Home / B. Indonesia / ide pokok

Ide Pokok

  • 8 min read

Dalam suatu paragraf pasti terdiri dari beberapa kalimat yang disebut kalimat utama dan kalimat pendukung. Kalimat utama tersebut bisa disebut dengan ide pokok sebuah paragraf. Sebenarnya apa yang disebut ide pokok ?

Pengertian Ide Pokok

ide pokok
ide pokok

Ide pokok adalah suatu pemikiran dari sebuah paragraf yang memberi tahu pembaca tentang isi teks tersebut. Ide pokok mencakup keseluruhan pesan teks yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca.

Hampir semua genre sastra memiliki satu atau dua ide pokok di dalamnya. Namun, ide pokok dalam sastra tidak terbatas pada satu kalimat atau paragraf; alih-alih, itu berkembang dan tumbuh di sepanjang teks. Ia berfungsi sebagai elemen utama, pemersatu cerita yang mengikat semua elemen lainnya. Dalam pengertian ini, ini dapat didefinisikan sebagai kesan dominan atau kebenaran umum yang tergabung dalam karya sastra.

Secara etimologis, ide pokok adalah frasa dari dua kata ‘pokok’ dan ‘ide.’ Maknanya jelas bahwa itu adalah pemikiran paling penting dari sebuah teks yang memungkinkan pembaca untuk memahami makna berlapis dari teks yang bersangkutan.

Fungsi Ide pokok

Ide pokok berfungsi sebagai jeda bagi pembaca. Memberi kesempatan untuk memahami maksud penulis atau alasan tulisannya. Itu juga membuat mereka mengenali dan menghargai makna teks yang lebih dalam.

Para penulis juga menggunakannya sebagai alat yang memungkinkan mereka untuk memproyeksikan maksud pemikiran mereka dan membujuk para pembaca. Terlebih lagi, beberapa tulisan akademis tanpa sadar menanamkan ide-ide utama ke alam bawah sadar para pembaca dengan motif tersembunyi yang bisa baik atau buruk.

ide pokok

ide pokok

Mengidentifikasi ide utama dalam teks adalah kunci dari pemahaman membaca siswa. Sebelum dia dapat berhasil beralih ke keterampilan membaca penting lainnya, siswa harus mampu mengidentifikasi ide utama dari sebuah teks.

Kemampuan untuk mengidentifikasi dengan tepat alat bantu utama dalam kemampuan siswa untuk menarik kesimpulan, membaca secara kritis, merangkum, dan mengingat apa yang dibaca. Untuk mengidentifikasi ide utama, siswa harus dapat memisahkan informasi yang relevan dari informasi yang tidak relevan, serta membuat pernyataan sumatif tentang bagian itu secara keseluruhan.

Mari kita perhatikan paragraf berikut ini :

Pertandingan futsal pertama diselenggarakan pada tahun 1965. Paraguay merupakan juara piala Amerika Selatan yang pertama. Enam perebutan piala Amerika Selatan yang berikutnya itu diselenggarakan dimulai pada tahun 1979 dan semua gelaran juara berikutnya kuasai oleh Brazil. Brazil meneruskan dominasinya dengan meraih piala Amerika pertama mulai pada tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya tahun 1984.

Paragraf diatas membahas tentang penyelenggaraan pertandingan futsal. Hal itu terkandung dalam kalimat utama yaitu “Pertandingan futsal pertama diselenggarakan pada tahun 1965”. Kelimat tersebut kemudian diperjelas dengan kalimat selanjutnya. Jadi ide pokok paragraf diatas adalah “Pertandingan futsal pertama diselenggarakan pada tahun 1965”.

Cara Menentukan Ide Pokok

Dimana kita bisa menemukan ide pokok ? Mudah saja, untuk mengidentifikasi ide pokok yang secara langsung diungkapkan dalam teks.

  • Ide pokok sering ditemukan di awal paragraf. Kalimat pertama sering menjelaskan subjek yang dibahas dalam bagian ini.
  • Ide pokok juga ditemukan dalam kalimat penutup paragraf. Ide pokok dapat dinyatakan sebagai penjumlahan dari informasi dalam paragraf dan juga tautan ke informasi dalam paragraf berikutnya.
  • Terkadang ide pokok juga dapat dilihat dari judul tulisan.
  • Kamu juga dapat memperhatikan gambar yang ditaut.

