Home / Questions / Apa pengaruh isolasi geografi dalam perubahan evolusi?

Apa pengaruh isolasi geografi dalam perubahan evolusi?

QuestionCategory: BiologiApa pengaruh isolasi geografi dalam perubahan evolusi?
Mala Winarsih asked 2 weeks ago

Banyak penyebab terjadinya evolusi. Salah satunya melalui isolasi geografi. Bagaimana isolasi geografi dapat menyebabkan evolusi ?

1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 2 weeks ago

Isolasi geografi merupakan suatu batas atau penghalang alam. Suatu populasi yang mendiami suatu tempat memiliki gene pool yang berbeda dengan populasi lain di tempat lain.

Namun, suatu populasi yang awalnya memiliki gene pool yang sama dapat menjadi populasi dengan gene pool yang berbeda jika dipisahkan secara geografis.

Suatu populasi yang terpisah dapat mengakibatkan penyebaran spesies sehingga tidak memungkinkan terjadinya pertukaran gen. Kondisi ini mengakibatkan proses evolusi di dalam populasi tersebut berjalannya terpisah. Semakin lama, kedua populasi yang terpisah akan semakin menunjukkan perbedaannya karean masing-masing menjalani proses evolusi dengan caranya sendiri-sendiri.

Setiap populasi yang terpisah mengalami mutasi berbeda. Seleksi alam yang berlangsung di dalamnya pun berbeda. Selain itu, dimungkinkanterjadi pergeseran susunan genetis dalam setiap populasi. Inilah sebabnya isolasi geografik dapat mengakibatkan terjadinya evolusi.