Home / Questions / Bagaimana kerja penangkal petir yang terpasang pada bangunan rumah?

Bagaimana kerja penangkal petir yang terpasang pada bangunan rumah?

QuestionCategory: FisikaBagaimana kerja penangkal petir yang terpasang pada bangunan rumah?
Budiono asked 3 months ago

Bagaimana kerja penangkal petir yang terpasang pada bangunan rumah?

Loading...
1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 3 months ago

Penangkal petir adalah suatu alat yang dipasang pada bagian tertinggi dari suatu bangunan dan digunakan sebagai tindak pencegahan terhadap peristiwa tersambar petir pada suatu bangunan. Penangkal petir umumnya digunakan pada bangunan yang tertinggi di suatu tempat/wilayah.

Penangkal petir berguna sebagai tempat/jalur dari petir untuk sampai ke permukaan bumi tanpa merusak benda yang dilewatinya. Penangkal petir terdiri dari batang penangkal petir, kawat konduktor dan tempat pembumian (ground).

Pada sesaat sebelum terjadinya hujan, muatan negatif yang terdapat di bawah awan akan mulai mengumpul.

Bersamaan dengan itu, muatan positif di permukaan bumi akan naik menuju ujung dari batang penangkal petir. Ketika awan tersebut melewati atau mendekati ujung batang penangkal petir, maka akan terjadi tarik menarik antara muatan positif dan negatif sehingga timbul arus listrik atau percikan bungan api yang disebut sebagai kilat.

Kemudian aliran listrik tersebut akan melalui kawat konduktor menuju permukaan bumi untuk disterilkan (di-ground-kan).

Namun, perlu diperhatikan dalam aliran tersebut menuju permukaan bumi dapat saja terjadi korsleting yang mengakibatkan terjadinya kebakaran atau pun dapat merusak peralatan elektronik yang terdekat dengan kawat konduktor tersebut. Oleh karena itu, diperlukan penstabil arus listrik yang bernama surge arrester.

Loading...