Home / Questions / Bagaimana fenomena petir bisa terjadi???

Bagaimana fenomena petir bisa terjadi???

QuestionCategory: FisikaBagaimana fenomena petir bisa terjadi???
Fawz Djosan asked 4 weeks ago

Hai kak, bisa bantu jelaskan kenapa petir bisa terbentuk?

1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 4 weeks ago

Petir merupakan hasil dari penumpukan muatan elektrostatik di awan. Muatan positif dan negatif di awan berada terpisah, muatan negatif biasanya menuju bagian bawah awan, sedangkan muatan positif mengarah ke atas.
 
Setelah jangka waktu tertentu, muatan muatan negatif melompat ke awan lain atau bahkan tanah. Jika medan listrik antara awan dan tanah besar maka kemungkinan petir tertarik ke tanah juga semakin besar.
 
Kuat medan listrik berhubungan dengan garis medan listrik. Jika garis medan listrik lebih rapat maka area tersebut lebih rentan mendapat sambaran petir. Di bagian bawah awan di mana muatan negatif terkumpul, sebuah “stepper ladder” terbentuk. Inilah yang menyebabkan bentuk kilauan petir seperti cabang pohon. Ketika muatan negatif semakin dekat dengan tanah , muatan negatif mulai menarik muatan positif dari objek di atas tanah. Maka ketika muatan negatif dan positif ini terhubung, “return stroke” terjadi. Hasilnya berupa kilatan cahaya yang berkedip-kedip, yang biasanya diikuti oleh gemuruh guntur.
Terima kasih telah bertanya semoga jawaban kami dapat membantu ya