Home / Questions / bagaimanakah agar keberadaan luas hutan terlestarikan pada setiap negara

bagaimanakah agar keberadaan luas hutan terlestarikan pada setiap negara

QuestionCategory: Geografibagaimanakah agar keberadaan luas hutan terlestarikan pada setiap negara
Darma Hadian asked 4 weeks ago

Bantu jawab ya teman teman bagaimanakah agar keberadaan luas hutan terlestarikan pada setiap negara

Loading...
1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 1 week ago

1. Sistem tebang pilih

Hutan sebagai rumah dari banyak jenis pohon memang merupakan sumber ekonomi, seperti kita ketahui harga yang tinggi untuk setiap balok kayu yang ditebang dari satu pohon.

Sayangnya terkadang perusahaan dan masyarakat tidak mengetahui juga fungsi penting dari pohon untuk ekosistem. Untuk skala perusahaan biasanya mereka menghancurkan semua isi hutan untuk dijadikan perkebunan seperti kelapa sawit, karet dan pohon jati.

Oleh karena itu memang perlu diterapkan sistem tebang pilih untuk menjaga beberapa pohon yang penting untuk habitat dan ekosistem tetap berdiri tegak.

2. Reboisasi

Salah satu langkah baik untuk membuat hutan kembali rimbun adalah dengan reboisasi, seperti arti dari reboisasi adalah upaya untuk melestarikan dan memperbaiki lahan hutan dengan cara menanam kembali.

Indonesia merupakan negara dengan kerusakan hutan terbesar no 2 setelah brazil, ini dikarenakan pembalakan kayu dan oknum perusahaan yang merusak dengan tujuan membuka lahan yang marak terjadi di negara kita.

Oleh karena itu reboisasi merupakan cara paling baik untuk menghijaukan kembali lahan yang rusak.

3. Penebangan konservatif

Penebangan secara konservatif merupakan cara penebangan selektif untuk hanya untuk pohon yang sudah tua dan tidak produktif, ini merupakan cara untuk mengurangi penebangan pohon muda yang masih diperlukan oleh ekosistem alam.

Penebangan pohon tua juga merupakan cara terbaik untuk menjaga kualitas tanah, karena pohon tua yang akan mati bisa mengganggu parameter tanah.

4. Menjaga habitat fauna dan flora

Fauna dan flora yang ada dihutan merupakan rangkaian siklus ekosistem dimana mereka saling membutuhkan satu sama lain, jadi ketika salah satu dari mereka hilang maka ekosistem tidak akan terbentuk sempurna.

Oleh karena itu untuk menjaga hutan tetap lestari maka kita juga harus menjaga fauna yang ada disana, dengan cara mengurangi perburuan binatang secara berlebihan.

5. Tindak tegas penjahat hutan

Undang-undang tentang kehutanan mulai dari menjaga pohon, menjaga binatang dan seluruh isinya sebenarnya sudah dibuat dengan baik oleh negara kita, sayangnya tindakan tegas terhadap kejahatan di hutan sepertinya tidak dijalankan dengan baik sehingga membuat para pelaku kejahatan terlihat tidak takut untuk melakukannya terus.

Parahnya hukum seperti kebal ke beberapa perusahaan nakal yang ingin mengusai lahan, banyak ribuan hektar lahan yang hilang karena tindakan perusahaan tersebut.

Loading...