Home / B. Inggris / participle

Participle

  • 7 min read

Penulis : Dinny Raudhatun Nurris – Toastmasters International Member

Dalan kalimat bahasa Inggris, tentu kalian sudah memahami bentuk bentuk dari verb, bukan? Biasanya bentuk bentuk tersebut dikenal dengan Verb1, Verb2, Verb3, ataupun Verb-ing.

Sebenarnya bentuk penamaan verbs tersebut bukanlah istilah yang sebenarnya, melainkan hanya sebuah kode untuk memudahkan dalam memahami verbs mana yang diinginkan. Jika kalian penasaran dengan istilah sebenarnya dari bentuk verbs tersebut, maka kalian telah sampai di halaman yang tepat karena kali ini kami akan membahas salah satu bentuk dari perubahan verbs (kata kerja), yaitu bentuk participle.

Apakah yang dimaksud dengan participle? Bagaimana fungsi dan kegunaannya?

Dalam artikel ini kita akan kupas tuntas materi participle dalam bahasa Inggris. Yuk, kita simak ulasan di bawah ini!

Pengertian Participle

Participle adalah salah satu  struktur linguistik dalam bahasa inggris yang menggunakan verbs atau kata kerja sebagai bentuk dasarnya. Kalimat yang mengandung participle memiliki fungsi tertentu yang bergantung pada bentuk participle dan kata-kata pendukungnya.

Jenis Participle

Pada dasarnya, participle memiliki tiga jenis, yaitu present participle, past participle, dan perfect participle

Present participle

Kalian pasti kenal dengan bentuk present participle, yaitu ketika imbuhan -ing ditambahkan di bagian akhir dari kata kerja.

Contoh : the movie is interesting

Past participle

Past participle biasa dikenal dengan Verb3 dalam tabel verb form (bentuk kata kerja). Past participle berbeda dengan present participle yang hanya menambahkan imbuhan –ing.

Past participle memiliki beberapa imbuhan yang ditambahkan bergantung kata kerja apa yang digunakan. Imbuhan tersebut antara lain adalah -ed, -d,-t,-en, dan –n

Contoh: I have eaten the food.

Perfect participle

Perfect participle dapat digunakan untuk menyingkat dan menggabungkan klausa yang memiliki subjek yang sama, formula yang digunakan adalah sebagai berikut:

Having + past participle (Verb3) (untuk kalimat aktif)

Having+ been +  past participle (Verb3) ( untuk kalimat pasif)

Penggabungan tersebut dapat dilakukan dengan syarat aktivitas pertama sudah harus selesai dilakukan sebelum aktivitas lain dimulai. Selain itu, penggunaan perfect participle juga dapat digunakan untuk menggambarkan aktivitas pertama yang sudah dimulai dan tengah berlangsung ketika ada aktivitas lain dilakukan, perhatikan contoh berikut:

  • She ate the cake and ran away / Having eaten the cake, she ran away.
  • The food was cooked and it looked delicious / The food had been cooked, it looked delicious.

Fungsi Participle

Setelah memahami jenis-jenis participle, maka sekarang saatnya kita untuk masuk ke kegunaan atau fungsi daripada participle itu sendiri. Ada tiga fungsi utama dari bentuk participle, yaitu sebagai adjective (kata sifat), sebagai verb (kata kerja) dalam kalimat, dan juga untuk membentuk kalimat pasif.

Participle Sebagai Adjective

Sesuai dengan namanya, yang dimaksud dengan adjective disini adalah kata yang menerangkan kondisi dari sebuah noun (kata benda) . Penggunaan participle disini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas kepada suatu kata benda yang ingin diterangkan, perhatikan contoh berikut:

  • Boiling water
  • Broken window

Pada contoh pertama, present participle “boiling” berfungsi sebagai adjective (kata sifat) yang menjelaskan bagaimana kondisi air tersebut, yaitu dalam keadaan mendidih. Sama halnya seperti  apa yang tertulis pada contoh kalimat kedua di mana kata “broken” (bentuk past participle dari “break”) menjelaskan kondisi dari jendela tersebut.

Dalam penggunaan participle sebagai adjective, tidak jarang juga kita menjumpai participle phrase (frasa participle), yaitu frasa yang dimulai dengan menggunakan bentuk participle baik itu present maupun past dan berfungsi untuk menjelaskan kata benda yang muncul setelahnya. Sekarang mari perhatikan contoh berikut:

  • Cracked on its edge, this smartphone still looks good.
  • Look at the man singing under the tree!

Dalam kalimat pertama, bentuk past participle digunakan untuk memberi informasi tambahan terhadap smartphone yang digunakan. Dalam contoh kedua, bentuk present participle “singing” digunakan untuk memperjelas kata benda yang muncul sebelumnya (the man).

Participle Sebagai Verb dalam Kalimat

Jika kalian sudah mempelajari bentuk tenses dalam bahasa Inggris, maka tentu saja kalian sudah tidak asing lagi dengan penggunaan bentuk bentuk participle ini, khususnya untuk kalimat yang menggunakan bentuk progressive atau perfect tenses.  Mari kita perhatikan contoh di bawah untuk memahaminya lebih lanjut.

  • She is still sleeping (present progressive)
  • I have moved to Jakarta (present perfect)

Seperti yang terlihat pada contoh di atas, bentuk participle dapat menjadi kata kerja utama dalam suatu kalimat. Tentu saja penggunaan bentuk participle tersebut harus menyesuaikan dengan konteks tenses dari kalimat yang bersangkutan.

Participle Sebagai Verb dalam Passive Voice

Kalimat pasif adalah bentuk kalimat dimana subjek dari kalimat tersebut tidak sedang melakukan pekerjaan, namun tengah menjadi objek dari suatu kegiatan yang dilakukan oleh agent. Jika kalian belum sempat membaca artikel passive voice dalam bahasa Inggris, kalian dapat membacanya terlebih dahulu agar lebih mudah untuk memahami salah satu fungsi dari participle ini.

Perlu diingat bahwa formula dasar dari passive voice adalah sebagai berikut:

S + be + past participle + complement / by agent

Jika kita mengacu pada formula tersebut, maka tentu kita dapat menyimpulkan bahwa hanya past participle yang dapat digunakan dalam bentuk kalimat pasif. Perhatikan contoh di bawah ini:

Kedua kalimat di atas sama sama menggunakan bentuk past participle sebagai kata kerja utamanya. Dalam kalimat pertama, bentuk past participle dari “eat” digunakan untuk memberi informasi bahwa kue tersebut telah dimakan terlepas dari siapapun yang memakannya. Sedangkan, kalimat kedua menggunakan bentuk past participle dari “arrest” (menangkap) untuk memberitahu bahwa seseorang telah berhasil ditangkap.

Participle Clause

Participle clause atau klausa participle memiliki fungsi untuk menyampaikan sebuah informasi secara lebih singkat dan efisien. Participle clause sendiri dapat dibentuk dengan menggunakan pesent, past, maupun perfect participle.

Salah satu syarat dari penggunaan ini adalah ketika main verb dan bentuk participle memiliki subjek yang sama. Tidak ada formula yang pasti dari bentuk participle clause ini karena penulisannya mengikuti tenses dari klausa utamanya. Perhatikan contoh berikut:

  • While I was waiting for the bus, I fell asleep
  • Waiting for the bus, I fell asleep

Dapat dilihat pada contoh di atas bahwa penggabungan terjadi karena subjek dari kedua klausa tersebut sama, yaitu I. Maka dari itu, kita dapat menggunakan bentuk present participle “waiting” pada klausa participle-nya.

Nah setelah membaca dan memahami penjelasan mengenai participle diatas, yuk kita coba untuk mengerjakan latihan soal berikut!

Contoh Soal Latihan

  1. Isilah bagian yang rumpang dengan menggunakan bentuk participle yang tepat!
  2. Martin is still _______(study), you should not disturb him.
  3. Tom has _______(finish( all of his homework. So he is _______(play) a game now.
  4. I had _______(see) you before we met yesterday
  5. _______(shine) brightly, the sun rises from the east
  6. The purse was _______(steal) by a thief
  7. Tulis ulang kalimat kalimat dibawah dengan menggunakan klausa participle!
  8. Tobias asked me to take him home because he felt sick.
  9. When Shinta heard the bad news, she cried loudly.
  10. I have a lot of homework, so I can’t go with you to the party.
  11. Since I’ve been to Bali before, I can become your guide!
  12. I was fascinated by his amazing work, I asked for his signature!

Kunci jawaban 

Part A.

  1. Studying
  2. Finished / playing
  3. Seen
  4. Shining
  5. Stolen

Part B.

  1. Feeling sick, tobias asked me to take him home.
  2. Hearing the bad news, shinta cried loudly.
  3. Having a lot of homework, I can’t go with you to the party.
  4. Having been to Bali before, I can become your guide!
  5. Fascinated by his amazing work, I asked for his signature! 

FAQ (Frequently Asked Questions) 

Apa saja fungsi participle?

Sebagai adjective (kata sifat), sebagai verb dalam kalimat serta sebagai unsur pembentuk kalimat pasif ( khusus past participle saja).

Bagaimana contoh kalimat dengan participle?

– Can you throw that broken vase away? past participle / Bisakah kamu buang vas bunga yang rusak itu?
– I have been singing for four hours. present participle / Aku sudah bernyanyi selama empat jam.

Mengapa kita perlu belajar participle?

Karena bentuk participle sangat sering muncul dalam berbagai struktur kalimat bahasa Inggris.

Baca juga