Home / Ekonomi / neraca pembayaran internasional

Neraca Pembayaran Internasional

  • 6 min read
Loading...

Penulis : Bagus Aryo Mahasiswa, Manarata Fak Ekonomi

Pengertian

Necara Pembayaran Internasional adalah suatu catatan Sistematis mengenai hubungan atau transaksi ekonomi antara satu negara dengan negara lain pada periode waktu 1 Tahun atau lebih.

Dalam hal ini penduduk dari suatu negara meliputi perorangan (individu), perusahaan, badan hukum, badan pemerintah, atau siapa saja yang tinggal utama di suatu negara tersebut sedangkan transaksi ekonomi adalah pertukaran nilai barang atau jasa ekonomi atau pengalihan kekayaan penduduk suatu negara ke negara lain.

Dalam pencatatan necara pembayaran internasional di bagi menjadi 2 jenis transaksi yaitu debit dan kredit. Contoh pada gambar di samping menunjukkan jika indonesia mengimpor sepeda motor dari jepang. Transaksi ini dicatat sebagai debit di dalam necara pembayaran internasional. Sebaliknya bagaimana Jepang sendiri di catat sebagai transaksi kredit.

Pencatatan Transaksi Dalam Necara Pembayaran Internasional

Debit

Kredit

Adalah Transaksi yang menimbulkan kewajiban bagi penduduk suatu negara untuk melakukan pembayaran kepada penduduk negara lain. Dalam hal ini meliputi setiap

Loading...
pembelian barang dan jasa dari luar negeri (impor), setiap investasi di negara lain, setiap pembayaran ke negara lain, setiap hibah atau bantuan yang di berikan kepada negara lain dan setiap pembelian dan setiap pembelian persediaan atau kredit berharga dari luar negeri.

Adalah Transaksi yang menimbulkan hak bagi penduduk suatu negara untuk melakukan pembayaran kepada penduduk negara lain. Dalam hal ini meliputi setiap penjualan barang dan jasa dari luar negeri (ekspor), setiap perolehan dari investasi di negara lain, setiap penerimaan dari negara lain, setiap hibah atau bantuan dari negara lain dan setiap pembelian dan setiap penjualan persediaan atau kredit berharga dari luar negeri.

Contoh Necara Pembayaran

Contoh Necara Pembayaran

Jenis Necara Pembayaran Internasional

  • Surplus : Surplus terjadi bila ekspor lebih besar dari impor.
  • Defisit : Defisit terjadi bila impor lebih kecil dari ekspor.
  • Seimbang : Seimbang terjadi bila ekspor sama dengan impor.

Komponen Necara Pembayaran Internasional

Neraca Transaksi Berjalan (Current Account)

Adalah necara transaksi berjalan ini mencatat segala aktivitas barang atau jasa suatu negara dengan negara lainnya dalam suatu periode waktu tertentu. Transaksi menunjukkan keuntungan atau kerugian dari suatu negara dalam transaksi sehari-hari.

Necara transaksi sedang berjalan terdiri atas 3 bagian yaitu neraca perdagangan barang yang mencatat aktivitas barang (ekspor/impor) yang di lakukan oleh antar suatu negara, necara perdagangan jasa yang mencatat aktivitas jas (ekspor/impor) yang dilakukan oleh antar suatu negara dan transaksi sepihak (unilateral) yang mencatat hibah atau bantuan dari perorangan maupun pemerintah tanpa menimbulkan hak dan kewajiban secara hukum bagi negara yang menerimanya.

necara jasa.
Gambar 1,1 Wisatawan Asing yang datang ke Indonesia merupakan bagian pemasukan dari necara jasa.

Neraca Transaksi Modal (Capital Account)

Adalah necara perdagangan yang mencatat arus modal masuk dan keluar, baik modal jangka panjang maupun jangka pendek yang terdiri dari atas modal pemerintah neto dari modal swasta neto.

Modal pemerintah neto adalah selisih antara pinjaman baru dari luar negeri dan pelunasaan utang pokok dari pinjaman periode sebelumnya sedangkan modal swasta neto adalah selisih antara dana investasi dari pinjaman swasta luar negeri dan pelunasaan utang pokok swasta serta dana investasi ke luar negeri.

Neraca Moneter (Monetary Account)

Adalah necara perdagangan yang mencatat arus masuk devisa dan arus keluar devisa yang mempengaruhi perubahan terhadap cadangan devisa dari suatu negara dalam suatu periode tertentu yang di catat oleh bank sentral. Necara moneter ini dapat disebut juga sebagai necara penyeimbang (settlement account) .

Loading...

