Home / Ekonomi / pasar persaingan monopolistik

Pasar Persaingan Monopolistik

  • 5 min read

Penulisan: Susilawati Mahasiswi, Universitas Banten Jaya Jurusan Akutansi

Pasar monopolistik diperkenalkan untuk pertama kalinya tahun 1930-an oleh ilmuwan Amerika Serikat bernama Edward E Chamberlin dan Joan Robinson.

Model ini dirumuskan karena adanya rasa ketidapuasan terhadap model pasar persaingan sempurna yang anggapan dasarnya kurang realistis (seperti anggapan jenis produk yang homogen). Pasar monopolistik mengadopsi dua anggapan yang ekstrim dan sulit, yaitu barang yang diperjualbelikan homogen dan adanya kenyataan bahwa monopoli sangat sedikit sekali.

Pengertian pasar persaingan monopolistik

Pasar persaingan monopolistik adalah termasuk pada jenis pasar persaingan tidak sempurna. Pasar ini untuk melengkapi kekurangan dari jenis pasar persaingan sempurna (perfect competition) dan pasar persaingan monopoli (monopoly).

Bentuk pasar monopolistik ini ada di antara pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli. Dikatakan mengandung pasar persaingan sempurna karena pada pasar persaingan monopolistik terdapat banyak perusahaan atau penjual yang memiliki pangsa pasar (market share) yang cukup besar dalam memengaruhi pasar dan menghasilkan komoditas yang memiliki perbedaan karakteristik (differentiated product). Pada jenis pasar ini, produsen menawarkan satu jenis barang dengan berbagai ciri produk yang berbeda-beda dari segi kualitas, bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.

Perbedaan pasar monopolistik dengan pasar persaingan sempurna terletak pada produk yang dijual. Jika pada pasar persaingan sempurna produk yang dijual identik (bersifat sama), pada pasar monopolistik produk yang dijual merupakan produk yang terdiferensiasi (diferensiasi produk).

Baca tulisan lain dari bacaboy:

Gambar 1. Contoh produk-produk dalam pasar monopolistik

Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik

Pasar persaingan monopolistik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Memiliki banyak penjual atau perusahaan

Jenis pasar ini memiliki banyak penjual atau perusahaan yang bersaing seperti pada pasar persaingan sempurna. Intinya, mereka memiliki ukuran perusahaan yang relatif sama dan tidak satu pun dari perusahaan itu pada skala jauh lebih besar dari perusahaan lainnya.

Keadaan inilah yang menyebabkan produksi suatu perusahaan relatif sedikit, dibandingkan dengan produksi keseluruhan pasar. Perusahaan ini memiliki kekuasaan untuk bertindak sendiri-sendiri/tidak bergantung (independen)/tidak berkolusi seperti halnya pasar persaingan oligopoli. Penjual yang bersaing sangat banyak.

Barang yang dijual berbeda corak beragam (differentiated product)

Setiap perusahaan menghasilkan barang/jasa sejenis, namun barang/jasa satu perusahaan dengan perusahaan yang lain dapat dibedakan dari segi ukuran, kemasan, pelayanan,dan sisi keistimewaan lainnya.

Masing-masing produsen dapat menentukan harga output-nya (price maker)

Adanya diferensiasi output masing-masing perusahaan memungkinkan setiap produsen mempunyai kekuatan untuk menetapkan harga output-nya. Dalam pasar persaingan monopolistik, produsen dapat mempengaruhi harga tetapi pengaruhnya relative kecil dibandingkan dengan persaingan ologopoli dan monopoli.

Kekuasaan mempengaruhi harga oleh perusahaan monopolistik bersumber dari sifat barang yang dihasilkannya, yaitu yang bersifat berbeda corak (differentiated product).

Hambatan untuk masuk ke industri/pasar relatif rendah

Perusahaan baru yang akan masuk pasar ini menghadapi hambatan yang relatif rendah dibanding ketika masuk dalam pasar monopoli atau oligopoli.