Ide pokok tidak selalu dinyatakan dengan jelas. Lebih sulit untuk mengidentifikasi ide pokok ketika disimpulkan atau tersirat. Itu bisa diimplikasikan melalui kata-kata lain dalam paragraf. Ide pokok tersirat dapat ditemukan dalam beberapa cara.

  • Beberapa kalimat dalam sebuah paragraf dapat menyiratkan gagasan utama dengan memperkenalkan fakta tentang topik sebelum benar-benar menyatakan topik tersebut.
  • Gagasan yang tersirat dapat diambil dari fakta, alasan, atau contoh yang memberikan petunjuk atau saran mengenai gagasan utama. Petunjuk ini akan menjadi petunjuk yang mengarahkan Anda untuk menemukan ide utama dalam teks yang dipilih.

Contoh soal Latihan

  1. Tentukan topik dan ide pokok dari paragraph berikut :

Musim panas adalah waktu yang tepat untuk dihabiskan di Pantai Barat. Ini adalah pantai dengan pasir lembut berwarna terang. Garis pantai berlangsung lama dan banyak orang menikmati berjalan di sepanjang pantai.

Anak-anak suka bermain di ombak dan berjalan di sepanjang bebatuan yang terlihat saat air surut. Ini adalah pantai yang menyenangkan bagi orang-orang dari segala usia.

Jawaban : Topik yang diangkat yaitu Pantai Barat.

Sedangkan ide pokok dalam paragraf tersebut adalah bahwa Musim panas adalah waktu yang tepat untuk dihabiskan di Pantai Barat

2. Temukan ide pokok dari paragraph berikut :

Amerika Serikat tampaknya sangat suka dengan gagasan untuk makan di luar rumah. Karena itu, berbagai ada dengan dalam semua jenis makanan. McDonald adalah raja dari subkelompok restoran yang disebut restoran cepat saji.

Di mana pun Anda tinggal, kemungkinan ada restoran McDonald di dekat Anda. Bahkan McDonald tersedia di Uni Soviet. Sekarang McDonald sedang mencoba sesuatu yang baru, yang disebut McDonald’s Express yang berada di Peabody, Massachusetts.

Itu adalah bagian dari pompa bensin Mobil. Ini memungkinkan Anda untuk mengisi dengan gas dan mengisi makanan pada saat yang bersamaan. Apa y Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama.ang akan mereka pikirkan selanjutnya?

Jawaban : ide pokonya adalah McDonald adalah raja makanan cepat saji

3. Tentukan topik dan ide pokok dari paragraf dibawah :

Sebagian besar remaja dan orang dewasa tidak tahu apa yang ingin mereka lakukan selama sisa hidup mereka, padahal itu adalah keputusan besar. Ada sejumlah hal yang dapat Anda lakukan untuk mempersempit pilihan.

Misalnya Anda dapat mengikuti tes minat, melakukan penelitian sendiri tentang karier, mencoba pekerjaan sukarela di bidang yang Anda minati, atau “job-shadow“, di mana Anda menghabiskan waktu sehari dengan seseorang yang bekerja di bidang yang menarik minat Anda. Ini hanya beberapa ide yang membantu ketika Anda mulai memilih karier.

Jawaban : Topiknya adalah pekerjaan atau pilihan karier. ide pokok adalah beberapa ide untuk membantu pembaca memilih karier

4. Cari ide pokok dari masing-masing paragraph berikut :

Orang Amerika selalu tertarik pada istri Presiden mereka. Banyak Ibu Negara diingat karena cara mereka memengaruhi suami mereka. Ibu Negara Lain telah membuat buku-buku sejarah sendiri.

Setidaknya dua Ibu Negara, Bess Truman dan Lady Bird Johnson, menjadikannya sebagai urusan mereka untuk mengirim sinyal selama pidato kepada suami mereka. Ketika Lady Bird Johnson merasa suaminya berbicara terlalu lama, dia menulis pesan dan mengirimkannya ke platform. Bunyinya, “Sudah waktunya untuk berhenti!” Dan dia melakukannya. Begitu Bess Truman tidak suka dengan apa yang dikatakan suaminya di televisi, maka ia meneleponnya dan berkata, “Jika Anda tidak bisa berbicara lebih sopan daripada itu di depan umum, Anda langsung pulang.”

