Home / Questions / Gimana ya kalau sel kanker gak terkontrol dalam sel?

Gimana ya kalau sel kanker gak terkontrol dalam sel?

QuestionCategory: BiologiGimana ya kalau sel kanker gak terkontrol dalam sel?
Lily Turutan asked 4 months ago

Ketika sel kehilangan siklus kontrol dalam sel kanker, akan terjadi tingkah laku abnormal dan mengalami dampak yang berbahaya, jelaskan alur terjadinya tingkah laku abnormal ini

Loading...
1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 3 months ago

Kehilangan sel dalam mengontrol siklusnya dalam sel kanker dapat menyebabkan tingkah laku abnormal. Persoalannya berawal ketika sel tunggal dalam suatu jaringan mengalami transformasi yaitu sebuah proses yang mengubah sel normal menjadi sel kanker. Sel imun tubuh yang mengenalinya kemudian menghancurkannya.

Namun, dalam hal ini sel terlepas dari penghancuran oleh sistim imun tubuh. Sel ini memperbanyak diri dan membentuk tumor, suatu masa daris el abnormal di dalam jaringan normal.

Bahayanya, jika sel abnormal ini tetap berada pada tempatnya maka ini disebut benign tumor. Sebagian besar benign tumor tidak menyebabkan masalah serius dan dapat diangkat melalui pembedahan atau operasi, sebaliknya terdapat malignant tumor ( sel abnormal yang perbanyakannya agresif ) menjadi invasif sehingga mengganggu fungsional dari organ. Individu yang memiliki malignant tumor inilah yang dikatakan memiliki kanker.

Loading...