Home / Ekonomi / Faktor Produksi

Faktor Produksi

  • 8 min read
Loading...

Penulis : Yulia Dwi Rakhmawati mahasiswa UNAS

Faktor produksi adalah sumber daya yang digunakan untuk menunjang proses produksi untuk menghasilkan barang atau jasa.

Jenis Faktor Produksi

Faktor produksi yang dibutuhkan pada proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa, antara lain sumber daya alam, tenaga kerja (sumber daya manusia), modal, dan kewirausahaan.

1.Sumber Daya Alam

Sumber daya alam pada faktor produksi merupakan sesuatu yang diambil dari alam, untuk menunjang proses produksi. Tanah, air, flora, fauna, minyak bumi, dll identik dengan faktor produksi sumber daya alam untuk perusahaan mendirikan tempat usahanya, namun sebenarnya tidak hanya itu saja tetapi termasuk juga kesuburan tanah.

Hasil yang didapat dari sumber daya alam ini dapat digunakan sebagai faktor produksi, contohnya, kelapa sawit digunakan sebagai bahan untuk membuat minyak goreng, kayu yang digunakan untuk bahan pembuatan furniture oleh perusahaan mebel, dan masih banyak lagi. Contoh lainnya adalah air yang digunakan oleh nelayan untuk membudidayakan ikan, serta tanah sebagai tempat untuk membuat

Loading...
tempat budidaya ikan baru.

Kita dapat menemukan beragam jenis sumber daya alam yang digunakan sebagai faktor produksi, sesuai dengan karakteristik wilayahnya. Meskipun kita memiliki sumber daya ala yang cukup melimpah, kita tetap harus menggunakannya dengan penuh tanggung jawab karena jika kita melakuka eksploitasi pada sumber daya alam yang ada, maka akan berakibat buruk pada sumber daya tersebut. Misalnya, penggundulan hutan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, maka akan merusak segala ekosistem yang ada dihutan dan dapat menyebabkan longsor. Tentu kita tidak ingin hal itu terjadi, sehingga kita harus menggunakan sumber daya alam dengan bijak.

2. Tenaga Kerja ( Sumber Daya Manusia)

Tenaga kerja merupakan individu atau orang yang bekerja disuatu perusahaan untuk membantu jalannya operasional perusahaan, sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tenaga kerja atau sumber daya manusia merupakan faktor produksi yang sangat penting bagi perusahaan, karena tenaga kerjalah yang akan menjalankan kegiatan operasional perusahaan termasuk proses prosuksi, jika tidak ada tenaga kerja maka kegiatan perusahaan tidak bisa dijalankan.

Setiap perusahaan pasti menginginkan untuk menciptakan produk yang berkualitas, nah tenaga kerja merupakan salah satu penentu hasil produksi termasuk berkualitas atau tidak. Sehingga perusahaan sangat membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kualitas diri yang bagus, memiliki kemampuan yang bagus sesuai dengan standar perusahaan. Kualitas tenaga kerja ini dapat ditingkatkan melalui pendidikan (formal-non formal), pelatihan dan pengembangan, serta fasilitas yang disediakan perusahaan termasuk fasilitas kesehatan.

3. Modal

Dalam melaksanakan proses produksi untuk menghasilkan suatu barang atau jasa tentu tidak cukup jika hanya menggunakan sumber daya alam dan tenaga kerja saja, pasti akan membutuhkan suatu alat supaya proses produksi dapat dilaksanakan dengan efektif. Pada sektor pertanianpun, seorang petani paling tidak membutuhkan alat seperti cangkul, bahkan sekarang sudah menggunakan traktor. Begitu juga pada sektor industri besar seperti transportasi pasti membutuhkan alat atau mesin-mesin bert pada proses-proses produksinya. Jadi, modal yang dimaksud disini tidak hanya dalam bentuk uang secara langsung tetapi juga alat atau mesin.

Modal sebagai faktor produksi dikelompokkan menjadi lima yaitu :

Modal berdasarkan wujud

  • Modal uang yaitu uang yang digunakan dalam kegiatan proses produksi barang atau jasa, misalnya uang untuk membeli bahan baku serta membayar gaji tenaga kerja.
  • Modal barang yaitu barang yang digunakan dalam kegiatan proses produksi barang atau jasa, misalnya gedung, kendaraan, dll.

Berdasarkan bentuk

  • Modal berwujud yaitu modal yang dapat dilihat dan diukur nilainya. Modal berwujud dapat berupa uang atau barang, misalnya uang dan mesin.
  • Modal tidak berwujud yaitu modal yang hanya bisa dirasakan manfaatnya tapi taidak dapat dilihat wujudnya, misalnya hak paten, keahlian, dll.

Berdasarkan sumber

  • Modal sendiri yaitu modal yang dimiliki oleh pemilik perusahaan.
  • Modal pinjaman yaitu modal yang didapat dari pihak lain, misalnya meminjam uang di bank.

Berdasarkan sifat

  • Modal lancar yaitu modal yang dapat habis dalam sekali pemakaian, misalnya bahan baku.
  • Modal tidak lancar yaitu modal yang dapat digunakan berkali-kali atau tidak habis pakai, misalnya mesin.

Berdasarkan subjek

  • Modal perorangan yaitu modal pribadi pemilik perusahaan perorangan dan digunakan untuk kegiatan perusahaan sendiri, misalnya tanah milik pribadi digunakan untuk membangun tempat usaha pribadinya.
  • Modal masyarakat yaitu modal milik pemerintah yang digunakan untuk kepentingan masyarakat umum, misalnya pelabuhan.

4. Kewirausahaan

Untuk mengelola faktor-faktor produksi, tentu dibutuhkan suaatu keahlian, untuk itu kewirausahaan menjadi salah satu faktor produksi yang dapat membantu menciptakan barang atau jasa yang berkualitas. Jadi, kewirausahaan adalah kemampuan untuk mengelola faktor-faktor produksi. Sedangkan wirausahawan adalah sebutan untuk orang yang memiliki kemampuan untuk mengelola faktor produksi tersebut. Menjadi wrausahawan juga tidak mudak mudah, kita perlu mengetahui mengenai risiko serta peluang pada dunia bisnis.

Pasar Faktor Produksi

Pasar faktor produksi adalah terjadinya permintaan dan penawaaran atas faktor-faktor produksi tenaga kerja, sumber daya alam (tanah), serta modal di suatu daerah. Jadi, adanya interaksi permintaan dan penawaran tidak hanya terjadi pada pasar barang dan jasa tetapi juga paada pasar faktor produksi. Rumah tangga produsen melakukan permintaan faktor-faktor produksi pada rumah tangga konsumen.

Ciri-ciri pasar faktor produksi :

  1. Pasar faktor produksi tidak memperdagangkan barang berwujud secara fisik tetapi sebuah kegiatan.
  2. Permintaan dan penawaran pada pasar faktor produksi terjadi dalam jumlah besar.
  3. Produk yang dihasilkan akan menentukan permintaan dan penwaran pada pasar faktor produksi.
  4. Permintaan pada pasar faktor produksi cenderung bersifat kolektif, tetapi penaawarannya justru terkadang bersifat monopoli.

Pasar Faktor Produksi Tenaga Kerja

Bertemunya perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan para pencari kerja, terjadi pada pasar faktor produksi tenaga kerja.

Loading...

1.Permintaan tenaga kerja

Permintaan tenaga kerja dilakukan oleh perusahaan atau produsen yang akan memberi kerja. Penerima kerja harus memenuhi kualifikasi yang diberikan oleh pemberi kerja, setelah terjadi kesepakatan dan tenaga kerja mulai melakukan pekerjaannya, maka perusahaan berkewajiban untuk memberikan upah atau gaji kepada tenga keja.

Loading...

2. Penawaran tenaga kerja

Penawaran tenaaga kerja dilakukan oleh para pencari kerja atau rumah tangga konsumen. Apabila pencari kerja memiliki keahlian dan kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi pemberi kerja, maka nilai pencari kerja tersebut semakin tinggi.

3. Keseimbangan tenaga kerja

Keseimbangan tenaga kerja adalah titik kesepakatan antara pemberi kerja dan pencari kerja mengenai upah dan kuantitas tenaga kerja.

keseimbangan pasar tenaga kerja

Pasar Faktor Produksi Tanah

Jumlah dan penawaran tanah bersifat tetap, sehingga kurva penawarannya berbentuk lurus vertikal. Sedangkan harga tanah dapat berubah sehingga kurva permintaannya akan bergeser mengikuti perubahan harga tanah. Sewa tanah merupakan balas jasa yang diterima oleh rumah tangga konsumen. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya permintaan terhadap tanah, yaitu: semakin bertambahnya jumlah penduduk disuatu wilayah, ekonomi dan infrastruktur semakin maju, serta kemajuan IPTEK yang memberikan kemudahan untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Pasar Faktor Produksi Tanah

Pasar Faktor Produksi Modal

Penjual dan pembeli modal atau investasi jangka panjang bertemu di pasar faktor produksi modal dengan permintaan modal dari perusahaan dan penawaran modal dari para pemilik modal. Bunga dari modal tersebut merupakan balas jasa yang diterima oleh para pemilik modal. Bentuk modal yang diperjual belikan adalah surat-surat berharga seperti saham dan obligasi. Pasar produksi yang ada di Indonesia contohnya adalah Bursa Efek Indonesia.

Pertanyaan Umum

Apa yang kamu ketahui tentang faktor produksi?

Faktor produksi adalah sumber daya yang digunakan untuk menunjang proses produksi untuk menghasilkan barang atau jasa.

Ada berapa faktor produksi yang kamu ketahui?

Sumber daya alam, tenaga kerja (sumber daya manusia), modal, dan kewirausahaan.

Berdasarkan sifatnya, apa saja modal dibedakan menjadi 2?

Modal lancar yaitu modal yang dapat habis dalam sekali pemakaian, misalnya bahan baku. Modal tidak lancar yaitu modal yang dapat digunakan berkali-kali atau tidak habis pakai, misalnya mesin.

Mengapa tenaga kerja menjadi faktor produksi yang sangat penting?

Karena tenaga kerjalah yang akan menjalankan kegiatan perusahaan termasuk kegiatan proses produksi, jika tidak ada tenaga kerja maka kegiatan perusahaan tidak bisa berjalan.

Apa yang diperdagangkan di pasar faktor produksi modal?

Yang diperdagangkan adalah surat berharga seperti saham dan obligasi.

Apa yang kamu ketahui mengenai wirausahawan?

Wirausahawan adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mengelola faktor produksi tersebut.

Bagaimana bentuk kurva penawaran pada pasar faktor produksi tanah?

Kurva penawaran pada pasar faktor produksi tanah berbentuk lurus vertikal karena jumlahnya tetap atau tidak berubah.

Apa yang kamu ketahui mengenai pasar faktor produksi?

Pasar faktor produksi adalah terjadinya permintaan dan penawaaran atas faktor-faktor produksi tenaga kerja, sumber daya alam (tanah), serta modal di suatu daerah.

Daftar Pustaka

  • Varian, Hal L. 2010. Intermediete microeconomics. New York: W.W. Norton & Company
  • Hastyorini, Irim Rismi. 2019. Ruang Lingkup Ekonomi Mikro. Klaten : Cempaka Putih

Baca juga

Loading...
Loading...