Home / Biologi / Rantai Makanan

Rantai Makanan

  • 7 min read
Loading...

Penulis : Aldira Dina Tutazqiyah Mahasiswi IPB Jurusan Biologi

Pengertian Rantai Makanan

Rantai makanan dalam ekologi merupakan urutan transfer materi dan energi dalam bentuk makanan dari organisme ke organisme. Rantai makanan terjalin secara lokal ke dalam jaring makanan karena sebagian besar organisme mengkonsumsi lebih dari satu jenis hewan atau tumbuhan.

Tumbuhan yang mengubah energi matahari menjadi makanan melalui fotosintesis merupakan sumber makanan utama. Dalam rantai predator, hewan pemakan tumbuhan dimakan oleh hewan pemakan daging. Dalam rantai parasit, organisme yang lebih kecil mengkonsumsi bagian dari inang yang lebih besar dan dapat menjadi parasit oleh organisme yang bahkan lebih kecil. Dalam rantai saprofit, mikroorganisme hidup dari bahan organik mati.

Matahari adalah sumber energi yang merupakan sumber energi utama. Matahari digunakan oleh produsen atau tumbuhan untuk membuat makanan mereka sendiri melalui fotosintesis. Produsen primer adalah organisme yang mengonsumsi produsen utama. Dalam ekosistem terestrial bisa berupa herbivora seperti sapi atau kambing atau bahkan manusia.

Ketika seekor

Loading...
kambing dikonsumsi oleh manusia, ia akan menjadi konsumen sekunder. Ketika energinya naik satu tingkat, rantai makanan pun bergerak naik. Setiap tingkatan rantai makanan disebut tingkat trofik. Tingkat trofik ynag berbeda adalah produsen primer, konsumen primer, konsumen sekunder, konsumen tersier, dan konsumen kuaterner.

Gambar 1 Rantai makanan

Fungsi Rantai Makanan

Rantai makanan berfungsi untuk transfer energi makanan dari sumber dalam tumbuhan melalui serangkaian organisme yang makan dan dimakan oleh organisme lain. Rantai makanan tumpang tindih karena banyak organisme yang makan lebih dari satu jenis makanan, sehingga rantai ini lebih mirip jaring makanan.

Selain itu, rantai makanan juga berfungsi memberikan struktur yang pasti bagi suatu ekosistem atau biosfer (melalui tingkat tropisnya) serta berfungsi untuk pemindahan material.

Jenis Rantai Makanan

Rantai makanan terbagi menjadi dua jenis sebagai berikut:

Rantai makanan rerumputan

Rantai makanan rerumputan adalah jenis rantai makanan di mana energi di tingkat trofik terendah berasal dari fotosintesis. Dalam rantai makanan rerumputan, transfer energi pertama adalah dari tumbuhan ke herbivora dan hal ini berbeda dengan rantai makanan detritus. Jenis rantai makanan ini secara langsung bergantung pada gelombang radiasi matahari.

Rumput merupakan pemain vital dalam ekosistem bumi karena dapat menyediakan nutrisi dan energi bagi banyak hewan yang dimakan manusia. Sejumlah besar herbivora dan omnivora, baik besar maupun kecil mendapatkan nutrisi dari rumput yang menjadikannya bagian penting dari makanan mereka. Termasuk didalamnya seperti, sapi, kuda, tikus, domba, gajah, ayam, ikan, kerbau, dan sebagainya.

Contoh rantai makanan rerumputan sebagai berikut:

Fitoplankton – zooplankton – sekuens ikan atau rerumputan – kelinci – sekuens rubah.

Rantai makanan detritus

Rantai makanan detritus adalah jenis rantai makanan di mana bahan organik mati yang disebut detritus digunakan hingga tingkat maksimum dan ada pemborosan minimum bahan organik. Dalam hal ini, sumber energi utama adalah bahan organik mati, yaitu daun, bagian tumbuhan, dan hewan mati. Rantai makanan detritus dimulai dengan bakteri. Konsumen primer disebut sebagai detrivora.

Rantai makanan detritus berbeda dari rantai makanan yang lain, seperti organisme yang membentuknya pada umumnya berukuran lebih kecil. Peran fungsional dari organisme yang berbeda tidak masuk dalam kategori rapi seperti tingkat trofik rantai makanan rerumputan, sehingga membuat detrivora hidup di lingkungan tanah, dasar laut, dan sebagainya yang kaya akan partikel makanan yang tersebar.

Organisme rantai makanan detritus termasuk anggota berbagai jenis spesies hewan dan tumbuhan, seperti alga, bakteri, jamur lendir, jamur, protozoa, serangga, tungau, krustasea, kelabang, moluska, cacing, teripang, dan bahkan beberapa vertebrata. Organisme ini mengonsumsi limbah organik, jaringan gudang, dan mayat tumbuhan dan hewan. Contoh jenis rantai makanan detritus beroperasi di sampah yang terakumulasi yang membusuk di hutan beriklim sedang.

Contoh rantai makanan detritus sebagai berikut:

Loading...

Serpihan daun – cacing tanah – ayam – manusia.

Jaring Makanan

Jaring makanan
Gambar 2 Jaring makanan

Jaring makanan adalah konsep ekologis yang penting. Pada dasarnya, jaring makanan mewakili hubungan makan dalam suatu komunitas dan juga menyiratkan transfer energi makanan dari sumbernya pada tumbuhan melalui herbivora atau karnivora. Biasanya jaring makanan terdiri dari sejumlah rantai makanan yang disatukan. Setiap rantai makanan adalah diagram deskriptif termasuk serangkaian panah, masing-masing menunjuk dari satu spesies ke yang lain.

Dalam jaring makanan ekosistem gurun, belalang memakan tanaman; kalajengking memangsa belalang; kit foxes memangsa kalajengking.

Jaring makanan menggambarkan hubungan-tautan atau koneksi antara spesies dalam suatu ekosistem, tetapi hubngan tersebut bervariasi dalam kepentingannya terhadap aliran energi dan dinamika populasi spesies. Beberapa hubungan trofik lebih penting daripada yang lain dalam menentukan bagaimana energi mengalir melalui ekosistem. Beberapa koneksi lebih berpengaruh pada perubahan populasi spesies.

Jenis-Jenis Jaring Makanan

Terdapat sejumlah jenis jaring makanan yang berbeda dalam cara membangunnya dan yang ditunjukkan dalam kaitannya dengan organisme suatu ekosistem. Jenis-jenis jaringan makanan sebagai berikut:

Jaring makanan penghubung

Dalam jaring makanan penghubung, para ilmuwan menggunakan panah untuk menunjukkan satu spesies dikonsumsi oleh spesies lain. Semua panah memiliki bobot yang sama. Tingkat kekuatan konsumsi satu spesies oleh spesies lain tidak digambarkan.

Jaring makanan interaksi

Jaring makanan interaksi hampir sama dengan jaring makanan penghubung yang juga menggunakan panah untuk menunjukkan satu spesies dikonsumsi spesies lain. Namun, panah akan ditimbang untuk menunjukkan tingkat atau kekuatan konsumsi satu spesies oleh spesies yang lain. Panah yang menunjukkan kekuatan konsumsi satu spesies dengan spesies lain akan tergambar dalam pengaturan lebih luas atau lebih gelap. Jika interaksi lemah, panah akan sempit atau bahkan tidak ada.

Alur makanan aliran energi

Jaring makanan aliran energi menggambarkan hubungan antara organisme suatu ekosistem dengan mengkuantifikasi serta menunjukkan fluks energi diantara organisme.

Jaring makanan fosil

Para ilmuwan berupaya merekontruksi hubungan antara spesies berdasarkan bukti dari catatan fosil karena jaring makanan dapat bersifat dinamis dalam suatu ekosistem seiring berjalannya waktu.

Jaring makanan fungsional

Jaring makanan fungsional menggambarkan hubungan populasi berbeda akan mempengaruhi laju pertumbuhan populasi lain di lingkungan.

Contoh Rantai Makanan

  • Rantai makanan di darat : Energi matahari – rumput – belalang – tikus – elang – pengurai.
  • Rantai makanan di laut : Energi matahari – fitoplankton – udang – ikan kecil – burung bangau – ular laut – pengurai.
  • Rantai makanan di danau : Fitoplankton – tanaman eceng gondok – ulat – burung – dekomposer.
  • Rantai makanan di ekosistem gurun : Energi matahari – rumput – hewan gurun – pengurai.
  • Rantai makanan di ekosistem sungai : Energi matahari – ganggang – ikan – bangau – buaya – dekomposer.
  • Rantai makanan di ekosistem savana : Energi matahari – rumput – zebra – singa – pengurai.

Soal Latihan

Tumbuhan hijau bagi makhluk hidup di sekitarnya berperan sebagai?

Penyedia energi, karena tumbuhan hijau menyediakan makanan bagi konsumen, dengan kata lain tumbuhan hijau berperan sebagai penyedia energi bagi konsumen.

Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan adalah?

Jaring makanan, karena jaring makanan mewakili hubungan makan dalam suatu komunitas dan juga menyiratkan transfer energi makanan dari sumbernya pada tumbuhan melalui herbivora atau karnivora.

Apa perbedaan antara rantai makanan rerumputan dengan rantai makanan detritus?

Rantai makanan rerumputan merupakan jenis rantai makanan di mana energi di tingkat trofik terendah berasal dari fotosintesis, sedangkan rantai makanan detritus merupakan jenis rantai makanan di mana bahan organik mati.

Apa perbedaan antara jaringan makanan penghubung dengan jaringan makanan interaksi?

Jaring makanan penghubung menggunakan panah untuk menunjukkan satu spesies dikonsumsi oleh spesies lain, sedangkan Jaring makanan interaksi menggunakan panah untuk menunjukkan satu spesies dikonsumsi spesies lain tetapi panah akan ditimbang untuk menunjukkan tingkat atau kekuatan konsumsi satu spesies oleh spesies yang lain.

Rantai makanan yang terdapat dalam ekosistem laut adalah?

Fitoplanton – Zooplankton – Udang – Ikan Tuna.

Daftar Pustaka

  • Food Chain: https://www.britannica.com/science/food-chain diunduh Kamis, 14 Mei 2020 Pukul 21.03 WIB.
  • Food Chain and Food Web-Definition, Diagram, Examples, Videos: https://www.toppr.com/guides/biology/ecosystem/food-chain-and-food-web/ diunduh Kamis, 14 Mei 2020 Pukul 21.04 WIB.
  • Food Web: Concept and Applications| Learn Science at Scitable-Nature: https://www.nature.com/scitable/knowledge/library/food-web-concept-and-applications-84077181/ diunduh Senin, 18 Mei 2020 Pukul 23.21 WIB.
  • Is Grass a Producer or Consumer?: https://sciencing.com/is-grass-a-producer-or-consumer-12003141.html diunduh Senin, 18 Mei 2020 Pukul 22.52 WIB.
  • Types of Food Chains found in an Ecosystes: Grazing and Detritus Food Chain: https://www.yourarticlelibrary.com/foods/types-of-food-chains-found-in-an-ecosytems-grazing-and-detritus-food-chain/23275 diunduh Senin, 18 Mei 2020 Pukul 23.12 WIB.
  • What Is a Food Web? Definition, Types, and Examples: https://www.thoughtco.com/what-is-a-food-web-definition-types-and-examples-4796577 diunduh Rabu, 20 Mei 2020 Pukul 21.59 WIB.

Baca juga

Loading...
Loading...