Home / B. Inggris / Introducing Oneself and Others

Introducing Oneself and Others

  • 7 min read

Penulis : Dinny Raudhatun Nurris – Toastmasters International Member

Kita semua pasti pernah berada di dalam kondisi di mana kita tidak mengenal satu sama lain, baik itu dalam kelas baru, rumah baru, lingkungan baru, dan berbagai kondisi lainnya. Salah satu hal yang pertama kali harus kita lakukan ketika kita berada dalam kondisi seperti itu adalah memperkenalkan diri sebagai tahapan awal dalam membangun sebuah relasi dan komunikasi yang baik.

Perkenalan diri yang baik tentu dapat membantu menciptakan kesan pertama yang menakjubkan sehingga mudah untuk menciptakan sebuah hubungan yang berkelanjutan. Dalam bahasa Inggris, perkenalan juga memegang peran penting dalam sebuah komunikasi.

Lalu, apa saja hal-hal yang perlu kita perhatikan ketika kita memperkenalkan diri? Bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris? Artikel ini akan mengupas tuntas mengenai bagaimana cara memperkenalkan diri dan orang lain dalam bahasa Inggris, yuk kita simak bersama!

Apa Yang Harus Diperhatikan dalam Sebuah Perkenalan?

Dalam perkenalan, khususnya dalam menjalin sebuah komunikasi, banyak sekali faktor yang harus diperhatikan. Faktor-faktor tersebut muncul karena adanya perbedaan budaya.

Sebagai contohnya adalah budaya Indonesia dan Eropa. Tentu saja budaya orang Indonesia dengan orang yang berasal dari negara Eropa tidak akan sama.

Maka dari itu, kita harus memperhatikan beberapa faktor penting sebelum kita memutuskan untuk memulai sebuah perkenalan, seperti penjabaran berikut ini.

a. Mulailah sebuah perkenalan dengan greetings (sapaan) sederhana

Memulai sebuah percakapan dengan sapaan akan membuat orang lain tahu bahwa kita sedang mencoba untuk mengawali sebuah percakapan, dalam kasus ini adalah sebuah perkenalan.

b. Gunakan bahasa yang sesuai

Sebaiknya kita melakukan perkenalan dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun, khususnya ketika kita berkenalan dengan klien penting ataupun orang yang lebih tua.

c. Hati-hati dalam menentukan nama panggilan

Ada perbedaan cara menentukan nama panggilan antara orang Indonesia dengan kebanyakan negara luar. Biasanya setelah berkenalan kita dapat langsung memanggil seseorang dengan menggunakan nama depannya.

Akan tetapi, dalam beberapa budaya, pemanggilan nama depan hanya dapat dilakukan ketika kita merasa sudah lebih dekat dengan orang tersebut, perhatikan contoh nama di bawah ini:

Mr. John Smith

Berdasarkan nama di atas, John merupakan nama depan serta Smith merupakan nama belakang, atau biasa kita kenal sebagai nama marga. Dalam menentukan nama panggilan, akan lebih sopan ketika kita memanggil orang tersebut dengan sebutan Mr. Smith daripada Mr. John, kecuali jika orang tersebut yang mempersilakan kita untuk memanggil menggunakan nama depannya.

4. Jangan menanyakan hal yang sifatnya terlalu personal

Dalam sebuah perkenalan, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak ditanyakan, kecuali orang tersebut yang memberitahu terlebih dahulu. Beberapa hal tersebut adalah agama, umur, status pernikahan, dan pilihan politik.

Tentu saja, setiap kebudayaan bisa berbeda satu sama lain. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui hal apa saja yang boleh dan tidak boleh ditanyakan.

Contoh Ungkapan untuk Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris

Ada banyak sekali cara untuk mengungkapkan nama dalam bahasa Inggris, baik itu menggunakan nama panjang maupun nama panggilan. Berikut adalah beberapa contoh yang dapat kita gunakan.

  1. Let me introduce myself, my name is Tom Delard (=Perkenankan saya untuk memperkenalkan diri, nama saya Tom Delard.)
  2. I want to Introduce myself, my name is Tom Delard (=Saya ingin memperkenalkan diri, nama saya Tom Delard.)
  3. Hi everyone, my name is Tom Delard (=Hai semuanya, namaku Tom Delard.)
  4. My full name is Tom Delard (=Nama lengkap saya Tom Delard.)
  5. My nickname is Tom (=Nama panggilan saya Tom.)
  6. You can call me Tom (=Kalian bisa memanggil saya Tom.)
  7. I would like to introduce myself, my name is Tom Delard (=Saya ingin memperkenalkan diri saya , nama saya Tom Delard.)

Contoh Ungkapan untuk Memperkenalkan Orang Lain

Pada dasarnya memperkenalkan orang lain hampir mirip dengan memperkenalkan diri Anda sendiri, perbedaannya adalah Anda hanya sebagai media untuk menghubungkan orang yang ingin diperkenalkan dengan orang lain yang berkaitan. Perlu diingat ketika kita ingin memperkenalkan orang lain kita harus memperhatikan penggunaan pronoun (Kata ganti) sesuai dengan jenis kelamin yang tepat. Berikut adalah beberapa contoh yang dapat Anda gunakan.

