Home / Questions / Apa perbedaan antara gema dan gaung?

Apa perbedaan antara gema dan gaung?

QuestionCategory: FisikaApa perbedaan antara gema dan gaung?
Justus Gaja asked 3 months ago

Apa perbedaan antara gema dan gaung? saya masih bingung apa perbedaannya

Loading...
1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 3 months ago

Gema dan gaung berkaitan dengan gelombang bunyi. Bunyi dengan suara itu adalah dua istilah yang berbeda. Suara sebagai hasil dari gelombang bunyi. Gelombang bunyi timbul karena adanya gangguan mekanik dari kondisi keseimbangan yang merambat melalui medium material elastis.

Gelombang bunyi termasuk kedalam jenis gelombang mekanik dan tidak bisa merambat tanpa melalui medium.

Suara merupakan urutan gelombang bunyi bertekanan yang merambat melalui medium kompressibel (seperti air dan udara). Sedangkan bunyi adalah bentuk gelombangnya dari sumber bunyi sebelum menjadi suara di penerima.

Gelombang bunyi dapat dipantulkan ketika menyentuh suatu bidang permukaan tertentu. Bunyi yang dihasilkan dapat menguat atau bahkan melemah, bergantung pada permukaan bidang pantul bunyi. Semakin kasar permukaan bidang pantul, maka suara yang dihasilkan akan semakin kuat, dan sebaliknya.

Gema dan gaung adalah bagian dari fenomena gelombang bunyi. Gema merupakan suara pantulan yang terdengar setelah suara asli diberikan. Sedangkan gaung merupakan suara pantulan yang terdengar bersamaan dengan suara asli saat diberikan.

Contoh fenomena gema ketika kamu berteriak di tempat yang tinggi, maka kamu akan mendengar suara mu lagi setelah beberapa saat kamu berteriak. Sedangkan untuk fenomena gaung yaitu ketika kamu berteriak di tempat sempit dan kamu akan mendengarkan suara mu menjadi seperti mendengung di bagian tempat lainnya (tak jauh dari posisi mu berada).

Untuk lebih jelasnya mengenai gelombang bunyi, kamu dapat membaca artikel gelombang bunyi.

Loading...