Home / Questions / Berbagai tumbuhan memiliki warna daun berbeda-beda. Mengapa demikian?

Berbagai tumbuhan memiliki warna daun berbeda-beda. Mengapa demikian?

QuestionCategory: BiologiBerbagai tumbuhan memiliki warna daun berbeda-beda. Mengapa demikian?
Wahyu Setiawan asked 3 months ago

Berbagai tumbuhan memiliki warna daun berbeda-beda. Mengapa demikian?

Loading...
1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 3 months ago

Pigmen daun yang dikenal dengan nama klorofil dan berwarna hijau bisa mengalami perubahan warna. Sebab, klorofil yang ada pada stomata daun mampu menyerap cahaya warna merah dan biru dari sinar matahari.

Akibat dari warna cahaya yang berbeda diserap, akan terjadi pemantulan cahaya dari komplmenter daun atau warna asalnya yaitu hijau. Namun, di negara dengan empat musim berbeda, daun mengalami perubahan warna yang hanya terjadi pada musim gugur.

Pada beberapa jenis tanaman hias misalnya, warna hijau daun berubah menjadi kuning, sedangkan pada jenis tanaman lainnya daun tanaman berubah warna menjadi orange atau merah.

Perubahan warna yang terjadi di klorofil dapat disebabkan beberapa hal. Salah satunya adalah perbandingan kandungan klorofil (warna hijau) dengan pigmen warna lainnya.

Contoh pada daun hijau yang berubah menjadi kuning lalu kecoklatan, pigmen klorofilnya (hijau) jumlahnya lebih sedikit daripada karoten (pigmen cokelat). Menurunnya kemampuan klorofil ini bisa jadi karena disfungsi daun ketika menyerap cahaya pada proses fotosintesis.

Selain itu, karoten juga diketahui lebih stabil dibandingkan dengan klorofil. Sehingga, warna pigmen karoten tetap bertahan walaupun klorofil mulai menghilang.

Loading...