Home / Questions / Apa sih perbedaan dari benda padat, gas, cair, dan plasma???

Apa sih perbedaan dari benda padat, gas, cair, dan plasma???

QuestionCategory: FisikaApa sih perbedaan dari benda padat, gas, cair, dan plasma???
Alexander Bansin asked 4 weeks ago

Hai, apakah yang membedakan antara benda padat, cair, gas dan plasma?

1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 4 weeks ago

Benda padat adalah materi yang memiliki volume dan bentuk yang tetap. Contoh materi yang biasanya dalam bentuk padatan adalah garam dan selulosa yang termasuk padatan kristal. Partikel-partikel padatan kristal disusun dalam pola berulang yang teratur. Contoh lain lilin adalah contoh padatan amorf (“tak berbentuk”). Partikel ini tidak memiliki pola yang pasti. Volume dan bentuk benda padat dapat diubah dengan bantuan dari luar.
 
Benda cair adalah materi yang memiliki volume tetap tetapi berbentuk tidak tetap. Bentuk benda cair sesuai dengan bentuk wadahnya. Dua sifat benda cair yang menarik adalah tegangan permukaan dan viskositas.
 
Benda gas adalah materi yang tidak memiliki volume dan bentuk yang tetap. Bentuk gas menyesuaikan dengan volume dan bentuk wadahnya. Gas menyebar untuk memenuhi semua ruang yang tersedia. Contohnya adalah ketika kita menambahkan udara ke ban sepeda, udara akan menyebar untuk mengisi seluruh ruangan di dalam ban.
 
Plasma adalah keadaan materi yang menyerupai gas tetapi memiliki sifat tertentu yang tidak dimiliki gas. Seperti gas, plasma tidak memiliki volume dan bentuk yang tetap. Namun plasma dapat menghantarkan listrik dan merespons magnet. Itu disebabkan plasma mengandung partikel bermuatan yang disebut ion. Sebagian besar alam semesta terdiri dari plasma.  Contohnya adalah matahari dan bintang-bintang lainnya yang terdiri dari plasma. Plasma juga ditemukan secara alami di petir dan aurora kutub (lampu utara dan selatan). Plasma buatan ditemukan dalam lampu neon, layar TV plasma, dan bola plasma.
Terima kasih semoga jawaban ini dapat membantu kamu