Home / Biologi / organel sel hewan

Organel Sel Hewan

  • 7 min read
Loading...

Penulis : Aldira Dina Tutazqiyah Mahasiswi IPB Jurusan Biologi

Pengertian Sel Hewan

Sel hewan adalah unit dasar kehidupan organisme kerajaan Animalia. Bersifat eukariotik yang berarti memiliki inti sejati dan struktur khusus yang disebut organel yang menjalankan fungsi yang berbeda. Sel ditutupi oleh membran sel dan datang dalam berbagai bentuk. Isi sel disebut protoplasma. Dinding sel tidak dimiliki oleh sel hewan.

Sel hewan memiliki ukuran yang sangat kecil, bahkan tidak dapat dilihat dengan mata secara langsung sehingga harus menggunakan mikroskop untuk mengamatinya.

Hewan adalah salah satu dari kelompok organisme eukariotik multiseluler. Hewan dianggap telah berevolusi secara independen dari eukariota uniseluler. Hewan berbeda dengan tanaman dan jamur dalam variasi morfologi dan fisiologi. Hal itu karena hewan telah mengembangkan otot dan mobilitas suatu karakteristik yang telah merangsang pengembangan lebih lanjut dari jaringan dan sistem organ.

Fungsi Sel Hewan

  • Menghasilkan energi dan menyimpannya
  • Membuat protein yang merupakan molekul yang memiliki peran dalam metabolisme
  • Transportasi molekul lain
  • Replikasi DNA

Bagian Sel Hewan

Sel memiliki berbagai

Loading...
bagian yang berbeda. Terdapat berbagai jenis organel khusus yang menjalankan semua fungsinya. Sel hewan memiliki organel sel paling banyak seperti berikut.

Struktur sel hewan
Gambar 1 Struktur sel hewan

Membran plasma

Merupakan organel yang membungkus isi sel. Membran plasma berfungsi mengatur jalannya molekul masuk dan keluar sel. Air, energi dan nutrisi memasuki sel dan bahan limbah meninggalkan sel melalui membran sel. Pada prokariota, membran adalah lapisan pelindung bagian dalam yang dikelilingi oleh dinding sel yang kaku. Pada eukariotik hanya memiliki membran yang mengandung dan melindungi isinya.

Sitosol

Merupakan tempat semua organel sel lain berada dan tempat sebagian besar metabolisme sel terjadi.

Sitoplasma

Merupakan cairan yang dimandikan organel. Mengandung protein, gula, dan zat lain yang membantu fungsi sel dengan baik.

Vakuola

Merupakan tempat penyimpanan. Vakuola dikelilingi oleh membran dan diisi dengan bahan cair atau padat. Vakuola mengisi dengan makanan yang dicerna dan membuang bahan yang sedang keluar dari sel.

Badan golgi

Merupakan organel yang pipih, berlapis, dan seperti kantung yang terlihat seperti setumpuk penekuk dan terletak di dekat nukleus. Badan golgi menghasilkan membran yang mengelilingi lisosom. Badan golgi yang membuat beberapa bahan kimia diproduksi di dalam sel. Badan golgi mengumpulkan serta mengemas protein dan lemak yang dibangun di retikulum endoplasma untuk diangkut ke berbagai bagian sel.

Lisosom

Merupakan organel bundar yang dikelilingi oleh membran serta berfungsi untuk pencernaan. Lisosom mengandung enzim yang memecah bahan sel (jika enzim ini tidak terkandung dalam lisosom, mereka akan menggerogoti sel). Ketika organel telah ‘mati’, mereka dikelilingi oleh lisosom dan dipecah oleh enzim yang ditransfer ke sitoplasma sebagai bahan pembangun sel baru.

Ribosom

Terdapat ribuan ribosom dalam sel. Mereka ditemukan di sitoplasma, mitokondria, dan membuat retikulum endoplasma kasar. Pada eukariota, ribosom terdiri dari empat untaian RNA. Pada prokariota, ribosom terdiri dari tiga untai RNA. Ribosom menghasilkan protein dan juga sebagai tempat sintesis protein.

Nukleus

Merupakan organel terbesar dalam sel hewan yang berfungsi sebagai pusat pemrosesan informasi dan administrasi sel. Nukleus mengendalikan aktivitas sel yang meliputi pertumbuhan, metabolisme perantara, sintesis protein, dan reproduksi (pembelahan sel). Nukleus juga mengandung kromosom sel. Kromosom terdiri dari informasi genetik (DNA).

Nukleolus

Merupakan struktur utama dalam nukleus. Nukleolus juga merupakan tempat RNA ribosom diproduksi. Nukleolus menghasilkan ribosom yang bergerak keluar dari nulkeus dan mengambil posisi pada retikulum endoplasma kasar di mana mereka sangat penting dalam sintesis protein.

Retikulum Endoplasma Kasar

Retikulum endoplasma terdiri dari jaringan membran yang dilipat menjadi serangkaian lembaran atau tabung yang memproduksi, memproses, dan mengangkut senyawa kimia untuk digunakan di dalam dan di luar sel. Retikulum endoplasma kasar ditutupi oleh ribosom, sehingga terlihat kasar. Protein dibuat di sini dan dikemas untuk diangkut atau ke luar sel.

Loading...
Loading...
Retikulum endoplasma kasar
Gambar 2 Retikulum endoplasma kasar

Retikulum Endoplasma Halus

Retikulum endoplasma terdiri dari jaringan membran yang dilipat menjadi serangkaian lembaran atau tabung yang memproduksi, memproses, dan mengangkut senyawa kimia untuk digunakan di dalam dan di luar sel. Ruang dalam Retikulum Endoplasma Halus disebut lumen. Retikulum endoplasma halus mengangkut bahan melalui sel yang mengandung enzim, menghasilkan dan mencerna lemak, dan protein membran serta memiliki fungsi berbeda dalam sel yang berbeda.

Retikulum endoplasma halus
Gambar 3 Retikulum endoplasma halus

Mitokondria

Merupakan organel yang sangat penting. Mitokondria berbentuk bujur dengan membran ganda yang ditemukan di seluruh sitoplasma setiap sel eukariotik. Membran bagian dalam dilipat berkali-kali, membentuk serangkaian proyeksi (krista). Dalam sel hewan, mitokondria berperan mengubah oksigen dan nutrisi menjadi energi. Di mitokondria respirasi terjadi.

Mitokondria
Gambar 4 Mitokondria

Sentriol

Merupakan organel berbentuk silinder. Terdiri dari mikrotubulus. Berfungsi memfasilitasi kromosom dengan bantuan pembelahan sel. Oleh karena itu, sentriol berada di dekat nukleus. Sentriol berfungsi dalam pembelahan sel berhubungan langsung dengan duplikasi sendiri.

Silia dan Flagella

Merupakan proyeksi dari sel. Terbentuk dari mikrotubulus dan ditutupi oleh perpanjangan membran plasma. Tujuan utama silia adalah memindahkan cairan, lendir, atau sel di atas permukaannya. Silia dan flagella memiliki struktur internal yang sama. Perbedaan utama adalah panjangnya.

Endosom atau Endositosis

Merupakan struktur yang terikat membran dalam sel yang disebut vesikel. Endosom terbentuk melalui pembentukan yang kompleks biasa disebut endositosis. Endosom sangat penting untuk mengendalikan zat masuk dan keluar sel. Endosom bertindak sebagai vesikel sementara untuk transportasi.

Sitoskeleton

Merupakan jaringan serat yang membentuk “infrastruktur” sel eukariotik, sel prokariotik, dan arkeans. Dalam sel eukariotik, serat-serat ini terdiri dari jaring filamen protein yang kompleks dan protein motorik yang membantu pergerakan sel dan menstabilkan sel. Sitoskeleton berfungsi membantu sel mempertahankan bentuknya dan memberi dukungan pada sel. Sitoskeleton terdiri dari tiga jenis serat, yaitu :

Filamen menengah

Merupakan filamen yang umumnya kuat dan mirip tali. Berfungsi mekanis dan sebagai kelas. Filamen menengah kurang dinamis daripada filamen aktin atau mikrotubulus. Filamen menengah umumnya bekerja bersama-sama dengan mikrotubulus memberikan kekuatan dan dukungan untuk struktur tubulin rapuh.

Mikrofilamen

Merupakan filamen terkecil dari sitoskeleton. Mikrofilamen disbut juga filamen aktin. Filamen aktin adalah polimer dari protein aktin. Mikrofilamen berfungsi dalam pergerakan sel, kontraksi otot, dan pembelahan sel.

Mikrotubulus

Merupakan komponen utama ketiga dari sitoskeleton yang memiliki bentuk silinder berongga lurus. Mikrotubulus juga merupakan struktur dinamis yang mengalami perakitan terus menerus dan pembongkaran di dalam sel. Berfungsi menentukan bentuk sel dan dalam berbagai gerakan sel, termasuk beberapa bentuk penggerak sel, transportasi intraseluler organel, dan pemisahan kromosom selama mitosis.

Peroksisom

Merupakan kelompok organel beragam yang ditemukan dalam sitoplasma. Berbentuk bola dan diikat oleh membran tunggal. Peroksisom melindungi sel dari produksi sendiri hidrogen peroksida beracun. Sel darah putih menghasilkan hidrogen peroksida untuk membunuh bakteri. Enzim oksidatif dalam peroksisom memecah hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen.

Sentrosom

Merupakan tubuh kecil yang terletak dekat nukleus. Sentrosom memiliki pusat padat dan tubulus memancar. Sentrosom adalah tempat mikrotubul dibuat. Selama pembelahan sel, sentrosom membelah dan dua bagian bergerak ke sisi yang berlawanan dari sel pembagi. Sentriol adalah pusat padat sentrosom.

Contoh Soal Latihan

  1. Tempat keluar masuknya sel adalah …
  2. Berdasarkan strukturnya, apakah perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan?
  3. Sebutkan persamaan bagian sel hewan dengan sel tumbuhan!

Jawaban

  1. Membran plasma.
  2. Sel hewan tidak memiliki dinding sel, sedangkan sel tumbuhan memiliki dinding sel.
  3. Memiliki membran sel, sitoplasma, dan nukleus.

Daftar Pustaka

  • Animal Cell : https://biologydictionary.net/animal-cell/
  • Animal Cell Anatomy-Enchanted Learning : https://www.enchantedlearning.com/subjects/animals/cell/index.shtml
  • Animal Cell-Functions and Structure of Animal Cells : https://www.vedantu.com/biology/animal-cell
  • Cell Organelle : Organelles, Structure, Functions, Videos and Examples : https://www.toppr.com/guides/biology/the-fundamental-unit-of-life/cell-organelle/
  • Interactive Eukaryotic Cell Model : https://www.cellsalive.com/cells/cell_model.htm
  • Molecular Expressions Cell Biology : Animal Cell Structure : https://micro.magnet.fsu.edu/cells/animalcell.html
  • The Learning Zone : The Living Animal : http://www.oum.ox.ac.uk/thezone/animals/life/respire1.htm

Baca juga:

.

Loading...
Loading...