Home / Questions / kenapa bakteri kemosintesis bisa mempengaruhi kehidupan?

kenapa bakteri kemosintesis bisa mempengaruhi kehidupan?

QuestionCategory: Biologikenapa bakteri kemosintesis bisa mempengaruhi kehidupan?
Lily Turutan asked 4 weeks ago

Bakteri dapat mensintesis berbagai senyawa di sekitarnya, salah satunya bakteri kemosintesis. Apakah yang dimaksud dengan bakteri kemosintesis?

1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 3 weeks ago

Bakteri kemosintesis adalah bakteri yang dapat membuat senyawa organik dengan menggunakan energi dari oksida senyawa kimia selain gula. Organisme yang melakukan kemosintesis adalah organisme yang tidak memiliki klorofil. Contoh bakteri yang hidup di daerah tambang besi mampu mengoksidasi fero menjadi feri.

Bakteri sulfur atau belerang yang hidup pada daerah yang kaya bahan organik mampu mengoksidasi hidrogen sulfida menjadi air dan sulfur. Salah satu bakteri jenis ini yang penting adalah bakteri nitrifikasi yang hidup di dalam tanah.

Dengan aktivitas kaya nitrogen yang sangat dibutuhkan tanah. Di alam, sisa tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati akan diuraikan bakteri saprofit, selanjutnya diubah Nitrosomonas dan Nitrosococcus menjadi nitrit. Bakteri Nitrobacter mengubah nitrit menjadi nitrat dan selanjutnya diserap kembali oleh tumbuhan. Perubahan inilah yang disebut siklus nitrogen.

SIlakan untuk membaca tulisan lain dari bacaboy terkait dengan pertanyaan kamu: