Home / Fisika / Gerak Lurus Berubah Beraturan

Gerak Lurus Berubah Beraturan

  • 9 min read
Loading...

Pendahuluan

GLBB merupakan gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatan yang berubah-ubah secara konstan. Sehingga percepatannya pun konstan. GLBB dibedakan menjadi GLBB dipercepat dan diperlambat.

GLBB dipercepat jika kecepatan yang berubah-ubah semakin bertambah. Sedangkan GLBB diperlambat jika kecepatan yang berubah-ubah semakin berkurang. Perbedaan rumus keduanya hanya pada tanda hitung saja. Parameter ukur dari gerak benda, yaitu gerak, perpindahan, lintasan, jarak, kecepatan, kelajuan, dan percepatan.

Apa yang kamu ketahui tentang gerak? Gerak benda itu bermacam-macam loh jenisnya… Salah satunya gerak lurus berubah beraturan atau yang biasa disebut sebagai GLBB. Apa itu GLBB? Bagaimana rumusnya? Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Parameter Gerak Benda

Pada benda yang bergerak terdapat beberapa parameter yang perlu diperhatikan dalam perhitungan dan mempengaruhi gerak benda. Parameter tersebut yaitu gerak, perpindahan, lintasan, jarak, kecepatan, kelajuan, dan percepatan.

Gerak merupakan suatu keadaan yang menyatakan bahwa benda sedang berpindah posisi dari keadaan awal ke keadaan berikutnya. Akibat dari gerak benda adalah adanya perubahan posisi

Loading...
benda atau yang disebut sebagai perpindahan.

Perpindahan juga dapat diartikan sebagai jarak terpendek dari posisi awal ke poisisi akhir atau merupakan selisih dari jarak terakhir terhadap jarak pertama. Perhatikan ilustrasi berikut:

perpindahan dan lintasan

Besar perpindahan dapat dinyatakan sbb:

rumus besar perpindahan

dimana 1 merupakan perpindahan (displacement) (m), 2 merupakan posisi akhir benda, dan 3 merupakan posisi awal benda.

Lintasan merupakan area yang dilalui benda untuk bergerak. Sedangkan jarak merupakan besar lintasan yang ditempuh benda saat bergerak.

Benda yang bergerak memiliki kecepatan dan percepatan tertentu. Juga, benda yang bergerak diatur dalam hukum Newton tentang gerak.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam tentang hukum Newton tersebut, maka kamu dapat membaca artikel hukum Newton (gerak).

Kecepatan dan percepatan

Kecepatan benda merupakan jarak yang ditempuh benda selama waktu tertentu. Pada dasarnya, kecepatan merupakan besaran skalar karena hanya menyatakan nilai (kuantitas) saja tanpa menyatakan arah gerak benda.

Berikut rumus dari kecepatan pada umumnya:

rumus kecepatan

dimana 1 merupakan kecepatan gerak benda (m/s), 2 merupakan jarak yang ditempuh benda (m), dan 3 merupakan waktu pergerakan benda (s).

Kecepatan berbeda dengan kelajuan dimana kelajuan merupakan perubahan jarak benda terhadap waktu dengan nilai yang selalui positif dan hanya menunjukkan nilai saja, jadi termasuk kedalam jenis besaran skalar. Alat yang digunakan untuk mengukur kelajuan dinamakan spedometer.

Sedangkan alat pengukur kecepatan dinamakan sebagai velocitometer. Kelajuan selalu bernilai positif sedangkan kecepatan dapat bernilai positif maupun negatif.

Tanda positif menunjukkan bahwa pergerakannya searah jarum jam (ke arah kanan), sedangkan tanda negatif menunjukkan bahwa pergerakannya beralawanan arah jarum jam (ke arah kiri). Sehingga kecepatan termasuk kedalam jenis besaran vektor karena memiliki nilai dan juga arah.

Berikut rumus dari kelajuan pada umumnya:

rumus dari kelajuan

Selain kecepatan, benda yang bergerak juga memiliki percepatan. Percepatan merupakan besar kecepatan dari benda yang bergerak terhadap waktunya.

Dikarenakan pembagian dari kecepatan, maka percepatan juga termasuk kedalam jenis besaran vektor, dapat bernilai positif maupun negatif. Berikut rumus dari percepatan:

rumus percepatan

dimana 1 merupakan percepatan benda 2 , 3 merupakan kecepatan gerak benda (m/s), 4 merupakan jarak yang ditempuh benda (m), dan 5 merupakan waktu pergerakan benda (s).

Pengertian GLBB

Gerak benda dapat dibedakan menjadi gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). GLB merupakan gerak benda pada suatu lintasan gerak (lintasan lurus) dengan besar kecepatan yang konstan.

Pada gerak ini besar percepatan sama dengan nol serta kecepatannya sebanding dengan besar percepatan dan berbanding terbalik terhadap waktu. Maksud dari angka nol bahwa resultan dari percepatannya sama dengan nol dan bukan berarti tidak ada percepatan.

Sedangkan GLBB merupakan gerak benda pada suatu lintasan gerak (lintasan lurus) dengan kecepatan yang berubah-ubah secara beraturan. Maksud dari lintasan lurus bukan berarti lintasannya benar-benar lurus, tapi lintasannya dianggap lurus agar memudahkan dalam perhitungan.

