Home / B. Inggris / present continuous tense

Present Continuous Tense

  • 9 min read
Loading...

Penulis : Dinny Raudhatun Nurris – Toastmasters International Member

Pengertian Present Continuous Tense

Present Continuous Tense – Bahasa Inggris memiliki 16 tenses dengan spesifikasi periode waktu dan formula kalimat yang berbeda. Jika sebelumnya kita sudah belajar tentang Simple Present Tense, kini kita akan mempelajari jenis tense yang berbeda, yaitu Present Continuous Tense.

Apa sih yang dimaksud dengan Present Continuous Tense? Apakah bentuk kalimatnya serupa dengan Simple Present Tense

Meskipun present continuous tense masih tergolong ke dalam kelompok “present”, fungsi dan formula kalimatnya tentu berbeda dengan Simple Present Tense. Untuk penjelasan lebih lanjut, yuk simak penjelasan berikut bersama-sama!

Tanda waktu

Memainkan peran yang penting untuk menentukan jenis tenses yang akan kita gunakan dalam sebuah kalimat. Tanda waktu berfungsi untuk melengkapi konteks suatu kegiatan yang dilakukan dalam periode tertentu. 

baca juga :

Namun, satu tanda waktu ternyata dapat digunakan pada tenses yang berbeda. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan penekanan pada kegiatan yang dilakukan oleh subjek dalam periode waktu yang

Loading...
ditentukan.

Oleh karena itu, tanda waktu penting untuk dipahami agar kita tidak salah menggambarkan konteks waktu pada kegiatan yang dilakukan oleh kita. Berikut ini adalah beberapa keterangan waktu yang biasa digunakan dalam kalimat Present Continuous Tense.

Now (sekarang)Constantly (selalu)
Right now (sekarang)This year / this … (tahun ini / … ini)
At present (sekarang)Tonight (malam ini)
At the moment (sekarang  saat ini)Tomorrow (besok)
These days (beberapa hari terakhir)At the weekend (di akhir pekan)
Forever (selamanya)At six (pada pukul enam)
Always (selalu)At … (pada …)

Rumus Present Continuous Tense

Tidak seperti formula kalimat pada simple tenses yang dibagi menjadi dua jenis kalimat. Pada present continuous tense, kita hanya memiliki satu macam formula kalimat. Perhatikan contoh kalimat di bawah ini ya!

“Sue is teaching in class 9B.”

Jika kalian perhatikan kalimat di atas, kalimat tersebut meletakkan auxiliary to be berdampingan dengan V-ing. Maka, dapat disimpulkan bahwa formula kalimat present continuous tense adalah sebagai berikut:

Subject + to be (is / am / are) + V-ing + …

Perlu diingat kembali bahwa auxiliary to be dalam bentuk present akan berubah menyesuaikan subjeknya. Perhatikan tabel berikut ini untuk mengetahui pasangan subjek dengan auxiliary to be present dengan tepat.

SubjectAux. “to be” present
Iam
Youare
They
We
Heis
She
It

Untuk lebih lengkapnya, perhatikan tabel berikut ini untuk mengetahui bagaimana kalimat present continuous tense diformulasikan ke dalam kalimat positif, negatif, dan pertanyaan.

Affirmative (positif)
Subject + is / am / are + V-ing + …
1. I am trying to solve math problems together.
2. We are watching a movie in the cinema.
Negative (negatif) 
Subject + isn’t / am not / aren’t + V-ing + …
1. I am not trying to solve math problems.
2. We aren’t watching a movie at the cinema.
Interrogative (pertanyaan)
Is / Am / Are + subject + V-ing + … ?
1. Are you trying to solve math problems together?
2. Are you watching a movie at the cinema?

Fungsi Present Continuous Tense

Present continuous tense umumnya digunakan untuk periode waktu sekarang, namun jenis tense ini memiliki kegunaan khusus selain untuk menyatakan kegiatan di waktu sekarang. Berikut adalah macam-macam fungsi dari present continuous tense.

Kegiatan yang sedang berlangsung atau belum selesai di masa sekarang

Ilustrasi Kegiatan yang sedang berlangsung atau belum selesai di masa sekarang
Present Continuous Tense – Ilustrasi Kegiatan yang sedang berlangsung atau belum selesai di masa sekarang

Pada fungsi pertama ini, present continuous tense digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang “sedang” berlangsung pada masa sekarang. Dengan kata lain, kegiatan yang dimaksud belum selesai dilakukan pada saat penutur menyatakannya. 

Untuk lebih mudahnya, present continuous tense bisa kalian gunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang sedang kalian lakukan detik ini atau saat kalian sedang mengucapkannya. Untuk pemahaman lebih lanjut, mari perhatikan contoh kalimat berikut ini.

  • Jane is cooking right now. (=Jane sedang memasak saat ini.)
  • I am studying English at present. (=Saya sedang belajar bahasa Inggris sekarang.)
  • They are playing football at the moment. (=Mereka sedang bermain sepak bola sekarang.)

Kegiatan sementara yang sedang berlangsung dalam periode waktu yang lama

Ilustrasi Kegiatan sementara yang sedang berlangsung dalam periode waktu yang lama
Present Continuous Tense – Ilustrasi Kegiatan sementara yang sedang berlangsung dalam periode waktu yang lama

Present continuous tense tidak hanya digunakan untuk kegiatan yang sedang berlangsung detik itu juga, namun dapat juga digunakan untuk suatu kegiatan sementara yang saat ini sedang kalian lakukan dalam periode waktu yang cukup lama. Contohnya adalah bersekolah, melakukan penelitian, atau kebiasaan yang baru muncul atau tidak bersifat permanen. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh kalimat di bawah ini ya.

  • Della is taking a part-time job to pay her college fee. (=Della sedang bekerja paruh waktu untuk membayar biaya kuliahnya.)
  • Aunty Donna is staying with us until she finds a new house. (=Tante Donna tinggal bersama kita hingga ia mendapatkan rumah baru.)
  • Is Josh teaching at school at the moment? What is the name of the school? (=Apakah Josh mengajar di sekolah saat ini? Apa nama sekolahnya?)

Kejengkelan terhadap kebiasaan buruk

Ilustrasi Kejengkelan terhadap kebiasaan buruk
Present Continuous Tense – Ilustrasi Kejengkelan terhadap kebiasaan buruk

Pada fungsi ketiga ini, present continuous tense digunakan untuk menunjukkan kejengkelan atau kekesalan terhadap suatu kebiasaan baru atau sementara yang dilakukan oleh subjek. Sekilas fungsinya mirip dengan Simple Present Tense, namun konteks yang dibawakan bersifat negatif. 

Tanda waktu yang sesuai dengan fungsi ketiga ini adalah “always”, “forever”, atau “constantly” yang mana tanda waktu ini akan diletakkan di antara auxiliary to be dan V-ing. Berikut adalah contoh kalimat yang menggambarkan kejengkelan penutur terhadap kebiasaan subjek.

Loading...
  • I don’t like to be around him. He is constantly smoking too much. (=Aku tidak suka bersamanya. Dia sering sekali merokok.)
  • You’re forever losing your things! Why are you so reckless? (=Kamu selalu menghilangkan barang-barangmu! Mengapa kamu sangat ceroboh?)
  • I can’t stand living with them. They are always talking loudly. (=Aku tidak tahan tinggal bersama mereka. Mereka selalu berbicara sangat keras.)

Rencana kegiatan dalam waktu yang dekat

Loading...
Ilustrasi Rencana kegiatan dalam waktu yang dekat
Present Continuous Tense – Ilustrasi Rencana kegiatan dalam waktu yang dekat

Fungsi keempat ini merupakan fungsi spesial dari penggunaan present continuous tense.  Penggunaannya serupa dengan Simple Future Tense

Oleh karena itu, present continuous tense pun dapat menjadi bentuk alternatif untuk menyatakan sebuah rencana kegiatan yang akan kita lakukan dalam waktu dekat. Tanda waktu yang akan digunakan pun juga sama dengan tanda waktu yang digunakan pada Simple Future Tense. Perhatikan contoh kalimat dibawah ini ya.

  • They are going on vacation at the weekend. (=Mereka akan pergi berlibur di akhir pekan.)
  • I’m going shopping with my mother tomorrow. (=Aku akan pergi berbelanja dengan ibuku besok.)
  • Are you coming to our meeting tonight? (=Apakah kamu akan datang ke pertemuan kami malam ini?)

Stative Verbs

Tidak semua kata kerja berupa aktivitas atau kegiatan. Beberapa kata kerja bahasa Inggris menggambarkan suatu kondisi atau situasi yang dialami oleh subjek. 

Kata kerja jenis ini biasa disebut stative verbs. Stative verbs biasanya tidak memiliki bentuk V-ing

Namun, ada beberapa kata yang tergolong stative verbs memiliki bentuk V-ing dengan konteks yang berbeda. Hal ini dikarenakan kata kerja tersebut memiliki makna yang berbeda sesuai dengan konteksnya. Sehingga kata kerja yang menggambarkan sebuah aktivitas bisa menggunakan bentuk V-ing meskipun kata tersebut termasuk ke dalam stative verbs

Tabel berikut ini adalah daftar stative verbs.

Mental state
(pikiran)
know
realize
understand
recognize
believe
feel
suppose
think*
imagine*
doubt*
remember*
forget*
want*
need
desire
mean*
Emotional state
(perasaan)
love
like
appreciate
please
prefer
hate
dislike
fear
envy
mind
care
astonish
amaze
surprise
Possessions
(kepemilikan)
possesshave*ownbelong
Sense perceptions
(panca indera)
taste*
smell*
hear
feel*
see* 
Other states
(lainnya)
seem
look*
appear*
sound
resemble
look like
cost*
owe
weigh*
equal
be*
exist
matter
consist of
contain
include*

Catatan: kata kerja dengan tanda (*) adalah kata kerja yang memiliki 2 konteks, sebagai stative verbs atau V-ing.

Sekarang, perhatikan kedua kalimat di bawah ini!

  • She looks pale.
  • I am looking at the cool guy on the corner.

Kalimat pertama menggunakan stative verb sedangkan kalimat kedua menggunakan V-ing. Jika kita tinjau dari konteks, keduanya memiliki makna yang berbeda. 

Kalimat pertama memiliki makna “Ia nampak pucat”. Sedangkan kalimat kedua memilki makna “Saya sedang melihat lelaki keren yang berada di pojokan itu”. 

Setelah memahami maknanya, dapat kita simpulkan bahwa kalimat pertama bertujuan menunjukkan kondisi yang dialami oleh subjek, bukan kegiatan “melihat”. Namun, kalimat kedua ditulis dengan tujuan untuk menunjukkan kegiatan “melihat” yang sedang dilakukan oleh subjek. 

Demikian penjabaran topik present continuous tensesemoga bermanfaat ya! Bagaimana? Apakah kalian sudah memahami topik ini dengan baik? 

Meskipun begitu banyak fungsi maupun catatan untuk dipahami, apabila kalian mempelajarinya dengan contoh kalimat secara langsung dan juga belajar mempraktikannya, pemahaman kalian terhadap present continuous tenseakan lebih baik lagi! Oleh karena itu, untuk mengasah pemahaman kalian tentang present continuous tense, cobalah untuk mengerjakan latihan-latihan berikut ini. Selamat mencoba!

Contoh Soal Latihan

Isilah bagian yang rumpang pada cerita dibawah dengan menggunakan simple present / present continuous!

I (1)_______ a dog, his name is Garry. Garry is a very cute dog. His hobby (2)_______. Every morning we (3)_______ together in the park near our house. Garry is also very active and smart, he behaves well even though he can be scary at times.

Now it’s 10 A.M. and Garry (4)_______, I think he is  (5)_______, When Garry (6)_______ I usually clean the house, Garry is a fluffy dog so his fur usually falls out and spreads around the house. 

When Garry was small we put him inside a cage. But now we (7)_______ him sleep anywhere because we realize that Garry is not our pet, but also our family. That’s why everyone in our family takes care of him well.

(8)_______ a doctor this afternoon to check Garry’s health. I hope that nothing is wrong because one of his bad habits (9)_______ things in his mouth even though it’s dirty. I (10)_______ a part time job as a cashier this summer so I don’t have any problem with money, get well soon Garry!

sickingsleepsam takingis runninglethavevisits
runis puttingare visitingis still sleepingis putsickare letting

Kunci Jawaban

  1. Have
  2. Is running
  3. Run
  4. Is still sleeping
  5. Sick
  6. Sleeps
  7. Let
  8. Are visiting
  9. Is putting
  10. Am taking

Pertanyaan Umum

Apa sih formula present continuous tense?

positif : Subject + is / am / are + V-ing + …
negatif : Subject + isn’t / am not / aren’t + V-ing + …
pertanyaan : Is / Am / Are + subject + V-ing + … ?

Tanda waktu yang biasa digunakan oleh present continuous tense?

Now, right now, at the moment, always dll

Daftar Pustaka

  • Azar, B.S. (1999). Understanding and Using English Grammar. New York: Pearson Education
  • Djuharie, Otong Setiawan. (2014). 1700 Bimbingan Pemantapan bahasa Inggris untuk SMP/MTs. Bandung: Penerbit Yrama Widya
  • Eastwood, J. (2012). Oxford Learner’s Pocket: Grammar. Oxford: Oxford University Press
  • Perfect English Grammar. Present Continuous Use. https://www.perfect-english-grammar.com/present-continuous-use.html (online)

Baca juga:

Loading...
Loading...