Home / Questions / Help me! energi yang tersimpan pada baterai dan aki adalah??

Help me! energi yang tersimpan pada baterai dan aki adalah??

QuestionCategory: FisikaHelp me! energi yang tersimpan pada baterai dan aki adalah??
Edna Pencawan asked 4 weeks ago

apakah energi yang tersimpan di dalam baterai dan aki? saya lagi tugas fisika besok dikumpulin tolong jelasin ya teman teman semua

1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 4 weeks ago

Baterai dan aki merupakan perangkat yang menyimpan energi kimia dan dapat mengubahnya menjadi energi listrik.

Ini dikenal sebagai elektrokimia dan sistem yang tempat berlangsungnya reaksi kimia disebut sel elektrokimia.

Baterai dan aki dapat terdiri dari satu atau beberapa sel elektrokimia. Setiap sel elektrokimia terdiri dari dua elektroda yang dipisahkan oleh elektrolit.

Dalam sel elektrokimia, elektron diproduksi oleh reaksi kimia yang terjadi pada satu elektroda dan kemudian elektron akan mengalir ke elektroda lain. Aliran elektron ini merupakan aliran arus listrik.

Energi dari arus listrik nantinya dapat digunakan untuk menjalankan perangkat lainnya. Jika baterai merupakan baterai sekali pakai, maka baterai akan terus menghasilkan listrik sampai baterai kehabisan reaktan (potensial sama pada kedua elektroda).

Baterai hanya bekerja dalam satu arah, mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Namun pada baterai jenis lain, reaksinya bisa terbalik. Misalkan pada baterai yang ada di ponsel yang dapat membalikkannya operasinya untuk memulihkan daya baterai.

Terima kasih telah bertanya kepada bacaboy, semoga jawaban kami bisa membantu kamu ya, silakan membaca tulisan kami yang terkait dengan pertanyaan kamu: