Home / Questions / Mengapa bawah merah disebut dengan umbi lapis??

Mengapa bawah merah disebut dengan umbi lapis??

QuestionCategory: BiologiMengapa bawah merah disebut dengan umbi lapis??
Lily Turutan asked 2 months ago

Mengapa bawah merah disebut dengan umbi lapis? kenapa ya saya suka bingung alasannya

1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 2 months ago

Umbi lapis (bulbus) terbentuk dari tumpukan (pangkal) daun yang tersusun secara rapi dan rapat secara roset. Umbi lapis memiliki bagian pangkal yang agak keras yang disebut cakram (discus).

Cakram merupakan batang yang sesungguhnya dari umbi lapis. Cakram berukuran kecil dengan ruas-ruas yang sangat pendek dan biasanya berbentuk tipis.

Seperti halnya daun yang duduk pada batang, di dalam cakram juga terdapat kuncup-kuncup. Dari cakram tersebut kemudian akan tumbuh lapisan-lapisan daun yang tebal, lunak, dan juga berair.

Karena tebal dan berlapis inilah terbentuk struktur yang membengkak, sehingga disebut sebagai umbi. Sisik pada umbi lapis merupakan struktur yang berlapis dan berdaging.

Sisik ini berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Sisik adalah modifikasi daun yang menjadi tebal, lunak, dan berdaging.

Sisik pada umbi lapis dibedakan menjadi dua, yaitu sisik yang berlapis dan sisik yang bersisik . Sisik berlapis berbentuk lebar dan bagian luarnya akan menyelubungi bagian dalam. Jika umbi diiris membujur akan tampak jelas susunannya yang berlapis, misalnya pada bawang merah.