Home / Questions / Jelaskan susunan anatomi dari masing-masing alat ekskresi manusia?

Jelaskan susunan anatomi dari masing-masing alat ekskresi manusia?

QuestionCategory: BiologiJelaskan susunan anatomi dari masing-masing alat ekskresi manusia?
Wahyu Setiawan asked 3 weeks ago

Jelaskan susunan anatomi dari masing-masing alat ekskresi manusia?

1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 3 weeks ago

Alat atau organ ekskresi pada manusia terdiri dari empat organ. Diantaranya kulit, ginjal, paru-paru, dan hati.

Kulit merupakan lapisan jaringan pelindung yang berada pada bagian terluar di permukaan tubuh. Kulit termasuk organ ekskresi karena mampu mengeluarkan zat-zat sisa yaitu keringat yang dihasilkan dari kelenjar keringat.

Ginjal adalah komponen utama penghasil zat sisa cair pada manusia yaitu urin. Manusia memiliki sepasang ginjal berukuran sekitar 10 cm dengan bentuk seperti kacang polong. Letaknya ada di rongga perut sebelah kiri dan kanan ruas-ruas tulang pinggang.

Paru-paru, selain berperan sebagai organ pernapasan juga berfungsi sebagai organ ekskresi. Paru-paru berfungsi mengeluarkan gas-gas sisa proses pernapasan yaitu gas CO2 (karbon dioksida) dan H2O (uap air).

Hati adalah organ yang berfungsi untuk mengeksresikan getah empedu zat sisa dari perombakan sel darah merah yang telah rusak dan dihancurkan di dalam limpa.

Selain berfungsi sebagai organ ekskreksi, hati juga berperan sebagai penawar racun, menyimpan glikogen (gula otot), pembentukan sel darah merah pada janin dan sebagai kelenjar pencernaan.

Silakan untuk membaca materi tentang sistem ekskresi manusia disini: