Home / Questions / (ASK) jelaskan contoh akibat penebangan hutan secara liar??

(ASK) jelaskan contoh akibat penebangan hutan secara liar??

QuestionCategory: Geografi(ASK) jelaskan contoh akibat penebangan hutan secara liar??
Widya Dewi Kusumo asked 3 weeks ago

elaskan contoh akibat penebangan hutan secara liar??

1 Answers
Carla Usamah answered 1 week ago

Banyak sekali dampak buruk akibat penebangan hutan secara liar, berikut ini adalah beberapa contohnya:

– Tanah menjadi kering : Dampak awal dari hilangnya banyak pohon dari hutan akibat penebangan liar adalah hilangnya nutrisi di dalam tanah akibat sinar matahari yang langsung menuju tanah yang menyebabkan tanah kering.

– Oksigen akan berkurang : Peran tumbuhan adalah membentuk oksigen yang dibutuhkan manusia untuk bernapas.

– Banjir : Air yang ada di daratan akan berkumpul dan mengalir dengan cepat, fungsi dari tumbuhan terutama pohon adalah menyerap air sehingga tidak menggenang yang menjadi penyebab banjir.

– Longsor : Selain banjir, fungsi paling utama dari tumbuhan adalah merekatkan tanah agar tidak bergerak saat ada tekanan dari air, dengan banyaknya penebangan pohon ini akan membuat air akan membawa tanah yang sering disebut longsor atau banjir bandang.

– Global warming : Semakin sedikit jumlah pohon akan membuat semakin banyak zat karbon, zat karbon yang dihasilkan melalui proses alamiah dan diproduksi oleh manusia tidak sebanding dengan jumlah pohon yang ada di dunia sehingga zat karbon akan menumpuk di udara yang mempercepat pemanasan global.

– Ekosistem rusak : Banyaknya penebangan pohon secara liar juga membuat ekosistem hutan rusak yang berdampak pada banyaknya habitat flora dan fauna akhirnya juga rusak.

Silakan baca juga pertanyaan lain di sini:

Loading...