Home / Questions / Mengapa jarum kompas menunjukan arah utara dan selatan?

Mengapa jarum kompas menunjukan arah utara dan selatan?

QuestionCategory: FisikaMengapa jarum kompas menunjukan arah utara dan selatan?
Melati Erlin Wibowo asked 3 months ago

Mengapa jarum kompas menunjukan arah utara dan selatan?

Loading...
1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 3 months ago

Bumi memiliki kutub magnet yaitu kutub utara dan kutub selatan. Garis gaya magnet membentang dari utara ke selatan bumi.

Garis ini merupakan garis khayal. Semakin rapat garis gaya magnet maka semakin kuat suatu medan magnet, dan sebaliknya. Kutub utara magnet bumi berada di sebelah selatan bumi.

Sedangkan kutub selatan bumi berada di bagian utara bumi. Adanya kuat medan magnet bumi disebabkan inti bumi memiliki batuan magnetik. Sudut yang dibentuk oleh jarum kompas ada dua jenis, yaitu deklinasi dan inklinasi.

Sudut deklinasi merupakan sudut yang dibentuk oleh arah utara jarum kompas terhadap kutub utara maupun selatan bumi. Sudut ini akan bernilai positif jika menyimpang ke arah timur dan bernilai negatif jika menyimpang ke arah barat.

Sedangkan sudut inklinasi merupakan sudut yang dibentuk jarum kompas terhadap arah horizontal permukaan bumi. Sudut ini bernilai positif jika berada di sebelah atas garis mendatar dan bernilai negatif jika berada di sebelah bawah garis mendatar.

Jadi, arah dari jarum kompas menunjukan kutub selatan atau pun utara bumi. Perlu diingat bahwa magnet akan saling tarik menarik jika kutubnya sama dan akan saling tolak menolak jika kutubnya berlawanan.

Loading...