isilah bagian yang rumpang pada kalimat kalimat berikut dengan kata yang tepat!

  1. Let’s go to the mall. I think _______ Saturday or Sunday is fine
  2. _______ my friends came to the party, I think they were busy.
  3. _______the book nor movie adaptation was interesting. They were too boring.
  4. Either it will be sunny tomorrow, _______it will be rainy, I’m not sure.
  5. I don’t like Math, I don’t like physics _______
  6. The new uniform is _______ too big _______ too small, it fits me nicely!
  7. I want _______coffee _______ tea, it doesn’t really matter because I’m so thirsty.
  8. I don’t like _______ of these cups, they are too plain!
  9. The mystery book was really good, and it wasn’t too scary_______
  10. _______ Makassar _______Malang is the capital city of Indonesia

Kunci Jawaban

  1. Either
  2. Neither
  3. Neither
  4. Or
  5. Either
  6. Neither / nor
  7. Either / or
  8. Either
  9. Either
  10. Neither / nor

Pertanyaan Umum

Apa perbedaan either dan neither?

Either berarti kita memilih salah satu dari kedua opsi yang ada. Neither berarti kita tidak memilih keduanya atau memiliki makna negatif.

Bagaimana rumus umum either dan neither?

Either + or dan neither + nor

Bagaimana contoh kalimatnya?

I want to go either to the park or to the mall
I want neither the chicken nor the beef, I’m full.

Bagaimana cara memahami perbedaan penggunaannya?

Cara memahaminya adalah dengan memperhatikan konteks dari kalimat tersebut.

Bolehkah either digunakan untuk makna negatif?

Boleh, namun dengan syarat harus diikuti oleh kata kerja negatif juga, misal: I haven’t studied math, I haven’t studied chemistry either.

Baca juga

Loading...
Loading...