  1. I want to introduce my friend, his name is Bob Crusher. (=Saya ingin memperkenalkan teman saya, namanya Bob Crusher.)
  2. This is my friend, He is Bob Crusher. (=Ini adalah teman saya, namanya Bob Crusher.)
  3. I would like to introduce my friend, his name is Bob Crusher. (=Saya ingin memperkenalkan teman saya, namanya Bob Crusher.)
  4. I’d like you to meet Bob Crusher. (=Saya ingin kamu berkenalan dengan Bob Crusher.)
  5. This is a friend of mine, Bob Crusher. (=Ini adalahh teman saya, Bob Crusher.)
  6. Let me introduce you to my beloved friend, Bob Crusher. (=Perkenankan saya untuk memperkenalkan Anda kepada teman saya, Bob Crusher.)
  7. Please allow me to introduce you to our new friend, Bob Crusher. (=Perkenankan saya untuk memperkenalkan Anda kepada teman baru kita, Bob Crusher.)

Daftar Pertanyaan yang Sering Muncul dalam Perkenalan

Dalam perkenalan dalam konteks percakapan, tentu saja kita tidak bisa membiarkan hanya satu orang saja yang berbicara dan memberi informasi. Sebagai pendengar yang baik, tentu kita juga dapat mengajukan beberapa pertanyaan sehingga membuat komunikasi menjadi lebih menyenangkan. Berikut adalah beberapa daftar pertanyaan mendasar yang dapat kita ajukan saat melakukan perkenalan.

  1. How are you? (=Bagaimana kabar Anda?)
  2. Where are you from / Where do you come from ? (=Anda berasal dari mana?)
  3. What’s your hobby? (=Apa hobi anda?)
  4. What’s your favourite….. (=Apakah _________favorit Anda?)

Contoh Teks Perkenalan Diri dan Orang Lain

Hello my friend, My name is Charles Suyanto. You can call me Charles. I am eleven years old. I’m from west Java, actually, I was born in Kalimantan but when I was a baby I moved to Bandung because of my father’s job. My hobby is swimming, feel free to invite me if you need someone to swim with, I can even teach you since I’m pretty confident about my swimming skill. My favourite food is fried rice, I’m looking forward to eating together with all of you!

(=Hai teman teman, nama saya Charles Suyanto. Kalian bisa memanggil saya Charles. Saya berumur sebelas tahun. Saya berasal dari Jawa Barat, sebenarnya saya lahir di Kalimantan, namun saat saya masih bayi saya harus pindah ke Bandung karena pekerjaan ayah saya. Hobi saya adalah berenang, Silakan ajak saya kalau kalian membutuhkan teman untuk berenang, saya bahkan bisa mengajari kalian berenang karena saya cukup percaya diri dengan kemampuan berenang yang saya miliki. Makanan favorit saya adalah nasi goreng, mari kita makan bersama kapan-kapan!)

Hello everyone, I want to introduce my friend, his name is Samantha Jones. You can call her Samantha. She is from Surabaya, she moved to Jakarta 2 days ago so she is new here. She is ten years old and her hobby is playing games, she is very good at it! She also likes eating so we can go have a culinary tour together. I hope you can get along with her just like me, she is a nice girl!

(=Hai semuanya, saya ingin memperkenalkan teman saya, namanya Samantha Jones. Kalian dapat memanggilnya Samantha. Dia berasal dari Surabaya, dia baru pindah ke Jakarta dua hari yang lalu jadi dia masih baru di sini. Dia berumur sepuluh tahun dan dia juga hobi bermain game, dia juga sangat mahir! Dia suka makan jadi kita bisa tur kuliner bersama sama. Saya harap kalian bisa akrab dengannya seperti aku, dia adalah gadis yang sangat baik!)

FAQ (Frequently Asked Questions)

Bagaimana cara merespons perkenalan dalam percakapan?

Kalian bisa menggunakan “Nice to meet you”, “It’s a pleasure to meet you”, tergantung apa yang dikatakan oleh orang tersebut.

Bolehkah kita bertanya umur?

Pada dasarnya tidak boleh, khususnya untuk orang yang lebih tua. Namun, kalian bisa melihat lawan bicara kalian dan menentukan sendiri tentang boleh atau tidaknya bertanya umur.

Bagaimana cara merespons “How do you do?”

“How do you do?” tidak memiliki arti yang spesifik, biasanya kita hanya menggunakan kata tersebut sebagai pengganti kata “hai”, jadi kita dapat merespons “How do you do?” dengan “How do you do” juga.

Bolehkah kita menggunakan “Name’s ______” saat perkenalan?

Boleh hanya dalam konteks informal.

Mengapa kita harus paham ungkapan ungkapan perkenalan tersebut?

Supaya mempermudah kita ketika ingin memperkenalkan diri di lingkungan baru yang mengharuskan kita untuk menggunakan bahasa Inggris.

Baca juga