Home / B. Inggris / Relating Verb

Relating Verb

  • 6 min read
Loading...

Penulis : Dinny Raudhatun Nurris – Toastmasters International Member

Jika kalian sudah pernah mempelajari struktur tata bahasa dalam bahasa Inggris, tentu kalian juga sudah tidak asing dengan elemen elemen dasar ketatabahasaan dalam suatu kalimat atau biasa disebut dengan parts of speech seperti noun (kata benda), verb( kata kerja), dan object ( kata sifat). Tentu saja elemen dasar tersebut tidak hanya terbatas itu saja, masih ada elemen lain yang tentu saja dapat kalian pelajari.

Dalam artikel kali ini kita akan berfokus kepada salah satu jenis dari parts of speech yaitu verb (kata kerja). Sama seperti parts of speech yang lain, kata kerja juga dapat dibagi kedalam beberapa jenis. Namun, kali ini kita akan fokus kepada salah satu jenis saja, yaitu relating verb, apa itu relating verb dan bagaimana cara menggunakannya dalam kalimat? Yuk kita simak ulasannya.

Definisi Relating Verb

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai definisi dari relating verb, maka ada baiknya jika

Loading...
kira memahami apakah definisi dari verb itu sendiri. Verb, atau biasa kita kenal dengan kata kerja adalah sebuah kata yang menyatakan aksi, kondisi, ataupun terjadinya sesuatu. Verb merupakan salah satu komponen utama suatu kalimat karena bertindak sebagai predikat. Kumpulan kata yang tidak memiliki verb hanya dapat bertindak sebagai klausa maupun frasa, namun tidak dapat disebut sebagai kalimat.

Relating verb adalah salah satu jenis verb yang menghubungkan subyek dengan complement, seperti yang kita ketahui complement dapat berupa adjective maupun noun. Berbeda dengan action verb dimana subjek melakukan suatu kegiatan ataupun aktivitas, penggunaan relating verb lebih kepada untuk memberi gambaran mengenai subjek yang dimaksud, maka dari itu bentuk be ( is am are was were been be being) juga termasuk di dalam relating verb. Umumnya relating verb berhubungan dengan panca indera maupun keadaan dari seseorang atau sesuatu. Kita dapat menjumpai relating verb pada kalimat simple present tense dan simple past tense.

Cara Penggunaan Relating Verb

Sama seperti penulisan verb pada umumnya, kita dapat menggunakan relating verb dengan meletakkannya antara subjek dengan complement. Hal tersebut dilakukan karena relating verb memiliki fungsi untuk menghubungkan subjek secara atributif kepada complement, tanpa adanya relating verb tentu saja suatu kalimat akan terdengar aneh. Perhatikan contoh dibawah ini

  1. She an independent woman
  2. She is an independent woman

Kalimat pertama dan kedua memiliki elemen kalimat yang sama, yaitu she sebagai subjek dan an independent woman sebagai noun phrase. Namun pada kalimat pertama tentu terasa lebih janggal karena tidak ada yang menghubungkan subjek dengan atribut yang berupa noun (an independent woman), maka dari itu supaya kalimat diatas menjadi sempurna maka kita perlu menambahkan kata kerja “is”.  Jika kalian bingung kenapa kita menambahkan “is” maka kalian dapat mencari dan mempelajari lagi mengenai subject verb agreement.

Jenis dan contoh Relating Verb

Relating verb dapat dibagi kedalam dua kategori besar, yaitu:

  1. Verb Of sensation

Feel, look, smell, sound, taste,etc

2. Verb of being

Act, appear, be , become, continue, grow, prove, remain , seem, turn,etc

Bentuk to be dapat berupa relating verb jika digunakan untuk menghubungkan subjek dengan subjek complementnya, namun perlu diingat bahwa bentuk to be juga dapat berfungsi sebagai auxiliary verb (kata kerja bantu) dalam tenses tenses tertentu, biasanya bentuk ini diikuti oleh kata kerja action verb atau biasa disebut kata kerja aksi (eat, kick, read, etc).

Contoh Kalimat Dengan Relating Verb

Walaupun relating verb memiliki fungsi untuk menghubungkan subjek dengan penjelasanya, namun karena pada dasarnya relating verb masih termasuk ke dalam kategori verb, maka penulisan relating verb harus tetap mengikuti aturan agreement yang ada. Jika tenses kalimat tersebut dalam bentuk present , maka penulisan relating verb juga harus mengikuti aturan present tense, begitu juga ketika kalimat tersebut dalam bentuk past. Perhatikan contoh contoh dibawah ini!

  1. She is happy all the time.

(= Dia selalu terlihat bahagia)

2. The cake tastes weird.

(= Kue ini terasa aneh)

3. The fat cat weighs 7 Kg.

(= Kucing gendut itu berbobot 7 Kg)

4. The students felt sad because of the announcement.

(= Murid murid merasa sedih karena pengumuman itu)

5. The music sounds great!

Loading...
Loading...

(= Musiknya terdengar keren!)

6. He became arrogant after his victory.

(= Dia menjadi sombong setelah kemenangannya)

7. Rena looks calm despite the situation.

(= Rena terlihat tenang walaupun situasinya seperti itu)

8. She was in the small car.

(= Dia berada di dalam mobil kecil)

Contoh Soal Latihan

Setelah membaca dan memahami penjelasan mengenai relating verb diatas, yuk kita coba untuk mengerjakan soal soal berikut. Jangan lupa untuk melihat bagian kunci jawaban untuk memeriksa hasil pekerjaanmu ya!

Tentukan apakah kalimat dibawah menggunakan relating verb atau non relating verb.

  1. She looks sad because of the incident.
  2. She will be the class president next term.
  3. He was the best soccer player in Indonesia.
  4. He looked at me and smiled.
  5. They tasted my new fried rice.
  6. The bell sounds loudly.
  7. Tom’s new song sounds great.
  8. He will go to Alaska next year.
  9. I grow tired of playing games.
  10. She has been there for three hours!

Kunci Jawaban

  1. Relating verb
  2. Relating verb
  3. Relating verb
  4. Non relating verb
  5. Non relating verb
  6. Non relating verb
  7. Relating verb
  8. Non relating verb
  9. Relating verb
  10. Relating verb

Frequently Asked Questions

  1. Apakah relating verb termasuk dalam linking verb?

Ya, lebih tepatnya relating verb dan linking verb adalah hal yang sama.

2. Apakah yang dimaksud dengan kata kerja atributif?

Kata kerja atributif adalah kata kerja yang memberi atribut tertentu kepada suatu subjek; misal is, smell,sound.

3. Apakah relating verb dapat menjadi action verb?

Bisa, beberapa relating verb dapat menjadi action verb tergantung dari kalimatnya, misal taste, look, grow.

4. Bagaimana cara mengidentifikasi sebuah relating verb?

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah suatu kata merupakan relating verb atau tidak adalah dengan mengganti kata kerja tersebut dengan bentuk to be yang tepat, jika masih benar secara gramatikal dan makna, maka dapat dipastikan bahwa kata tersebut termasuk dalam relating verb.

5. Mengapa kita perlu belajar relating verb?

Relating verb adalah elemen kebahasaan yang sering kita jumpai, khususnya pada jenis jenis teks seperti report text. Dengan mengetahui lebih dalam mengenai relating verb, tentu akan mempermudah kita dalam memahami makna dari teks tersebut serta membuat kita semakin mahir dalam menggunakan bahasa Inggris.

Baca juga

Loading...
Loading...