Home / B. Inggris / past perfect tense

Past Perfect Tense

  • 8 min read
Loading...

Penulis : Dinny Raudhatun Nurris – Toastmasters International Member

Pengertian Past Perfect Tense

Past perfect tense merupakan jenis tense yang terjadi di masa lampau, namun dalam periode waktu yang berbeda dengan simple past tense

Past perfect tense menggunakan periode waktu yang lebih lampau dari simple past tense, namun biasanya waktu yang digunakan tidak spesifik. Sehingga, kita dapat menggunakannya untuk menyatakan kegiatan yang sudah dilakukan pada waktu tertentu sebelum kegiatan lain di masa lampau. 

Tanda waktu

Sama dengan jenis tenses lainnya, past perfect tense juga memiliki beberapa tanda waktu yang dapat membantu kita untuk memahami konteks kalimat yang diberikan. Beberapa tanda waktunya juga dapat kita temukan dalam Simple Past Tense, namun tentunya dengan penggunaan dalam konteks yang sedikit berbeda. Yuk, perhatikan apa saja tanda waktu yang digunakan dalam past perfect tense.

baca juga :

Before (sebelum)By the time (pada saat)
After (setelah)For + (time) (selama + (waktu))
When (ketika)Prior to (sebelum)

Rumus past perfect tense
Loading...
+ Contoh Kalimat

Pada setiap kelompok “Perfect Tense”, kita akan menemui bentuk auxiliary verbs berupa have / has / had dengan diikuti kata kerja past participle (V3). Untuk past perfect tenseauxiliary verbs yang digunakan adalah had

Namun perlu diingat bahwa kata kerja past participle banyak ragamnya. Ada yang beraturan (regular verbs) dan tidak beraturan (irregular verbs). Mari simak baik-baik tabel berikut ini untuk mengetahui cara memformulasikan kalimat past perfect tense beserta contoh kalimatnya.

Affirmative (positif)
Subject + had + past participle (V3) + …
1. Cindy had bought groceries.
(=Cindy telah membeli bahan makanan.)

2. Ratu had left.
(=Ratu telah pergi.)
Negative (negatif)
Subject + had not + past participle (V3) + …
1. Cindy had not bought groceries.
(=Cindy belum membeli bahan makanan.)

2. Ratu had not left.
(=Ratu telah pergi.)
Interrogative (pertanyaan)
Had + subject + past participle (V3) + …?
1. Had Cindy bought groceries?
(=Sudahkah Cindy membeli bahan makanan?)

2. Had Ratu left?
(=Sudahkah Ratu pergi.)

Kapan sebaiknya menggunakan Past Perfect Tense

Past PerfectTense biasanya digunakan untuk menjelaskan kegiatan yang terjadi sebelum kegiatan lainnya pada masa lampau, kegiatan yang dimulai dan masih berlangsung sebelum kegiatan lainnya di masa lampau, conditional sentence type dan wishes, serta reported speech. Untuk lebih mengenal Past Perfect Tense, mari simak penjelasan di bawah ini.

Kegiatan yang terjadi Sebelum kegiatan lainnya pada masa lampau

present past tense - Ilustrasi kegiatan yang terjadi sebelum kegiatan lainnya pada masa lampau
present past tense – Ilustrasi kegiatan yang terjadi sebelum kegiatan lainnya pada masa lampau

Past perfect tense berfungsi untuk menyatakan suatu kegiatan atau kondisi yang terjadi sebelum kegiatan lain pada masa lampau. Umumnya, tanda waktu yang digunakan adalah ‘before’ dan ‘after’

Kegiatan pertama yang sudah dilakukan akan menggunakan past perfect tense, sedangkan kegiatan kedua akan menggunakan simple past tense. Untuk lebih jelasnya, mari simak contoh kalimat berikut ini ya.

  • Before Deni went to campus, he had had breakfast. (=Sebelum Deni pergi ke kampus, ia sudah sarapan.)
  • Treesia went to sleep after she had watched horror movie. (=Treesia pergi tidur setelah ia menonton film horor.)

Selain menggunakan tanda waktu ‘before’ dan ‘after’, kalian juga dapat menggunakan tanda waktu ‘prior to’ untuk menggantikan ‘before’. Akan tetapi, penggunaannya sedikit berbeda dengan ‘before’ karena ‘prior to’ harus diikuti oleh kata benda atau frasa benda. Yuk perhatikan contoh kalimatnya di bawah ini.

  • Julie had been sick prior to her trip to Bandung. (=Julie sudah sakit sebelum perjalanannya menuju Bandung.)

Penerapan past perfect tense juga bisa diformulasikan menggunakan tanda waktu ‘when’. Penggunaan tanda waktu ‘when’ tidak hanya dapat digunakan untuk simple past tense, namun juga dapat digunakan dalam kalimat past perfect tense dengan makna konteks yang sedikit berbeda. 

Biasanya penggunaan ‘when’ dalam konteks past perfect tense akan disertai dengan penggunaan kata ‘already’yang bermakna sudah / telah. Memahami perbedaan ‘when’ pada simple past tense dan past perfect tense memang cukup menantang. Oleh karena itu, mari simak penjabaran mengenai perbedaannya di bawah ini.

  • When I arrived, the class started. (=Ketika saya tiba, kelas dimulai.)
  • When I arrived, the class had started. (=Ketika saya tiba, kelas sudah dimulai.)

Sekilas kedua kalimat di atas nampak sama, namun makna yang dihasilkan berbeda. Pada kalimat pertama (simple pastsimple past), kelas berlangsung setelah subjek “I” tiba. Sedangkan pada kalimat kedua (simple pastpast perfect), kelas sudah berlangsung terlebih dahulu sebelum subjek “I” tiba.

Loading...

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan apabila terdapat dua kegiatan yang memiliki urutan kejadian yang jelas—baik menggunakan when, before, maupun after—maka kedua formula kalimat boleh menggunakan simple past tense.

Loading...

Kegiatan yang dimulai dan masih berlangsung sebelum kegiatan lainnya di masa lampau

present past tense - kegiaatan yang dimulai dan masih berlangsung sebelum kegiatan lainnya dimasa lampau
present past tense – kegiaatan yang dimulai dan masih berlangsung sebelum kegiatan lainnya dimasa lampau

Past perfect tense juga dapat berfungsi untuk menyatakan lamanya suatu kegiatan atau kondisi berlangsung hingga kegiatan berikutnya dilakukan pada masa lampau. Fungsi ini memiliki kemiripan dengan kalimat Present Perfect Tense yang juga membicarakan lamanya suatu kegiatan pertama berlangsung hingga dimulainya kegiatan berikutnya.

Namun, perbedaannya adalah kegiatan atau situasi ini berlangsung pada masa lampau. Sehingga tidak memiliki kaitan apapun dengan kondisi subjek atau penutur di masa sekarang (present). Untuk lebih jelasnya, simak baik-baik contoh berikut ini ya.

  • When Bella graduated from university, she had spent her college life for 8 years! (=Pada saat Bella lulus dari universitas, dia sudah menghabiskan masa kuliahnya selama 8 tahun!)
  • On March 23, they had cleaned some areas in Malang with disinfectant for a week. (=Pada tanggal 23 Maret, mereka sudah membersihkan beberapa daerah di Malang dengan desinfektan selama satu minggu.)

Conditional sentences type 3 dan wished

Past perfect tense juga sering kita temui dalam conditional sentence type 3 (kalimat pengandaian tipe 3) dan wishes (harapan). Pada jenis kalimat ini, past perfect tense bertugas untuk menyatakan pengandaian terhadap suatu kondisi yang tidak sesuai dengan kenyataan pada masa lampau. 

Past perfect tense juga digunakan untuk menyatakan penyesalan penutur terhadap suatu kondisi yang tidak mampu dicapai oleh subjek di masa lampau. Berikut ini adalah contoh penggunaan past perfect tense dalam conditional sentence type 3 dan wishes.