Abigail Fillmore dan Eliza Johnson sebenarnya mengajari suami mereka, Millard Fillmore dan Andrew Johnson, Presiden yang ketiga belas dan ketujuh belas. Sebagai guru sekolah, Abigail akhirnya menikah dengan muridnya, Millard. Ketika Eliza Johnson menikahi Andrew, dia tidak bisa membaca atau menulis, jadi dia mengajarinya sendiri.

Gagasan Ibu Negara Helen Taft untuk menanam pohon ceri yang terkenal di Washington, D.C. Setiap musim semi pohon-pohon ini menarik ribuan pengunjung ke ibu kota negara. Ny. Taft juga mempengaruhi anggota keluarga pria dan staf Gedung Putih dengan cara yang aneh: dia meyakinkan mereka untuk mencukur janggut mereka!

Tak lama setelah Presiden Woodrow Wilson menderita stroke, Edith Wilson secara tidak resmi mengambil alih sebagian besar tugas Presidensi hingga akhir masa jabatan suaminya.

Sebelumnya, selama Perang Dunia I, Ny. Wilson membawa domba-domba ke halaman Gedung Putih untuk memakan rumput. Domba-domba itu tidak hanya memelihara halaman rumput, tetapi juga menyediakan wol untuk pelelangan yang disponsori oleh Ibu Negara. Hampir $ 100.000 dikumpulkan untuk Palang Merah.

Dolly Madison memastikan bahwa lukisan megah George Washington tidak dihancurkan selama Perang 1812. Ketika Inggris berbaris menuju Washington, D.C., dia tetap berada di belakang untuk menyelamatkan lukisan itu, bahkan setelah para penjaga pergi. Lukisan itu adalah satu-satunya benda dari Gedung Putih asli yang tidak terbakar.

Salah satu Ibu Negara yang paling terkenal adalah Eleanor Roosevelt, istri Presiden Franklin D. Roosevelt. Dia aktif dalam politik dan masalah sosial sepanjang masa kerja suaminya di kantor. Setelah kematiannya, ia menjadi terkenal karena pekerjaan kemanusiaannya di PBB. Dia membuat kehidupan yang lebih baik bagi ribuan orang yang membutuhkan di seluruh dunia.

Jawaban :

  • Pekerjaan Kemanusiaan Ibu Negara sangat penting dalam pemerintahan Amerika.
  • Dolly Madison adalah istri presiden paling berpengaruh.
  • Eleanor Roosevelt meng Ibu Negara.
  • Ibu Negara adalah tokoh penting dalam budaya Amerika.
  • Ibu Negara adalah pendukung utama Presiden.

DAFTAR PUSTAKA

  • Adams, J. (2017). The effectiveness of using speech-to-text technology to support writing of students with learning disabilities Let us know how access to this document benefits you – share your thoughts on our feedback form .
  • Finding the main idea. (n.d.). Retrieved March 19, 2020, from https://www.ccis.edu/offices/academicresources/writingcenter/studyskills/textbookreadingstrategies/findingthemainidea.aspx
  • Main idea | Definition of Main idea at Dictionary.com. (n.d.). Retrieved March 19, 2020, from https://www.dictionary.com/browse/main-idea?s=ts
  • Main Idea Examples and Definition of Main Idea – Literary Devices. (n.d.). Retrieved March 19, 2020, from https://literarydevices.net/main-idea/
  • Reading Main Idea Practice Questions. (2020). https://www.testprepreview.com/modules/readingmainidea.htm
  • Vener, D. (2020). Finding the main idea. https://www.ccis.edu/offices/academicresources/writingcenter/studyskills/textbookreadingstrategies/findingthemainidea.aspx

Pertanyaan umum

Apa itu ide pokok?

Ide pokok adalah suatu pemikiran dari sebuah paragraf yang memberi tahu pembaca tentang isi teks tersebut.

Apa sih fungsi ide pokok?

Ide pokok memiliki fungsi sebagai jeda bagi pembaca, memberi kesempatan pembaca untuk memahami maksud penulis atau alasan tulisannya

Bagaimana mengetahui ide pokok?

Ide pokok sering ditemukan di awal paragraf, terkadang ide pokok juga dapat dilihat dari judul tulisan, juga dapat memperhatikan gambar yang ditaut.