Loading...

Ciri-ciri dari GLBB adalah kecepatannya yang berubah-ubah dengan nilai percepatan yang konstan. Pada artikel ini akan dibahas mengenai GLBB.

Loading...

Jenis GLBB

GLBB dapat dibedakan menjadi GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat. Berikut penjelasannya:

  • GLBB dipercepat, merupakan GLBB dengan besar kecepatan yang berubah-ubah semakin cepat (semakin bertambah). Biasanya GLBB dipercepat terjadi saat benda mulai bergerak.
  • GLBB diperlambat, merupakan GLBB dengan besar kecepatan yang berubah-ubah semakin kecil (semakin berkurang). Biasanya GLBB diperlambat terjadi pada saat benda mau berhenti.

Jadi, dapat dikatakan bahwa dalam pergerakan benda terjadi tiga gerak sekaligus, yaitu GLLB dipercepat, GLB, dan GLBB diperlambat dimana untuk GLB terkadang tidak ditemui dalam suatu pergerakan. Gerak ini hanya terjadi jika besar kecepatan bendanya konstan (tetap)

Benda yang bergerak GLBB dapat dilihat berdasarkan kurva geraknya baik itu benda mengalami GLBB dipercepat atau pun GLBB diperlambat. Berikut kurvanya:

Rumus GLBB

GLBB dapat dibedakan menjadi GLBB dipercepat dan diperlambat. Berikut rumusnya:

GLBB dipercepat

Rumus untuk kecepatan pada waktu ke-t adalah sbb:

rumus kecepatan

dimana 11 merupakan kecepatan pada waktu ke-t (m/s), 3 merupakan kecepatan awal benda (m/s), 6 merupakan percepatan benda 12 , 13 merupakan waktu gerak benda (s).

Rumus kecepatan pada waktu ke-t bisa juga dicari dengan rumus berikut:

Rumus kecepatan pada waktu ke-t

dimana merupakan jarak tempuh benda (m).

Rumus untuk jarak dapat dicari dengan rumus berikut:

16

dimana 17 merupakan jarak tempuh benda (m), 18 merupakan kecepatan awal benda (m/s), 19 merupakan waktu gerak benda (s), dan 20 merupakan percepatan benda 21 .

GLBB diperlambat

GLBB diperlambat memiliki rumus yang sama dengan GLBB dipercepat, namun perbedaan hanya pada tanda hitung saja dimana tanda plus pada GLBB dipercepat diubah menjadi tanda minus pada GLBB diperlambat. Berikut rumus untuk kecepatan pada waktu ke-t:

glbb diperlambat

dimana 24 merupakan kecepatan pada waktu ke-t (m/s), 26 merupakan kecepatan awal benda (m/s), 27 merupakan percepatan benda 29 , 30 merupakan waktu gerak benda (s).

Kecepatan pada GLBB diperlambat juga dapat dicari dengan rumus berikut:

rumus glbb diperlambat

dimana merupakan jarak tempuh benda (m).

Sedangkan untuk rumus jarak pada GLBB diperlambat dapat dicari dengan rumus berikut:

rumus jarak pada GLBB diperlambat

dimana merupakan jarak tempuh benda (m), merupakan kecepatan awal benda (m/s), merupakan waktu gerak benda (s), dan merupakan percepatan benda .

Kesimpulan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa gerak benda dapat dibedakan menjadi GLB dan GLBB. GLBB merupakan gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatan yang berubah secara konstan dimana kecepatannya dapat berubah dipercepat menjadi GLBB dipercepat, sedangkan jika kecepatannya berubah diperlambat menjadi GLBB diperlambat.

Dalam GLBB, percepatan benda akan selalu konstan dengan kecepatan yang berubah-ubah secara konstan. Dinamakan sebagai lintasan lurus agar memudahkan dalam perhitungan, meskipun pada kenyataannya lintasannya tidak lurus, Lintasan lurus sangat sulit ditemukan.

Sehingga dilakukan pendekatan bentuk lintasannya menjadi lintasan lurus. Perhitungan GLBB telah dinyatakan dalam pers. (5), (6), (7), (8), (9), dan (10).

Demikian pembahasan artikel ini mengenai GLBB. Semoga pemabahasannya mudah dimengerti dan dapat menjawab pertanyaan kamu terkait GLBB. Sekian, terimakasih.

Daftar Pustaka

  • Heryansyah, Redy Rizkha. 2018. Perbedaan Kelajuan dan Kecepatan. Diperoleh dari https://www.google.com/amp/s/blog.ruangguru.com/perbedaan-kelajuan-dan-kecepatan%3fhs_amp=true (diakses pada 4 Juli 2020).
  • Pak Guru. 2020. Pengertian Gerak Lurus. Diperoleh dari https://pendidikan.co.id/pengertian-gerak-lurus/ (diakses pada 4 Juli 2020).
  • Prashna, Deyan. 2020. Hukum Newton (Gerak). Diperoleh dari https://bacaboy.com/hukum-newton/ (diakses pada 4 Juli 2020).
  • Rangga, Aditya. 2020. Perbedaan GLB dan GLBB. Diperoleh dari https://cerdika.com/perbedaan-glb-dan-glbb/ (diakses pada 4 Juli 2020).

Baca juga

Loading...
Loading...