Home / Ekonomi / perdagangan internasional

Perdagangan Internasional

  • 6 min read

perdagangan internasional

Pengertian Perdagangan Internasional

Berdasarkan illutrasi yang di atas, pengertian sederhananya mengenai perdagangan internasional dapat dilakukan oleh negara A sebagai penjual dan negara B sebagai pembeli yang sedang melakukan kegiatan ekspor (dari dalam ke luar negeri) maupun impor (dari dalam ke luar negeri) terhadap barang atau jasa yang di perjualbelikan atas dasar kesempatan bersama.

Adanya faktor pendorong dan faktor penghambat terjadinya suatu negara dalam melakukan kerja sama perdagangan internasional dengan negara lain.

Ada beberapa faktor mengapa terjadi perdagangan internasional:

Kelangkaan

Perdagangan internasional terjadi karena negara A memiliki sumber daya alam maupun hasil pengolahan yang terbatas dan negara B juga demikian. Sehingga negara A dan negara B melakukan kerja sama dalam perdagangan internasional dengan tujuan untuk saling melengkapi kebutuhan masing-masing negara tersebut.

kelangkaan barang faktor terjadinya perdagangan internasional

kelangkaan barang faktor terjadinya perdagangan internasional

Faktor dan Kemampuan Produksi

Negara A dan negara B memiliki 2 kesamaan yaitu sumber daya alam dan harga produk atau jasa yang di hasilkan oleh kedua negara tersebut juga sama. Namun negara B memiliki hasil pengelolahan sumber daya alam dan kualitas produk atau jasa yang di hasilkan lebih baik di bandingkan dengan negara A.

Hal ini di sebabkan adanya perbedaan keterampilan tenaga kerja dan besar modal yang mempengaruhi biaya produksi barang atau jasa yang di hasilkan. Negara A mengeluarkan biaya produksi barang atau jasa yang di hasilkan di dalam negeri lebih mahal di bandingkan biaya produksi barang atau jasa yang di dapatkan dari negara B lebih murah. Sehingga negara A dan negara B melakukan kerja sama perdagangan internasional dengan tujuan untuk menghemat biaya produksi, menyediakan pasar (konsumen) yang maksimal dan efesien dalam mengelolah sumber daya alam agar memperoleh keuntungan yang maksimal.

Teknologi

Negara A dapat menghasilkan produk atau jasa tersebut akan tetapi dengan adanya keterbatasan teknologi yang di miliki oleh negara A tersebut. Sehingga waktu memproses produk atau jasa yang lebih lama. Maka negara A melakukan mengimpor barang atau jasa dari negara B dengan tujuan untuk memenuhi permintaan konsumen .

teknologi

teknologi

Faktor Penghambat Perdagangan Internasional

  1. Mata uang asing
  2. Keadaan suatu negara yang tidak aman
  3. Sumber Daya Manusia dan Kualitas barang yang rendah

Manfaat Perdagangan Internasional

  1. Memperoleh devisa atau mata uang asing yang dapat di gunakan untuk membeli barang atau jasa dan faktor produksi dari negara lain
  2. Memperoleh kesempatan kerja yang luas di karena adanya target perdagangan internasional yang harus di penuhi oleh perusahaan.
  3. Menstabilkan harga–harga jika harga suatu jenis barang/jasa dalam negeri mahal yang disebakan banyaknya permintaan konsumen akan tetapi keterbatasan jumlah terhadap barang atau jasa yang di hasilkan. Dengan adanya impor, harga barang/jasa tersebut menjadi stabil dan permintaan pun dapat terpenuhi.
  4. Meningkatkan kualitas konsumsi jika kualitas produk yang di hasilkan di dalam negeri terlalu rendah sehingga suatu negara melalukan kegiatan perdagangan internasional agar meningkatkan industri dalam negeri agar dapat mampu bersaing di pasar internasional.
  5. Teknologi

Teori Perdagangan Internasional

Teori Keunggulan Multak

Adam smith mengemukakan teori keunggulan multak dalam perdagangan internasional berdasarkan pembagian kerja (division of labor) yaitu menciptakan efisien terhadap sejenis produk atau jasa sama. Suatu negara mempunyai keunggulan dalam menghasilkan produk barang/jasa yang tidak di miliki oleh negara lainnya dengan tujuan untuk bisa saling melengkapi kebutuhan masing negara-negara tersebut. Contoh hasil produksi produk beras dan tekstil yang di lakukan oleh negara A dan negara B.

