Home / Questions / Bagaimana proses angin dapat terbentuk???

Bagaimana proses angin dapat terbentuk???

QuestionCategory: FisikaBagaimana proses angin dapat terbentuk???
Fawz Djosan asked 3 weeks ago

Hallo kak, bisa bantu jelaskan bagaimana angin bisa berhembus?

1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 3 weeks ago

Angin merupakan aliran gas dalam skala besar. Saat matahari memanaskan permukaan bumi secara tidak merata, maka udara akan naik dan menghasilkan perbedaan tekanan antara daerah bertekanan udara tinggi dengan daerah bertekanan udara rendah. Saat udara naik, maka tekanan akan turun dan udara di sekitarnya bergerak untuk menggantikannya, inilah yang menyebabkan terjadinya angin.
 
Semakin banyak perubahan tekanan pada jarak tertentu, maka biasanya semakin cepat angin akan terjadi. Ini disebut dengan gaya gradien tekanan. Jika ada perbedaan tekanan yang besar antara dua titik dengan jarak yang jauh, maka kecepatan angin akan lebih rendah daripada jika kedua titik tersebut lebih dekat satu sama lain.
 
Sebagian besar angin bergerak secara horizontal, yaitu melintasi tanah. Biasanya tidak banyak angin yang bergerak naik dan turun, kecuali saat badai. Biasanya, angin vertikal kurang dari satu mil per jam. Hal ini dipengaruhi oleh gaya gravitasi yang merupakan gaya pendorong dalam mengendalikan gerakan vertikal udara. Namun, gaya yang lebih signifikan yang mempengaruhi pola angin adalah gaya Coriolis. Karena rotasi Bumi, angin dibelokkan dari garis lurus. Angin dibelokkan ke arah kanan di belahan bumi utara dan ke kiri kiri di belahan bumi selatan.
 
Semoga jawaban ini bisa membantu kamu ya