Home / Questions / Bagaimana cara kelelawar agar dapat berburu mangsa di malam hari?

Bagaimana cara kelelawar agar dapat berburu mangsa di malam hari?

QuestionCategory: FisikaBagaimana cara kelelawar agar dapat berburu mangsa di malam hari?
Melati Erlin Wibowo asked 3 weeks ago

Bagaimana cara kelelawar agar dapat berburu mangsa di malam hari?

1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 3 weeks ago

Kelelawar memiliki kemampuan pendengaran yang sangat tajam dimana hewan ini dapat mendengarkan bunyi ultrasonik.

Gelombang bunyi termasuk kedalam jenis gelombang mekanik karena memerlukan medium dalam perambatannya. Sedangkan suara merupakan hasil pantulan dari gelombang bunyi.

Terdapat tiga jenis gelombang bunyi yaitu bunyi audiosonik, infrasonik, dan ultrasonik. Berikut penjelasannya:

  • Infrasonik, merupakan gelombang bunyi yang memiliki frekuensi kurang dari 20 Hz dan hanya bisa didengar oleh hewan seperti gajah, burung merpati, kuda nil, dsb. Bunyi ini dapat merambat dengan jarak yang sangat jauh dan dapat menembus berbagai hambatan tanpa mengurangi frekuensi secara signifikan (frekuensi tetap berkurang dalam jumlah kecil). Contoh bunyi infrasonik adalah letusan gunung berapi, getaran gempa bumi, dsb.
  • Audiosonik, merupakan gelombang bunyi yang memiliki frekuensi dalam rentang 20 Hz – 20 kHz. Gelombang bunyi ini yang hanya dapat didengar oleh manusia. Namun seiring dengan bertambahnya usia, manusia ada yang tidak mampu mendengar bunyi berfrekuensi rendah (sekitar 20 Hz) atau bahkan berfrekuensi tinggi (sekitar 20 kHz). Hal tersebut berkaitan dengan kepekaan dari indera pendengarannya. Indera pendengaran manusia berada dalam rentang yang sama atau berfrekuensi sama dengan suara audiosonik.
  • Ultrasonik, merupakan gelombang bunyi dengan frekuensi lebih dari 20 kHz. Gelombang ini tidak mampu menembus benda/hambatan dalam perambatannya. Bunyi ini hanya mampu didengar oleh hewan-hewan tertentu, seperti kelelawar, lumba- lumba, anjing, tikus, kucing, katak, dsb. Kelelawar memanfaatkan suara ultrasonik yang dikeluarkannya sebagai pemandu dalam pergerakannya di malam hari dimana kelelawar sebagai penghasil dan penerima bunyi ultrasonik. Sehingga kelelawar dapat berburu di malam hari tanpa menabrak objek di depannya.

    Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih tentang gelombang bunyi, kamu dapat membaca artikel gelombang bunyi.