Home / Questions / jungkat jungkit bergerak karena adanya gaya apa???

jungkat jungkit bergerak karena adanya gaya apa???

QuestionCategory: Fisikajungkat jungkit bergerak karena adanya gaya apa???
Wangi asked 4 weeks ago

apa yang menyebabkan jungkat jangkit bergerak? apakah gaya gravitasi sebab dari itu??

2 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 4 weeks ago

Jungkat-jungkit merupakan alat bermain klasik untuk anak-anak. Jungkat-jangkit adalah salah satu jenis pesawat sederhana yang dirancang untuk mengangkat benda yang jauh lebih berat daripada yang biasanya diangkat oleh gaya manusia.

Jungkat-jungkit adalah jenis tuas yang terdiri dari balok panjang yang terpasang pada poros yang disebut titik tumpu.

Setelah kita meletakkan beban di salah satu ujung misalkan dengan duduk di salah satu sisi balok , maka ujung balok itu akan jatuh ke tanah. hal ini disebabkan karena gaya gravitasi bekerja pada berat tubuh yang menariknya ke bawah.

Seberapa besar gaya yang dikerjakan pada ujung balok tergantung pada massa tubuh. Semakin berat massa tubuh, maka semakin besar gaya gravitasi.

Silakan untuk membaca tulisan lain dari bacaboy terkait dengan pertanyaan kamu :

Lily Turutan answered 3 weeks ago

Jungkat-jungkit memiliki dua ujung dan berjarak sama terhadap titik tumpu agar dapat bergerak naik turun pada ujung-ujungnya. Peristiwa jungkat-jungkit berkaitan dengan torsi.

Torsi merupakan gaya pada sumbu putar yang menyebabkan benda tersebut berputar. Jika perputarannya searah jarum jam, maka nilai torsinya positif dan jika berlawanan, maka nilai torsinya negatif.

Pada jungkat-jungkit jarak antara ujung dengan sumbu putar disebut sebagai lengan momen gaya. Semakin besar gaya yang bekerja pada ujung jungkat-jungkit maka akan semakin besar torsi yang dihasilkan.

Besar torsi bergantung pada besar gaya yang diberikan dan panjang lengan momen gayanya. Semakin besar gaya maka semakin besar torsinya, sedangkan lengan momen yang semakin besar maka torsinya akan semakin kecil, dan sebaliknya.

Jika diberikan gaya yang bersamaan pada kedua ujung jungkat-jungkit dan lengan momen gaya mempunyai besaran yang sama, maka gaya berat akan menentukan ujung mana yang akan bergerak turun terlebih dahulu. Gaya berat dipengaruhi oleh massa dan percepatan gravitasi.