Home / Questions / Tolong jelaskan perbedaan listrik statis dan dinamis???

Tolong jelaskan perbedaan listrik statis dan dinamis???

QuestionCategory: FisikaTolong jelaskan perbedaan listrik statis dan dinamis???
Wangi asked 4 months ago

bisa bantu jelaskan apakah perbedaan listrik statis dan listrik dinamis? mohon bantu ya lagi ada tugas sekolah soalnya

1 Answers
Maha Guru Bacaboy answered 4 months ago

Listrik statis terjadi pada bahan isolator. Ketika dua isolator seperti balon karet dan kantong plastik saling bergesekan, maka keduanya menjadi bermuatan listrik.

Salah satunya akan kehilangan beberapa elektron, yang lain mendapatkan beberapa elektron. Di sisi lain, ketika elektron dilepaskan dari suatu zat dan dibuat mengalir dalam suatu bahan, maka akan menghasilkan listrik yang dinamis.

Jika elektron mengalir dalam satu arah, arus yang dihasilkan disebut arus searah (DC). Jika elektron mengubah arahnya secara terus-menerus dari positif ke negatif, listrik yang dihasilkan disebut arus bolak-balik (AC).

Secara singkat perbedannya adalah:

• Dalam listrik statis tidak ada aliran elektron dan ini merupakan akibat dari ketidakseimbangan muatan positif dan negatif saja. Elektron tetap diam dan tidak bergerak.

• Dalam kasus listrik dinamis, aliran elektron dapat berupa satu arah tunggal (arus searah), atau dapat mengubah arah berulang kali (arus bolak-balik).

Terima kasih atas pertanyaanya yang bagus, semoga jawaban kami juga bisa membantu kamu, silakan untuk membaca tulisan bacaboy tentang listrik dinamis dan statis disini:

Loading...