Home / Questions / Matahari sebagai pusat tata surya memiliki karakteristik

Matahari sebagai pusat tata surya memiliki karakteristik

QuestionCategory: GeografiMatahari sebagai pusat tata surya memiliki karakteristik
Fawz Djosan asked 3 months ago

Bagaimana karakteristik matahari sebagai pusat tata surya?

1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 3 months ago

Faktor iklim seperti suhu udara, kelembapan udara, angin, curah hujan, dan cahaya matahari dapat menyebabkan adaptasi terhadap perubahan iklim. Suhu udara misalnya daerah yang menerima penyinaran matahari lebih banyak membuat flora beradaptasi dengan vegetasi yang beraneka ragam, sedangkan di wilayah gurun yang panas akan ada adptasi kaktus.

Wilayah yang suhunya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin merupakan habitat yang baik bagi hewan dan tumbuhan. Misalnya tumbuhan yang menyukai kelembaban maka akan banyak jenis tanaman mesofita seperti Anggrek dan Jamur.

Angin menyebabkan penyebaran benih dan spora, selain itu hanya beberapa tanaman kayu yang dapat bertahan dengan angin yang kencang. Angin juga dapat mempercepat laju penguapan air sehingga memengaruhi transpirasi.

Sedangkan curah hujan adalah sumber utama tanah yang sangat dibutuhkan oleh tanaman dan hewan. Selain itu cahaya matahari juga berpengaruh. Tumbuhan hijau sangat bergantung pada cahaya matahari untuk fotosintesis. Misalnya tanaman jenis skiofita yang hidup di lantai hutan dan di bawah kanopi dengan sedikit cahaya matahari.

Silakan untuk membaca tulisan dari kami yang membahas lebih lengkap tentang tata surya: