Home / Kimia / perubahan kimia

Perubahan Kimia

  • 7 min read

Penulis : Hilda Rizky Akmalia – Scientific Paper Preceptor

perubahan kimia

Alam dan segala isinya adalah materi yang senantiasa mengalami perubahan namun hal itu seringkali tidak kita sadari. Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.

Materi senantiasa mengalami perubahan, baik perubahan wujud maupun perubahan dari satu materi menjadi materi lainnya. Contoh sederhananya adalah saat kita membakar kertas yang kemudian berubah menjadi abu, atau ketika kita memanaskan gula yang kemudian berubah menjadi caramel.

Perubahan materi Fisika dan Kimia

Perubahan yang terjadi pada materi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia. Berikut akan dijelaskan masing-masing perubahan tersebut. Namun, pada pembahasan ini kita akan lebih fokus pada perubahan kimia.

Perubahan Fisika

Perubahan fisika adalah perubahan yang hanya menghasilkan perubahan tampilan tanpa mengubah komposisi materi atau menghasilkan materi baru. Perubahan fisika mudah kembali ke keadaan semula.

Beberapa contoh perubahan fisika meliputi perubahan tekstur, perubahan warna, perubahan bentuk, dan perubahan wujud. Perubahan wujud materi dapat terjadi karena adanya perubahan energi yang terkandung di dalam materi yang diakibatkan oleh perubahan suhu.

Perubahan energi tersebut akan memengaruhi kekuatan gaya tarik partikel penyusun materi. Semakin besar gaya antarpartikel, semakin dekat jarak antarpartikel, begitupun sebaliknya. Berikut diagram perubahan wujud materi:

Perubahan energi

Perubahan Kimia

Perubahan kimia adalah proses dimana satu atau lebih zat diubah menjadi satu atau lebih zat baru yang berbeda, atau secara sederhana perubahan kimia diartikan sebagai perubahan yang menghailkan materi/zat baru. Berbeda dengan perubahan fisika, perubahan kimia sulit untuk kembali ke keadaan semula.

Perubahan kimia terjadi melalui suatu reaksi yang disebut reaksi kimia. Terjadinya perubahan kimia dapat diketahui dari beberapa hal berikut:

  • Perubahan suhu: Karena ada perubahan energi dalam reaksi kimia, sehingga selalu terjadi perubahan suhu yang dapat diukur.
  • Cahaya: Beberapa reaksi kimia menghasilkan cahaya, seperti nyala kembang api yang dihasilkan dari reaksi pembakaran berbagai senyawa logam seperti senyawa NaCl (Natrium Klorida) dan BaCl2 (Barium Klorida).
  • Gelembung: Beberapa reaksi kimia menghasilkan gas yang dapat dilihat dari terbentuknya gelembung dalam larutan.
  • Terbentuknya endapan: Beberapa reaksi kimia menghasilkan partikel padat yang dapat membentuk endapan atau suspensi.
  • Perubahan warna: Ketika suatu reaksi kimia terjadi, ia akan menghasilkan suatu zat baru yang terkadang memiliki struktur molekul berbeda dari zat asalnya. Zat baru tersebut menyerap dan memancarkan cahaya dengan cara yang berbeda dari zat asal. Sehingga, warna yang tampak pun berbeda dari zat asal.
  • Perubahan bau: Beberapa reaksi kimia menghasilkan zat yang mudah menguap dengan karakteristik bau tertentu.

Beberapa perubahan kimia mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda yang mudah diamati dalam waktu yang singkat, sebagai contoh perkaratan besi. Meskipun besi yang berkarat mengalami perubahan warna dan membentuk zat baru yang disebut rust, namun perubahan tersebut membutuhkan waktu yang relatif lama.

Jenis dan Contoh Perubahan Kimia

Ilmuwan mengkategorikan perubahan kimia perubahan kimia menjadi tiga jenis, yaitu: perubahan kimia anorganik, perubahan kimia organik, dan perubahan biokimia.

Perubahan kimia anorganik

Perubahan kimia anorganik adalah reaksi kimia yang tidak melibatkan senyawa karbon. Contoh dari perubahan kimia anorganik dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

Perkaratan: Besi dapat mengalami korosi setelah beberapa waktu, ditandai dengan munculnya lapisan cokelat kemerahan pada permukaan besi. Reaksi yang menyebabkan besi berkarat disebut reaksi redoks. Persamaan reaksi untuk perkaratan besi adalah sebagai berikut:

Fe + O2 + H2O → Fe2O3. XH2O

Perubahan energi pada baterai : Baterai mengunakan reaksi redoks (elektrokimia) untuk mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Baterai banyak digunakan pada peralatan elektronuk di kehidupan sehar-hari seperti telepon seluler, laptop, jam, dan kalkulator.

Perubahan kimia organik

Perubahan kimia organic merupakan perubahan kimia yang melibatkan senyawa organik (senyawa yang mengandung karbon dan hidrogen). Berikut contoh dari perubahan kimia organik dalam kehidupan sehari-hari:

Perubahan pada makanan saat dimasak

Memasak menggunakan panas untuk menyebabkan perubahan kimia pada makanan. Contohnya yang sangat umum ialah karamelisasi gula.

Ketika gula dipanaskan dan berubah menjadi karamel, sebenarnya telah terjadi reaksi oksidasi pada gula tersebut. Karamelisasi tidak hanya terjadi pada gula, namun juga digunakan secara luas dalam memasak sehingga dihasilkan rasa yang khas dan warna kecoklatan.

Reaksi karamelisasi melibatkan penghilangan molekul gula di dalam bahan makanan dan penguraian gula yang merupakan senyawa organik.

Reaksi karamelisasi
Reaksi karamelisasi

Pembakaran kayu

Kayu merupakan salah satu contoh materi organik yang secara umum memiliki rumus CxHy (hidrokarbon). Pada proses pembakaran kayu terjadi reaksi antara kayu dengan O2 (oksigen) menghasilkan karbondioksida (CO2) dan uap air (H2O) jika reaksi yang terjadi sempurna.

Namun, jika reaksi berlangsung tidak sempurna, maka akan meninggalkan zat sisa berupa arang. Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut:

CxHy + nO2 → nH2O + CO2

Perubahan dalam biokimia

Fotosintesis

Fotosintesis merupakan contoh perubahan kimia yang sangat penting bagi kehidupan. Tumbuhan membutuhkan makanan untuk tumbuh dan bereproduksi.

Tidak seperti hewan, tumbuhan dapat membuat makanan mereka sendiri dengan proses fotosintesis. Fotosintesis adalah reaksi kimia yang terjadi di dalam tumbuhan, menghasilkan makanan (glukosa) agar tumbuhan dapat bertahan hidup.

Selain itu, fotosintesis juga menghasilkan oksigen yang sangat penting bagi manusia dan hewan untuk bernafas. Agar fotosintesis terjadi, tanaman perlu mengambil karbon dioksida (dari udara), air (dari tanah) dan cahaya (dari matahari). Berikut reaksi terjadinya fotosintesis:

reaksi terjadinya fotosintesis

Metabolisme makanan di dalam tubuh

Ribuan reaksi kimia terjadi pada metabolisme makanan. Setelah makanan masuk ke dalam mulut, reaksi kimia pertama yang terjadi ialah reaksi pemecahan gula dan karbohidrat menjadi molekul yang lebih sederhana agar mudah diserap oleh tubuh dengan bantuan enzim amilase yang terkandung dalam air liur.

Saat makanan mulai masuk ke dalam perut, asam klorida akan bereaksi dengan makanan untuk memecahnya lebih lanjut, sementara enzim membelah protein dan lemak sehingga mereka dapat diserap ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Begitupun seterusnya hingga sisa makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh dibuang melalui anus.

Contoh Soal Latihan

  1. Berikut yang bukan merupakan gejala perubahan dan reaksi kimia pada materi adalah….

a.Pembentukan gas

b.Perubahan wujud

c.Pembentukan endapan

d.Perubahan suhu

e.Perubahan warna

2. Perhatikan perubahan materi berikut.

  1. Kamper menyumblim
  2. Garam larut dalam air
  3. Sumbu lilin terbakar
  4. Lilin memendek saat terbakar
  5. Besi berkarat
  6. Daging membusuk

Perubahan yang termasuk perubahan kimia ditunjukkan oleh nomor….

  1. (1), (3), (4), dan (6)
  2. (1), (3), (5), dan (6)
  3. (2), (3), (4), dan (5)
  4. (2), (3), (5), dan (6)
  5. (3), (4), (5), dan (6)

3. Perhatikan perubahan materi berikut.

  1. Kertas yang terbakar
  2. Es yang mencair
  3. Lilin yang menyala
  4. Melarutnya gula dalam air
  5. Iod yang menyublim
  6. Warna pakaian memudar

Perubahan yang tidak menghasilkan zat baru ditunjukkan oleh nomor….

  1. (1), (2), dan (4)
  2. (1), (3), dan (6)
  3. (2), (4), dan (5)
  4. (2), (5), dan (6)
  5. (3), (4), dan (5)

Daftar Pustaka

  • Johari, J.M.C., & Rachmawati, M. 2017. ESPS Kimia SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
  • Thoughtco. 2020. Example of Chemical Reactions in Everyday Life. Diakses 11 April 2020, (https://www.thoughtco.com/examples-of-chemical-reactions-in-everyday-life-604049)
  • Thoughtco. 2020. Definition of Chemical Reaction. Diakses 11 April 2020, (https://www.thoughtco.com/definition-of-chemical-change-604902)
  • Sciencing. 2020. Chemical Reactions that Cause Color Change. Diakses 12 April 2020, (https://sciencing.com/chemical-reactions-cause-color-change-7501675.html)
  • Sciencing. 2020. Simple Chemical Reactions of Fireworks. Diakses 12 April 2020, (https://sciencing.com/simple-chemical-reactions-fireworks-7502150.html)
  • Science of Cooking. 2020. Caramelization. Diakses 12 April 2020, (https://www.scienceofcooking.com/caramelization.html)

Baca juga: