Home / Questions / Fungsi lisosom bagi tubuh apa ya?

Fungsi lisosom bagi tubuh apa ya?

QuestionCategory: BiologiFungsi lisosom bagi tubuh apa ya?
Lily Turutan asked 3 months ago

Terdapat banyak organel sel, salah satunya adalah lisosom. Apakah yang dimaksud dengan lisosom dan kegunaannya?

Loading...
1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 3 months ago

Lisosom adalah kantong membran berisi enzim hidrolitik yang digunakan oleh hewan untuk menguraikan makromolekul menjadi mikromolekul. Enzim pada lisosom bekerja paling baik pada lingkungan asam di dalam lisosom.

Jika lisosom rusak dan terbuka atau isi dari lisosom bocor, enzim yang terlepas tidak lagi menjadi terlalu aktif karena sitosol memiliki pH netral. Namun, kebocoran yang sangat besar dari banyak lisosom dapat menghancurkan sel karena proses autodigesti. Enzim hidrolitik dan membran lisosom ini dibuat oleh Retikulum endoplasma (RE) kasar dari lisosom yang dihasilkan dari sisi trans golgi.

Lisosom menggunakan enzim hidrolitiknya untuk mendaur ulang materi organik dalam sel (proses: autophagy). Selama autophagy, organel yang rusak atau sejumlah sitosol akan dikelilingi membran ganda dan bergabung dengan membran luar dari vesikel tersebut.

Enzim lisosom melepaskan materi yang tersimpan dalam vesikel, dan monomer yang telah diuraikan dalam lisosom dikembalikan ke sitosol untuk digunakan kembali. Dengan ini, sel liver manusia mendaur ulang separuh dari makromolekulnya setiap minggu.

Silakan untuk membaca tulisan lain dari bacaboy yang terkait dengan pertanyaanmu :

Loading...