Home / Biologi / mitosis

Mitosis

  • 7 min read
Loading...

Author : Niken Triana Putri, Pendidikan Biologi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terdapat konsep dalam bahasa latin, yaitu ‘Omnis cellula e cellula’ yang artinya ‘setiap sel berasal dari sel’. Seperti hewan yang hanya menghasilkan anakan hewan, begitu pula dengan tumbuhan yang menghasilkan tumbuhan,

Kemampuan untuk bereproduksi didasarkan pada reproduksi sel itu sendiri, atau biasa disebut dengan pembelahan sel. Proses pembelahan sel merupakan integrasi dari siklus sel, yaitu dimulai ketika terbentuk sel dari induk dan kemudian membelah.

Proses pembelahan sel berkaitan erat dengan adanya DNA, informasi genetik pada DNA disebut dengan genom (genome). Genom pada organisme prokariot hanya berupa satu molekuk DNA panjang, sedangkan pada organisme eukariot terdiri dari lebih banyak molekul DNA.

Sebelum sel membelah, seluruh DNA harus disalin terlebih dahulu. Kemudian kedua salinan dikumpulkan untuk selanjutnya diturunkan kepada keturunan dalam kondisi genom yang lengkap.

Pembelahan sel dibedakan ke dalam dua jenis, yaitu pembelahan secara Mitosis dan pembelahan secara Meiosis. Pembelahan mitosis terjadi pada sel somatik,

Loading...
sementara pembelahan meiosis terjadi pada sel gamet.

Pengertian Mitosis

Mitosis adalah tahap dari siklus sel yang meliputi proses duplikasi sel atau reproduksi sel. Pada proses tersebut terjadi pemisahan DNA untuk selanjutnya dibagi kepada dua sel anakan, sel anak memiliki sifat yang identik secara genetik dengan sel induk.

Mitosis terjadi pada organisme multiseluler dan uniseluler, perbedaannya adalah pada organisme multiseluler tujuan dari mitosis adalah untuk menghasilkan banyak sel. Hasil dari pembelahan mitosis pada organisme multiseluler membantu pembentukan sel baru yang terbentuk dari dua gamet.

Sementara itu pada organisme uniseluler, pembelahan mitosis bertujuan sebagai reproduksi aseksual. Distribusi DNA berlangsung pada fase mitosis, dan menghasilkan anakan yang bersifat haploid atau diploid.

Baca juga tulisan lain dari bacaboy :

Tahapan pada Siklus Sel

Walther Flemming adalah salah satu ahli anatomi yang berasal dari Jerman. Pada tahun 1882 ia mengembangkan zat pewarna untuk mengamati kromosom selama tahap mitosis dan sitokinesis.

Walther Flemming
Walther Flemming sumber wikipedia

Mitosis adalah salah satu bagian dari siklus sel yang berkaitan erat dengan fase sitokinesis. Keduanya diketahui merupakan siklus terpendek pada siklus sel.

Fase terpanjang pada siklus sel disebut dengan interfase (interphase), yaitu mencapai 90% fase pada siklus sel. Ketika sel berada pada fase interfase, sel bertumbuh dan membuat salinan dari kromosom, oleh karena itu fase ini juga disebut sebagai fase persiapan.

Interfase dibagi menjadi beberapa sub fase yang lebih pendek-pendek, diantaranya fase G1 (first gap), fase S (sintesis), dan fase G2 (second gap). Selama ketiga fase ini berlangsung, sel bertumbuh dengan menghasilkan protein dan organel sitoplasma.

Tahapan pada Siklus Sel
Gambar 1. Tahapan pada Siklus Sel

Sel manusia pada bagian tertentu memungkinkan terjadi pembelahan sel selama satu hari penuh atau 24 jam. Fase mitotis akan berlangsung sekiranya kurang dari 1 jam, sementara yang terpanjang adalah fase S mencapai 10-12 jam, dan fase G1 serta G2 berlangsung sama sekitar 5-6 jam.

Pembelahan Mitosis

Secara umum fase mitosis terdiri dari lima tahapan, diantaranya profase, prometafase, metafase, anafase, dan telofase. Namun sebelum dimulai tahap profase, akan dijelaskan lebih dulu fase G2 sebagai fase interfase yang mengantarkan pada tahap awal mitosis.

Selain itu akan dibahas pula fase sitokinesis merupakan fase yang bertumpang tindih dengan fase akhir mitosis. Fase sitokinesis berfungsi untuk menyelesaikan fase mitosis.

1.G2 Interfase

Pada fase ini, nukleus (inti sel) akan dikelilingi oleh selaput nukleus. Nukleus merupakan bagian penting yang membawa DNA, nukleus terdiri dari satu atau lebih nukleolus.

G2 Interfase, dapat ditemukan dua sentrosom yang terbentuk melalui replikasi satu sentrosom tunggal. Dua sentrosom tadi terletak di bagian luar selubung nukleus.

Fase G2 Interfase
Gambar 2. Fase G2 Interfase

2. Profase

Profase merupakan tahap awal dari pembelahan sel mitosis. Pada tahap profase nukleus telah lenyap, dan digantikan oleh kromatid berpasangan yang terkumpar masih di bagian dalam selubung nukleus.

Dua kromatid bersaudara yang terbentuk memiliki sentromer dan panjang lengan yang sama.

Loading...

Gelendong mitotik mulai terbentuk menghubungkan sentrosom satu dengan sentrosom lainnya yang mulai berjarak. Gelendong mitotik tersusun dari sentrosom dan mikrotubulus, bagian radial mikrotubul disebut dengan aster.

Tahap Profase
Gambar 3. Tahap Profase

3. Prometafase

Memasuki fase kedua prometafase, selaput nukleus perlahan menghilang dan digantikan oleh mikrotubulus yang menjulur di antara dua sentrosom. Pada saat itu kromosom semakin terkondensasi.

Masing-masing kromatid pada setiap kromosom memiliki kinetokor. Kinetokor adalah struktur protein yang terspesialisasi dan terletak pada sentromer.

Beberapa mikrotubulus melekat pada kinetokor dan selanjutnya disebut dengan ‘mikrotubulus kinetokor’. Tetapi ada juga mikrotubulus yang tidak melekat pada kinetokor, mikrotubulus tersebut melekat pada sejenisnya yang berasal dari kutub bersebrangan.

Tahap Prometafase
Gambar 4. Tahap Prometafase

4. Metafase

Metafase merupakan tahapan pada mitosis yang berlangsung paling lama, sekitar 20 menit. Pada tahap ini sentrosom sudah sempurna terletak pada kutub yang saling bersebrangan.

Tahap Metafase
Gambar 5. Tahap Metafase

Kromosom mulai berjejer pada bidang ekuator atau lempeng metafase, yaitu bidang khayal yang berada di tengah dari kedua kutub. Sentromer-sentromer berjajar dalam posisi yang sama karena seluruhnya melekat pada mikrotubulus kinetokor.

5. Anafase

Berkebalikan dengan metafase, anafase merupakan tahapan pada mitosis yang paling pendek, hanya berlangsung selama beberapa menit. Tahap anafase dimulai ketika protein kohesin terbelah.

Protein kohesin yang terbelah memungkinkan kedua kromatid bersaudara terpisah secara tiba-tiba. Kromatid yang terpisah menjadi satu kromosom yang utuh.

Mikrotubulus kinetokor memendek, akibatnya setiap anakan dari kromosom tertarik ke kutub-kutub yang berlawanan. Karena mikrotubulus melekat pada sentromer, posisi sentromer tertarik lebih dahulu daripada lengan kromosom.

Berbeda dengan mikrotubulus kinetokor, mikrotubulus non-kinetokor mulai memanjang. Pemanjangannya menyebabkan sel ikut memanjang.

Pada tahap akhir anafase, setiap kutub sel memiliki jumlah kromosom yang sama dan lengkap.

Tahap Anafase
Gambar 6. Tahap Anafase

7. Telofase

Telofase merupakan tahapan akhir dari pembelahan sel mitosis. Pada tahap ini dua nukleus anakan mulai terbentuk dalam sel, lalu selaput nukleus mulai muncul.

Kromosom menjadi kurang terkondensasi, dan pembelahan satu nukleus menjadi dua nukleus yang identik berakhir. Namun selesainya fase mitosis akan disempurnakan pada fase sitokinesis.

Tahap Telofase
Gambar 7. Tahap Telofase

8. Sitokinesis

Pembelahan pada sitoplasma biasanya sudah berlangasung pada tahap telofase. Sehingga kedua anakan akan muncul tidak lama setelah mitosis berakhir.

Namun pada sel hewan, sitokinesis meliibatkan pembentukan lekukan yang membagi sel menjadi dua bagian.

Contoh Soal Latihan

  1. Arti dari Omnis cellula e cellula adalah…
  2. Tahap pada pembelahan mitosis yang merupakan tahapan terlama adalah…. Kebalikan dari tahap tersebut yang berlangsung hanya sebentar adalah …
  3. Pada siklus sel dikenal tahap persiapan yang disebut juga dengan interfase, sebutkan subfase pada fase tersebut beserta pembagian waktunya!

Jawaban

  1. Setiap sel berasal dari sel sebelumnya.
  2. Tahapan yang berlangsung paling lama adalah tahap metafase, dan yang paling sebentar adalah anafase.
  3. Tahap interfase terbagi menjadi tiga subfase, dengan pembagian waktu yang berbeda-beda diantaranya sebagai berikut:

a. Fase G1 (first gap) berlangsung sekitar 5-6 jam.

b. Fase S (sintesis) berlangsung paling lama yaitu 10-12 jam.

c. Fase G2 (second gap) berlangsung sama seperti gap pertama yaitu 5-6 jam.

Daftar Pustaka

  • Campbell N.A, Reece J.B, 2012. Biologi, Edisi 8 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
  • The Editors of Encyclopaedia Britannica. “Mitosis.” Encyclopædia Britannica, Encyclopædia Britannica, inc., February 05, 2020, https://www.britannica.com/science/mitosis
  • Biologydictionary.net Editors. “Mitosis.” Biology Dictionary, Biologydictionary.net, 09 Dec. 2016, https://biologydictionary.net/mitosis.

Baca juga:

Loading...
Loading...