NegaraHasil/Jenis Barang
BerasTekstil
Negara A

Negara B

80

20

10

40

Berdasarkan pada table yang di atas, negara A mempunyai keunggulan menghasilkan produksi produk televisi lebih baik di bandingkan dengan negara B. Sebaliknya negara B mempunyai keunggulan menghasilkan produksi produk kain lebik baik di bandingkan dengan negara A. Sehingga kedua negara melakukan kerja sama perdagangan untuk memenuhi kebutuhan kedua negara tersebut.

Teori Keunggulan Multak

Teori Keunggulan Multak

Teori Keunggulan Komparatif

David ricardo mengemukakan teori keunggulan komparatif dalam perdagangan produk yaitu keunggulan yang di peroleh suatu negara karena dapat memproduksi barang atau jasa dengan biaya yang relatif lebih murah di bandingkan negara lainnya. Contoh hasil produksi produk anggur dan kain oleh negara A dan negara B.

NegaraHasil/Jenis BarangDasar Tukar

Dalam Negeri

Anggur

( Hari/Kg)

Kain

(Meter/Hari)

Negara A

Negara B

2

6

4

5

1 ml wol = 2 m katun

1 ml wol = 0.8 m katun

Berdasarkan pada table yang di atas, negara B tidak mempunyai keunggulan multak terhadap produk apapun, tetapi tetap memiliki keuntungan komparatif dalam menghasilkan kain. Sehingga kedua negara melakukan kerja sama perdagangan untuk memenuhi kebutuhan kedua negara tersebut.

Teori Keunggulan Komparatif

Teori Keunggulan Komparatif

Kebijakan Perdaganan Internasional

ImporEkspor
TarifSuatu negara akan di kenakan biaya pajak terhadap barang/jasa yang masuk ke dalam negeri.

Kouta

Suatu negara akan membatasi jumlah barang/jasa yang masuk ke dalam negeri.

Subsidi

Kebijakan pemerintah dalam memberikan bantuan kepada produsen dalam negeri sehingga dapat meningkatkan produknya dan dapat bersaing di pasar internasional.

Larangan Impor

Diskriminasi Harga

Menentapkan harga barang/jasa yang berbeda untuk suatu negara dengan negara lainnya.

Pemberian Subsidi (Premi)

Mendapatkan bantuan biaya produksi/membebaskan pajak agar barang ekspor menmiliki daya saing di luar negeri.

Dumping

Kebijakkan pemerintah dalam menetapkan harga jual di luar negeri lebih rendah dari harga normal.

Politik Dagang Bebas

Kebijakkan pemerintah dalam memberikan kebebasan kegiatan impor maupun ekspor.

Larangan Ekspor

Contoh Soal Latihan

1. Dalam kebijakakn ini, pemerintah menciptakan jumlah maksimun barang yang dapat di impor dan kebijakan seperti ini memberikan proteksi kepada industri dalam negeri. Dalam pertanyaan tersebut, proteksi yang di berikan dalam bentuk……..

A. Subsidi
B. Tarif
C. Larangan Impor
D. Kouta

Jawaban D

2. Berikut manfaat dari adanya perdagangan internasional, Kecuali………

A. Teknologi
B. Kesempatan kerja
C. Memperoleh devisa
D. Perbedaan keahilan

Jawaban D

3. Berikut merupakan perdagangan internasional dalam negeri dan luar negeri, di antarnya……..

A. Keadaan negara yang tidak aman
B. Luas Wilayah
C. Kebijakan ekonomi setiap negara
D. Kurs mata uang yang tidak stabil

Jawaban B

Daftar Pustaka

  • Ahman, Eeng dan Epi Indriani 2007: “Ekonomi & Akuntasi Membina Kompetensi Ekonomi” Jakarta Penerbit PT Grasindo Media Pratama.
  • Alam,S. 2017:”Ekonomi untuk SMA/MA Kelas XI 2” Jakarta: PT Penerbit Erlangga Mahameru.
  • Mardiah, Ima Rahma. 2008 “Persiapan Ujian Nasional Ekonomi Untuk SMA/MA” Jakarta : PT Grasindo Media Pratama
  • Widjajanta, Bambang dkk. 2007 “ Ekonomi & Akuntasi : Mengasah Kemampuan Ekonomi ” Jakarta : Penerbit PT Grasindo Media Pratama.

Penulis : Bagus Aryo Anggoro Mahasiswa Universitas Matana

Baca juga: