Home / B. Inggris / Past Participle

Past Participle

  • 6 min read
Loading...

Penulis : Dinny Raudhatun Nurris – Toastmasters International Member

Kalimat bahasa Inggris terdiri atas berbagai macam struktur linguistik, mulai dari noun (kata benda), verb (kata kerja) , adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan) dan masih banyak lagi. Dalam membentuk suatu kalimat, salah satu struktur linguistik yang tidak pernah lepas adalah verb (kata kerja). Jika kalian sudah pernah membaca ulasan kami mengenai berbagai macam bentuk tenses dalam bahasa Inggris, pastinya kalian juga memahami bahwa di dalam penulisan sebuah kalimat bahasa Inggris, harus ada keselarasan pada seluruh unsur linguistik pembentuknya. Kata kerja merupakan unsur linguistik yang paling sering terpengaruh oleh keselarasan tersebut.

Dalam membuat kalimat, tentu kalian kenal dengan Verb 1 (kata kerja bentuk pertama), Verb 2 (kata kerja bentuk kedua) dan Verb 3 (Kata kerja bentuk ketiga) bukan? Masing masing bentuk verb memiliki fungsinya masing masing. Sebenarnya penulisan V1, V2, V3 hanyalah penyederhanaan saja, mereka sebenarnya memiliki istilah kebahasaan

Loading...
tersendiri.

Artikel kali ini akan membahas mengenai salah satu bentuk verb, yaitu bentuk Past Participle. Jadi apakah Past participle itu? Bagaimana cara menggunakannya di dalam kalimat? Yuk simak ulasan kami!

Definisi Past Participle

Past participle adalah suatu kata yang berasal dari base form (kata kerja dasar) dari sebuah verb yang memiliki fungsi tertentu, jadi cara membentuk past participle adalah dengan menambahkan imbuhan tertentu pada sebuah kata kerja dasar. Biasanya kita mengenal bentuk past participle ini sebagai Verb bentuk ketiga (V3).

Fungsi Past Participle

Pada dasarnya, past participle memiliki fungsi dan definisi yang sama seperti bentuk present participle, fungsi tersebut antara lain :

  1. Sebagai adjective (kata sifat)

I could see the burnt tree

(= Aku dapat melihat pohon yang terbakar itu)

Dalam kalimat diatas, kita dapat melihat bahwa bentuk past participle dari burn (membakar) digunakan sebelum kata tree(pohon). Tentu saja kalimat diatas tidak memiliki arti bahwa aku membakar sebuah pohon atau bahkan sebuah pohon yang membakar sesuatu. Sebagai adjective, kata burnt menjelaskan kata tree, kata tersebut memberikan informasi bahwa pohon tersebut berada dalam kondisi telah terbakar.

2. Sebagai kata kerja dalam suatu kalimat

I have burnt the trash

(= Aku sudah membakar sampahnya)

Pada contoh kalimat di atas, sekali lagi kita menjumpai bentuk past participle dari kata kerja burn ( membakar). Kali ini fungsi dari kata tersebut benar benar sebagai kata kerja, namun pada contoh kalimat tersebut kira tidak menggunakan bentuk base form (burn), melainkan kita menggunakan bentuk past participle(burnt) karena kalimat tersebut ditulis dalam bentuk present perfect. Jika kalian masih ingat penulisan kata kerja dalam bentuk perfect memiliki makna sudah atau baru saja, maka dari itu kita menambahkan kata sudah dalam menerjemahkannya kedalam bahasa Indonesia. Berikut adalah daftar tenses dimana kalian dapat menjumpai past participle sebagai kata kerja :

I have eaten the mango.

I have been eating the mango for one hour.

I had eaten the mango.

I had eaten the mango before you came.

I will have eaten the mango.

I will have been eating the mango for one hour when you come.

The mango was eaten.

Loading...

Cukup banyak bukan? Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai tenses diatas, kalian dapat mencari ulasan kami pada halaman lain.

Loading...

Cara Menulis Bentuk Past Participle

Seperti yang sudah kalian baca sebelumnya bahwa past participle dapat dibentuk dengan menambahkan imbuhan tertentu pada base form dari sebuah kata kerja. Berikut adalah aturan penambahan imbuhan tersebut pada regular and irregular verb:

  1. Untuk regular verb ( kata kerja beraturan), kita hanya perlu menambahkan imbuhan ‘-d’ ataupun ‘-ed’ pada bagian akhir dari sebuah kata kerja. Penulisan imbuhan ini sama dengan bentuk past form (V2).
  2. Untuk irregular verb (Kata kerja tidak beraturan) tidak memiliki acuan penambahan, namun umumnya kita menambahkan imbuhan ‘-t’ , ‘-en’, ‘-n’ pada bagian akhir dari kata kerja. Beberapa kata kerja yang tidak memiliki acuan antara lain: swim, ring, come, dan lain lain. Untuk daftar spesifiknya kalian dapat mencari tabel irregular verb forms.

Past Participle Dalam Frasa

Salah satu fungsi dari past participle adalah sebagai adjective ( kata sifat) yang menerangkan sesuatu. Dalam bahasa Inggris, penulisan adjective tidak terbatas pada satu kata saja, kita juga dapat menjelaskan suatu kata benda dengan menggunakan lebih dari satu kata. Kumpulan kata yang memiliki fungsi sebagai penjelas (adjective) dalam sebuah kalimat disebut dengan adjective phrase. Adjective phrase sendiri memiliki beberapa bentuk, salah satunya adalah yang dimulai dengan menggunakan bentuk participle baik itu present maupun past participle, bentuk frasa yang dimulai dengan participle dan memiliki fungsi sebagai adjective juga dapat disebut participle phrase.

Berikut adalah contoh dari participle phrase

  • Destroyed by the tsunami, the city is now in chaos

(=Dihancurkan oleh gelombang tsunami, kota itu sekarang sedang kacau)

Perhatikan frasa (kumpulan kata) yang ditebali diatas, frasa tersebut merupakan sebuah adjective yang menjelaskan the city. Frasa tersebut memberi informasi tambahan mengenai sebuah kota sehingga memudahkan pembaca untuk membayangkan dan memahami kondisi kota yang dimaksud.

  • The robber shot in the leg is my neighbour.

(=Perampok yang tertembak di kaki itu adalah tetanggaku

Dalam kalimat diatas, frasa shot in the leg memberi informasi tambahan untuk kata benda the robber. Maka dari itu frasa yang dimulai dengan bentuk past participle tersebut berfungsi sebagai adjective.

Contoh Soal Latihan

Setelah kita membaca dan memahami ulasan mengenai past participle diatas, yuk kita coba untuk mengerjakan latihan soalnya bersama, jangan lupa untuk menghitung jumlah soal yang berhasil kalian jawab ya!

  1. Isilah bagian yang rumpang dengan menggunakan bentuk past participle yang tepat
  2. The _______(chop) trees were sold.
  3. I had _______(do) the task before you asked me about it.
  4. Badly _______(injure), Ronald had to leave the ring.
  5. I have _______(be) swimming since four o’clock
  6. Harry Potter was _______(write) by J.K. Rowling.
  7. I had _______(have) breakfast before you knocked on the door.
  8. Throw that _______(rot) apple away!
  9. She has _______(be) waiting in front of your house for 20 minutes!
  10. Rina has _______(submit) her paper.
  11. The house was _______(build) in around 1990.

Kunci Jawaban

  1. Chopped
  2. Done
  3. Injured
  4. Been
  5. Written
  6. Had
  7. Rotten
  8. Been
  9. Submitted
  10. Built

FAQ (Frequently Asked Question)

  1. Apakah participle termasuk dalam verb?

Participle memang dibentuk dari base form sebuah verb, namun participle tidak selalu berfungsi sebagai sebuah verb dalam kalimat.

2. Kapan kita menggunakan participle sebagai verb?

Pada perfect tenses dan pada bentuk pasif.

3. Apakah beda present dan past participle?

Imbuhannya, present tenses memiliki imbuhan -ing.

4. Bagaimana cara menghafal irregular past participle?

Karena kata kerja dalam bentuk yang tidak beraturan, cara paling cepat menghafalnya adalah dengan membiasakan untuk mengerjakan soal2 tenses sehingga kita terus mengulang ulang perubahan verbnya.

5. Mengapa kita perlu belajar participle?

Bentuk participle dapat membantu kita untuk memahami maksud dari suatu kalimat serra bagaimana cara menuliskannya dalam bentuk bahasa Inggris yang tepat.

Baca juga

Loading...
Loading...