  • If I had had enough money, I would have bought I-phone X. (=Jika saja aku memiliki cukup uang, aku akan membeli I-phone X.)
  • We would have gone to the zoo if the weather had been nice yesterday. (=Kita akan pergi ke kebun binatang andaikan saja cuacanya cerah kemarin.)
  • I wish she had visited me in the hospital. (=Aku harap ia mengunjungiku di rumah sakit.)
  • Berta wishes Bill had never told her lies. (=Berta berharap Bill tidak pernah membohonginya.)

Reported Speech

Pada Reported Speech (kalimat tidak langsung), kita juga akan menemui kalimat past perfect tense. Pada reported speechpast perfect tense berfungsi untuk menunjukkan bahwa penutur menyampaikan suatu kegiatan atau kondisi yang terjadi di masa lampau. 

Dikarenakan periode waktu saat penutur menyampaikannya setelah kegiatan atau kondisi tersebut terjadi, maka penggunaanya akan menggunakan past perfect tense. Agar pemahaman kalian lebih mantap mengenai poin keempat ini, yuk perhatikan contoh kalimat di bawah ini.

  • Yuta told me, “I won the tournament!” Quoted speech
    Yuta told me that he had won the tournament. Reported speech
  • Sharon told me, “I went to Jatim Park yesterday.” Quoted speech
    Sharon told me that she had gone to Jatim Park the day before. Reported speech

Dapat dilihat dari kedua contoh kalimat tidak langsung di atas, penutur menggunakan bentuk past perfect tense untuk melaporkan apa yang dikatakan kepadanya. Hal tersebut dilakukan saat penutur menerima informasi tersebut, konteks yang digunakan sudah dalam bentuk masa lalu. Maka dari itu, ketika penutur melaporkan apa yang dikatakan kepadanya, waktu pada tense yang digunakan harus mundur lebih jauh.

Setelah memahami kajian mengenai past perfect tense diatas, mari kita coba untuk mengerjakan soal soal berikut ini ya.

Contoh soal Latihan

Isilah bagian yang rumpang dengan menggunakan bentuk simple past / past perfect dari kata kerja yang berada di dalam kurung!

  1. I __________ (know) about the accident even before you __________ (tell) me yesterday
  2. When I __________(arrive) home, the show __________(already start), I missed around 10 minutes
  3. He __________(go) to the restaurant after he __________(book) the seat
  4. __________(you buy) the present before you __________(come) to her house?
  5. I __________(bring) the cake, but she __________(ask) me to buy another one after that
  6. My mother __________(work) in Japan for 9 years before she __________(move) to Korea
  7. The participants __________(realize) the situation prior to the late notification
  8. I __________(have breakfast) before you __________(pick) me up
  9. The thief __________(steal) several antiques before the policeman __________(arrive)
  10. I would have arrived early if you __________(inform) me about the concert!

Kunci jawaban

  1. Had known / told
  2. Arrived / had already started
  3. Went / had booked
  4. Had you bought / came
  5. Had brought / asked
  6. Had worked / before
  7. Had realized
  8. Had had breakfast / picked me up
  9. Had stolen / arrived
  10. Had informed

Pertanyaan Umum

Apa sih yang dimaksud dengan past perfect tense?

Past perfect tense adalah salah satu jenis tense yang terjadi di masa lampau, namun ini berbeda periode waktu dengan simple past tense. 

Apa saja formula past perfect tense?

Positif : Subject + had + past participle (V3) + …
Negatif : Subject + had not + past participle (V3) + …
Pertanyaan : Had + subject + past participle (V3) + …?

Daftar Pustaka

  • Azar, B.S. (1999). Understanding and Using English Grammar. New York: Pearson Education
  • Djuharie, Otong Setiawan. (2014). 1700 Bimbingan Pemantapan bahasa Inggris untuk SMP/MTs. Bandung: Penerbit Yrama Widya
  • Eastwood, J. (2012). Oxford Learner’s Pocket: Grammar. Oxford: Oxford University Press
  • Perfect English Grammar. Using the Past Perfect. https://www.perfect-english-grammar.com/past-perfect-use.html (online)

Baca juga:

Loading...
Loading...