Home / Questions / Apakah itu yang dimaksud dengan elektron, proton dan neutron???

Apakah itu yang dimaksud dengan elektron, proton dan neutron???

QuestionCategory: FisikaApakah itu yang dimaksud dengan elektron, proton dan neutron???
Sutanto Lok asked 4 weeks ago

Hallo kak, apakah bisa dijelaskan apa itu muatan elektron, neutron dan proton?

1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 4 weeks ago

Elektron adalah partikel sub-atom yang stabil dengan muatan listrik negatif. Setiap elektron membawa satu unit muatan negatif (1,602 x 10-19 Coulomb) dan memiliki massa yang sangat kecil dibandingkan dengan neutron atau proton. Massa elektron adalah 9,10938 x 10-31 kg yaitu sekitar 1/1836 massa proton. Simbol umum untuk sebuah elektron adalah e–. Antipartikel elektron, yang membawa muatan listrik positif, disebut positron atau anti-elektron. Elektron dapat ditemukan bebas di alam (elektron bebas) dan terikat di dalam atom. Dalam sebuah atom, elektron mengorbit di sekitar inti atom yang bermuatan positif. Dalam material padatan, elektron dapat mengalirkan arus listrik. Hal ini karena proton terikat di dalam inti, sehingga tidak bergerak bebas seperti elektron.
 
Proton adalah partikel bermuatan positif yang ditemukan di dalam inti atom. Proton memiliki muatan setara dengan muatan elektron, spin ½, dan massa 1.673 x 10^-27 kg. Proton ditemukan oleh Rutherford dalam percobaan dengan tabung sinar katoda yang dilakukan antara tahun 1911 dan 1919. Ukuran proton sekitar 99,86% lebih besar dari ukuran neutron. Jumlah proton dalam atom adalah unik untuk setiap elemen. Sebagai contoh, atom karbon memiliki enam proton, atom hidrogen memiliki satu proton dan atom oksigen memiliki delapan proton. Jumlah proton dalam atom disebut sebagai nomor atom unsur tersebut. Jumlah proton juga menentukan perilaku kimiawi unsur tersebut. Elemen-elemen di dalam tabel periodik unsur-unsur disusun dengan urutan peningkatan nomor atom.
 
Neutron adalah partikel subatomik  yang ditemukan bersama dengan proton di dalam inti sebuah atom. Jumlah neutron menentukan isotop dari suatu atom. Neutron memiliki massa 1.67492749804(95)×10^−27 kg dan muatan 0. Meskipun neutron memiliki muatan listrik netral, neutron terdiri dari komponen bermuatan yang menghapuskan muatan satu sama lain. Setiap neutron merupakan jenis partikel subatomik yang disebut barion yang terdiri dari 1 quark up dan 2 quark down. Keberadaan neutron dikemukakan pertama kali oleh Ernest Rutherford pada tahun 1920. Pada tahun 1932, neutron ditemukan oleh James Chadwick yang membuatnya mendapatkan hadiah Nobel atas penemuannya dalam bidang Fisika pada tahun 1935.