Namun tidak semudah seperti masuk ke dalam pasar persaingan sempurna. Hambatan yang dihadapi perusahaan yang akan masuk ke dalam pasar persaingan monopolistik yaitu modal yang diperlukan relatif lebih besar untuk membuat produk unggul dari yang produk yang sudah ada dan produksi barang yang lebih menarik dari yang sudah ada.

Diperlukan promosi penjualan yang aktif

Perusahaan di pasar monopolistik memerlukan promosi penjualan untuk memperkenalkan diferensiasi dari produknya. Hal ini menunjukan persaingan di pasar ini menekankan pada persaingan bukan harga (nonprice-competition).

Mini Market salah satu bentuk pasar monopolistik
Gambar 2. Mini Market salah satu bentuk pasar monopolistik

Pengaruh Pasar Monopolistik

Keberatan politik dan budaya yang khas terhadap pasar monopolistik adalah bahwa monopoli, tanpa adanya pemasok lain dari produk atau layanan yang sama, dapat membebankan premi kepada pelanggan mereka.

Konsumen tidak memiliki pengganti dan dipaksa membayar harga untuk barang-barang yang ditentukan oleh perusahaan monopoli. Dalam banyak hal, ini adalah keberatan terhadap harga tinggi, belum tentu perilaku monopolistik.

Argumen ekonomi standar terhadap monopoli berbeda. Menurut analisis neoklasik, pasar monopolistik tidak diinginkan karena membatasi output, bukan karena manfaat monopoli dengan menaikkan harga. Output terbatas sama dengan lebih sedikit produksi, yang mengurangi total pendapatan sosial riil.

Sekalipun ada kekuatan monopolistik, seperti monopoli hukum layanan pos Amerika Serikat dalam pengiriman surat kelas satu, konsumen sering memiliki banyak alternatif seperti menggunakan surat standar melalui FedEx atau UPS atau email. Karena alasan ini, tidak lazim bagi pasar monopolistik untuk berhasil membatasi output atau menikmati keuntungan super normal dalam jangka panjang.

Peraturan Pasar Persaingan Monopolistik

Seperti halnya model persaingan sempurna, model persaingan monopolistik sulit atau tidak mungkin ditiru dalam ekonomi riil. Monopoli sejati biasanya merupakan produk regulasi terhadap pesaing. Sebagai contoh, adalah umum, untuk kota besar atau kecil untuk memberikan monopoli lokal kepada perusahaan utilitas dan telekomunikasi.

Namun demikian, pemerintah sering mengatur perilaku bisnis swasta yang tampak monopolistik, seperti situasi di mana satu perusahaan memiliki bagian terbesar dari pasar. Organisasi Perdagangan Dunia, dan Uni Eropa masing-masing memiliki aturan untuk mengelola pasar monopolistik. Ini sering disebut hukum antimonopoli.

Contoh Soal Latihan

  1. Sebutkan nama ilmuwan yang pertama kali memperkenalkan pasar monopolistik?
  2. Jelaskan pengertian pasar persaingan monopolistik?
  3. Sebutkan ciri-ciri pasar persaingan monopolistik?

Jawaban

  1. Ilmuwan Amerika Serikat bernama Edward E Chamberlin dan Joan Robinson.
  2. Pasar persaingan monopolistik adalah termasuk pada jenis pasar persaingan tidak sempurna. Pasar ini untuk melengkapi kekurangan dari jenis pasar persaingan sempurna (perfect competition) dan pasar persaingan monopoli (monopoly).
  3. Memiliki banyak penjual atau perusahaan
  • Barang yang dijual berbeda corak beragam (differentiated product)
  • Masing-masing produsen dapat menentukan harga output-nya (price maker)
  • Hambatan untuk masuk ke industri/pasar relatif rendah
  • Diperlukan promosi penjualan yang aktif

Daftar Pustaka

  • Banton, Caroline. Monopolistic Markets. 2019. Retrieved from
  • Surjanti, Jun, dkk. 2018. Edisi Belajar Teori Ekonomi (Pendekatan Makro) Berbasis Karakter. Yogyakarta: Deepublish
  • Widjajanta, Bambang & Widyaningsih, Aristanti. 2007. Mengasah Kemampuan Ekonomi Untuk kelas X. Bandung: Citra Praya

Baca juga: