Home / Questions / apa kegunaan gaya tarik magnet dalam kehidupan sehari hari

apa kegunaan gaya tarik magnet dalam kehidupan sehari hari

QuestionCategory: Fisikaapa kegunaan gaya tarik magnet dalam kehidupan sehari hari
Edna Pencawan asked 4 weeks ago

apa saja kegunaan dari gaya tarik magnet dalam kehidupan sehari-hari? makasih ya teman teman tolong dibantu

2 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 4 weeks ago

Gaya magnet memiliki kegunaan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya:
1.Kompas. Kompas merupakan alat yang digunakan untuk menemukan arah. Kompas memiliki jarum magnet yang dipasang pada pivot atau pin pendek. Jarum dapat berputar bebas, dan selalu menunjuk ke utara.

  1. MRI. Magnetic resonance imaging (MRI) adalah salah satu teknik pencitraan medis yang paling umum digunakan di banyak pusat diagnostik di seluruh dunia. Pemindai MRI ini menggunakan medan magnet yang kuat, gradien medan magnet, dan gelombang radio untuk menghasilkan gambar organ dalam tubuh.
  2. Motor listrik. Motor listrik mengubah energi listrik menjadi mekanik. Motor listrik menghasilkan medan magnet dengan arus listrik melalui koil. Medan magnet kemudian menyebabkan gaya magnet yang menyebabkan gerakan atau putaran yang menjalankan motor.
  3. Speaker. Untuk mengubah sinyal listrik menjadi suara yang dapat didengar, speaker mengandung elektromagnet (kumparan logam yang menciptakan medan magnet ketika arus listrik mengalir melewatinya).

Silakan untuk membaca artikel yang terkait dengan pertanyaan kamu:

Melati Erlin Wibowo answered 3 weeks ago

Gaya tarik magnet disebabkan adanya medan magnet sehingga benda magnetik yang berada di sekitar medan magnetik akan mengalami tarikan dan tolakan. Benda magnetik memiliki kutub magnet yaitu utara dan selatan. Jika kutubnya yang berada pada medan magnet berlawanan dengan kutub magnetnya maka kan terjadi tarikan.

Tetapi, jika berkutub sama maka akan terjadi penolakan. Magnet ada yang terbuat dengan cara digosok, diinduksi dengan benda magnetik dan juga melalui elektromagnetik.

Agar mudah dalam pemahaman, contohnya dapat diterapkan pada elektromagnetik dimana ini merupakan pembuatan magnet menggunakan aliran listrik. Adanya aliran listrik menimbulkan medan magnet di sekitar aliran listrik tersebut.

Jika listrik dihilangkan, maka medan magnet atau gaya tarik menarik akan hilang dan sebaliknya. Contohnya pada tempat pengepulan mobil rongsok dengan menggunakan pengangkat mobil rongsokan, bel listrik, relay, metal detektor. Selain itu, kompas juga bekerja berdasarkan gaya tarik menarik magnet.