Home / Fisika / Gelombang Transversal

Gelombang Transversal

  • 7 min read

Penulis : Deyan Prashna, Departemen Fisika, FMIPA, Universitas Indonesia 2016

Gelombang transversal merupakan suatu gelombang dengan arah getar tegak lurus terhadap arah rambat. Gelombang transversal membutuhkan medium perambatan, dalam perambatannya, gelombang ini menyalurkan energi. Arah rambat gelombang ini yaitu secara horizontal (ke kanan atau ke kiri bergantung arah rambat) dan secara vertikal (ke atas dan ke bawah).

Terdapat parameter umum dari gelombang transversal, yaitu frekuensi, periode dan cepat rambat gelombang. Gelombang transversal terbagi menjadi gelombang berjalan dan stasioner. Gelombang transversal termasuk kedalam jenis gelombang mekanik.

Tahukah kamu bahwa gelombang itu dikelompokkan menjadi banyak jenis loh… Salah satunya gelombang transversal. Apa itu gelombang transversal? Bagaimana prinsip kerjanya? Bagaimana perhitungannya? Dan apa saja contoh dari gelombang ini? Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Pendahuluan

Gelombang merupakan getaran yang merambat melalui suatu medium. Getaran merupakan gerakan bolak-balik melalui titik keseimbangan dimana titik keseimbangan merupakan titik dimulainya suatu benda bergerak.

Suatu benda dikatakan melakukan satu getaran penuh jika dalam pergerakannya dapat balik satu kali ke titik asal. Gelombang dalam perambatannya ada yang membutuhkan medium dan ada juga yang tidak.

Bagi gelombang yang memerlukan medium perambatan, perambatannya tidak menyebabkan partikel penyusun medium berpindah tempat. Perambatannya tersebut melalui interaksi antar partikel medium dimana partikelnya tersebut akan bergetar untuk menyalurkan energi ke partikel lainnya.

Sehingga partikel yang paling akhir memiliki energi paling besar bila dibandingkan dengan partikel sebelumnya.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa gelombang mengalami frekuensi dan periode. Frekuensi merupakan banyaknya getaran gelombang per satuan waktu.

Sedangkan periode merupakan waktu yang diperlukan untuk melakukan getaran periodik atau satu getaran penuh. Getaran merambat selama waktu getar tertentu dimana waktu getar meruapakan waktu yang diperlukan untuk melakukan getaran.

Pengertian Gelombang Transversal

Gelombang dibedakan menjadi dua berdasarkan medium perambatan, yaitu gelombang transversal dan longitudinal. Gelombang transversal merupakan gelombang yang arah getarannya tegak lurus terhadap arah rambatnya.

Sedangkan gelombang longitudinal merupakan gelombang yang arah getarannya berhimpit/sejajar dengan arah rambatnya. Pada artikel ini akan dibahas mengenai gelombang transversal.

Arah perambatan gelombang ini secara horizontal (ke kanan atau ke kiri) yang bergantung arah rambatnya dan arah getarnya secara vertikal (ke atas dan ke bawah). Contoh dari gelombang transversal adalah gelombang pada tali, gelombang air laut, gelombang elektromagnetik, gelombang listrik, gelombang seismik (gempa bumi), dsb.

Gelombang transversal membutuhkan medium dalam perambatannya sehingga termasuk kedalam gelombang mekanik. Gelombang yang tidak memerlukan medium perambatan dinamakan sebagai gelombang elektromagnetik.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai gelombang elektromagnetik, kamu dapat membaca artikel gelombang elektromagnetik. Sedangkan jika ingin mengetahui gelombang mekanik lebih dalam, kamu dapat membaca artikel gelombang mekanik.

Bagian-bagian gelombang transversal

Berikut ilustrasi mengenai gelombang transversal:

bentuk gelombang transversal

Berdasarkan ilustrasi tersebut, maka dapat dijelaskan mengenai bagian-bagian dari gelombang transversal, sbb:

  • Puncak gelombang (antinode), merupakan titik amplitudo maksimum yang dapat dicapai oleh gelombang.
  • Lembah gelombang, merupakan titik amplitudo minimum yang dapat dicapai oleh gelombang.
  • Amplitudo, merupakan jarak simpangan terjauh secara vertikal yang dapat dicapai oleh gelombang dalam perambatannya terhadap garis keseimbangan. Garis keseimbangan merupakan sebuah garis khayal yang menyatakan arah perambatan gelombang. Panjang garis keseimbangan sama dengan jarak tempuh gelombang.
  • Simpangan gelombang, merupakan jarak bagian gelombang terhadap titik nol dimana titik nol merupakan titik dimulainya gelombang merambat.Panjang gelombang, merupakan jarak antara titik dimulainya puncak gelombang sampai titik berakhirnya lembah gelombang. Satu panjang gelombang dapat didefinisikan sebagai satu puncak dan satu lembah gelombang.
  • Jarak tempuh gelombang, merupakan jarak yang ditempuh gelombang dalam perambatannya.
  • Node, merupakan titik temu antara puncak dengan lembah gelombang.

Gelombang dalam perambatannya memiliki cepat rambat gelombang tertentu. Cepat rambat gelombang merupakan besar panjang gelombang yang diperoleh dalam satuan waktu tertentu.

Sebenarnya gelombang tranversal dibagi menjadi dua jenis, yaitu gelombang berjalan dan stasioner. Bagi kamu yang ingin memahami lebih dalam mengenai gelombang berjalan, maka kamu dapat membaca artikel gelombang stationer dan gelombang berjalan.

Rumus pada Gelombang Transversal

Terdapat parameter umum dari pengukuran gelombang transversal, yaitu frekuensi, periode, dan cepat rambat gelombang. Gelombang transversal terdiri dari gelombang berjalan dan berdiri.

Rumus lengkap mengenai kedua gelombang telah dibahas pada kedua artikel tersebut. Berikut penjelasan mengenai rumus umumnya:

Frekuensi

Frekuensi merupakan banyaknya getaran gelombang dalam satuan waktu tertentu. Satuan waktu ini bisa dalam sekon, milisekon, mikrosekon, dsb. Berikut rumusnya:

rumus frekuensi

atau

rumus frekuensi 2

dimana f merupakan frekuensi (Hz), n merupakan jumlah getaran, t merupakan waktu getar (s), dan T merupakan periode (s).

Periode

Periode merupakan waktu yang diperlukan untuk melakukan satu getaran penuh. Berikut rumusnya:

rumus periode

dimana T merupakan periode (s), dan t merupakan waktu getar (s).

Cepat rambat gelombang

Cepat rambat gelombang merupakan besar panjang gelombang yang diperoleh selama frekuensi tertentu atau merupakan jarak yang ditempuh gelombang dalam setiap satuan waktu, cepat rambat gelombang dapat didefinisikan debagai panjang gelombang per periode.

Berikut rumus dari cepat rambat gelombang:

cepat rambat gelombang

atau

cepat rambat gelombang

atau pun

rumus cepat rampat gelombang

dimana 1 merupakan cepat rambat gelombang (m/s), 2 merupakan panjang gelombang (m), 3 merupakan frekuensi gelombang (Hz), n merupakan jumlah gelombang, t merupakan waktu getar (s), dan T merupakan periode (s).

Kesimpulan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa gelombang transversal merupakan salah satu jenis gelombang dengan arah getar tegak lurus terhadap arah perambatannya. Secara pinsip, gelombang ini membutuhkan medium perambatan untuk merambatkan energinya dengan arah rambat yang tegak lurus terhadap arah getarnya.

Arah rambat gelombangnya secara horizontal yaitu ke kanan atau ke kiri (bergatung arah rambat gelombangnya) sedangakan arah getarnya berupa arah vertikal yaitu ke atas dan ke bawah. Rumus umum mengenai gelombang ini berupa frekuensi, peidode, dan cepat rambat gelombang.

Contoh dari gelombang ini yaitu gelombang pada tali, gelombang air laut, gelombang elektromagnetik, gelombang listrik, gelombang seismik (gempa bumi), dsb.

Demikian pembahasan artikel ini mengenai gelombang transversal. Semoga pembahasannya mudah dimengerti dan dapat menjawab pertanyaan kamu mengenai gelombang transversal.

Sekian, terimakasih.

Daftar Pustaka

  • Mardian, Gilang. 2016. Jawaban dari pertanyaan: Sebutkan 5 contoh gelombang transversal! Diperoleh dari https://brainly.co.id/tugas/5592702 (diakses pada 1 Juli 2020).
  • Prashna, Deyan. 2020. Gelombang Elektromagnetik (GEM). Diperoleh dari https://bacaboy.com/gelombang-elektromagnetik/ (diakses pada 1 Juli 2020).
  • Prashna, Deyan. 2020. Gelombang Mekanik. Diperoleh dari https://www.google.com/search?q=gelombang+mekanik+bacaboy&oq=gelombang+mekanik+bacaboy&aqs=chrome..69i57.5316j0j7&client=ms-android-samsung-ga-rev1&sourceid=chrome-mobile&ie=UTF-8 (diakses pada 1 Juli 2020).
  • Prashna, Deyan. 2020. Gelombang Stasioner. Diperoleh dari https://bacaboy.com/gelombang-stasioner/ (diakses pada 1 Juli 2020).
  • Rahmah, Azzahra. 2019. Gelombang Transversal-Rumus Cepat Rambat, Gambar, Contoh Soal. Diperoleh dari https://rumus.co.id/gelombang-transversal/ (diakses pada 1 Juli 2020).

Baca juga