Home / Questions / Mengapa tumbuhan paku dikelompokkan ke dalam cormophyta berspora?

Mengapa tumbuhan paku dikelompokkan ke dalam cormophyta berspora?

QuestionCategory: BiologiMengapa tumbuhan paku dikelompokkan ke dalam cormophyta berspora?
Lily Turutan asked 3 weeks ago

Mengapa tumbuhan paku dikelompokkan ke dalam cormophyta berspora?

1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 3 weeks ago

Tumbuhan yang memiliki akar, batang dan daun sejati disebut tumbuhan berkormus (cormophyta).Tumbuhan berspora adalah tumbuhan yang memiliki spora.

Fungsi spora sebagai alat persebaran mirip dengan biji, meskipun berbeda kalau ditinjau dari segi anatomi dan evolusi. Selain spermatophyta, tumbuhan paku (Pteridophyta) juga sudah menunjukkan ciri morfologi sejati yaitu bagian akar, batang, dan daunnya, terutama golongan paku pohon.

Jadi, dengan ciri-ciri yang sedemikian rupa tumbuhan paku dapat dimasukkan ke dalam kelompok cormophyta. Karena adanya spora yang dibentuk dalam kotak spora, tumbuhan paku dijuluki sebagai cormophyta berspora.

Tumbuhan paku memiliki karakteristik yaitu lapisan pelindung sel yang mengelilingi organ reproduksi, embrio multiseluler yang ada didalam arkegonium, kutikula pada bagian luar , dan yang paling penting adalah sistem transport internal yang mengangkut air dan zat makanan dari dalam tanah.

Walaupun paku termasuk ke dalam tumbuhan tingkat rendah, akan tetapi sistem transport ini sama baiknya seperti pengorganisasian transport air dan zat makanan pada tumbuhan tingkat tinggi.