Alat Pembayaran Internasional

  • Cash : Salah satu cara pembayaran internasional dalam bentuk berupa uang tunai bisa menggunakan uang domestik maupun valuta asing secara langsung atau bayar di muka melalui bank.
  • Open Account : Cara pembayaran dengan open account ini dapat di lakukan jika pihak- pihak yang saling kenal, mempunyai reputrasi yang baik dan memiliki keadaan ekonomi dan politik yang stabil. Dimana barang/jasa yang di terima sebelum pembayaran dilakukan oleh pembeli.
  • Letter of Credit (L/C) : Adalah surat jaminan yang di keluarkan oleh bank atas transaksi jual beli barang yang di lakukan oleh antara negara dengan cara memenuhi syarat kelengkapan dokumen yang berisi pemberitahuan barang yang di kirim (bill of lading) dan sertifikat asal negara (certificate of origin).
  • Commercial Bills of Exchange : Cara pembayaran ini dapat disebut juga sebagai wesel (draft) atau trade bills, yaitu penjual membuat surat perintah yang di berikan kepada pembeli untuk membayar sejumlah uang tertentu dalam melakukan kegiatan transaksi ekpsor maupun impor pada periode waktu tertentu pada masa yang akan datang. Surat perintah semacam ini sering di sebut wesel.

Contoh Soal Latihan

1) Perhatikan pernyataan –pertanyaan berikut ini :

Loading...
  1. PT Indonesia Jaya mengimpor barang elekronik dari singapura.
  2. Sebuah perusahaan di indonesia mengirim barang dagang ke luar negeri menggunakan kapal bendera asing.
  3. Indonesia memperoleh pinjaman dari pemerintah jepang.
  4. Seorang kaya dari Amerika membeli saham sebuah perusahaan di Indonesia yang sangat sukses.
  5. PT. Jawa Tengah Sukses Makmur mengekspor cendera mata tradisional ke jerman.
  6. Pemerintah Indonesia membayar cicilan utang dan bunganya kepada pemerintah Belgia.

Pertanyaan yang dapat menggambarkan terjadinya transaksi kredit

adalah ………

  1. 1,3 dan 5
  2. 2,4 dan 6
  3. 3,4 dan 5
  4. 1,2 dan 6
  5. 2,3 dan 4

Jawaban C

2) Perhatikan pernyataan –pernayataan berikut ini :

  1. PT Andalan Indonesia menjual minyak kelapa sawit ke Jepang.
  2. Seorang pengusaha melakukan perjalanan bisnis ke Belanda menggunakan perusahaan maskapai penerbangan Belanda KLM .
  3. PT Kiddo membeli mainan anak-anak dari China.
  4. Seorang Turis Australia menginap di hotel Indonesia.
  5. Wisatawan Jakarat membeli bakpia pathok Yogyajakarta untuk oleh-oleh.

Pertanyaan –Pertanyaan yang di atas yang menggambarkan kegiatan

ekspor di tunjukkan oleh ………

  1. 1 dan 2
  2. 2 dan 3
  3. 1 dan 4
  4. 3 dan 5
  5. 4 dan 5

Jawaban C

3) Bagian necara pembayaran internasional yang memberikan gambaran ringkas tentang transaksi barang dan jasa yang di produksi selama periode setahun atau kurang di sebut …..

  1. Transaksi berjalan
  2. Necara perdagangan
  3. Necara jasa
  4. Necara moneter

Jawaban A

Pertanyaan Umum

Apa sih yang dimaksud dengan neraca pembayaran internasional?

Neraca pembayaran internasional adalah sebuah teks yang dibuat singkat untuk meringkas transaksi yang terjadi antara penduduk suatu negara dengan negara lain dalam durasi waktu tertentu misalnya 1 tahun.

Apa saja komponen yang ada di neraca pembayaran internasional?

Beberapa komponen misalnya seperti neraca transaksi modal, neraca transaksi berjalan, neraca moneter.

Daftar Pustaka

  • Ahman, Eeng dan Epi Indriani 2007: “Ekonomi & Akuntasi Membina Kompetensi Ekonomi” Jakarta Penerbit PT Grasindo Media Pratama.
  • Alam,S. 2017:”Ekonomi untuk SMA/MA Kelas XI 2” Jakarta: PT Penerbit Erlangga Mahameru.
  • Arifin, Imamul dan Giana Hadi w. “Membuka Cakrawala Ekonomi untuk kelas XI Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial 2” Penerbit PT CTIAPURNA
  • Gilarso, T. 2004” Pengantar Ilmu Ekonomi Marko Edisi Revisi” Yogyakarta: Penerbit Karnisius.
  • Mustikawati, Indah. 2006. “ekonomi untuk SMA/MA XI” Yogyakarta: Penerbit Grasindo
  • Purnastuti, Losina dam Dhyah Setyorini. 2008 “ Cara Mudah UN 2008 Ekonomi SMA (SKL)” Jakarta : Penerbit Grasindp
  • Widjajanta, Bambang dkk. 2007 “ Ekonomi & Akuntasi : Mengasah Kemampuan Ekonomi ” Jakarta : Penerbit PT Grasindo Media Pratama

Baca juga :

Loading...
Loading...