Home / Matematika / Satuan Panjang

Satuan Panjang

  • 8 min read
Loading...

Penulis : Abdulaziz Hafidhurrahman

Mengenal Satuan Panjang

Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan satuan panjang. Hampir setiap saat kita pasti menggunakan satuan panjang dalam keseharian kita. Mulai dari kegiatan sederhana seperti : “Saat kamu makan, seberapa jauh jarak antara piring dengan sendok?”, “Seberapa jauh jarak antara layar handphone dengan matamu saat sedang bermain handphone?”, hingga “Saat pulang kampung, berapa jauh jarak yang kamu tempuh dari rumahmu?”. Itulah beberapa contoh pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya pasti menggunakan satuan panjang.

Ada 2 jenis satuan ukuran panjang, yaitu : ukuran baku dan ukuran tidak baku. Ukuran panjang baku diambil berdasarkan standar satuan internasional. Sedangkan ukuran tidak baku adalah satuan yang kemungkinan bisa berbeda-beda tergantung masing-masing orang. Apa saja contoh ukuran tidak baku?

Satuan Panjang Tidak Baku

Satuan panjang tidak baku biasanya lebih sering kita gunakan dalam keseharian kita. Walaupun kurang akurat, namun satuan panjang tidak baku lebih mudah untuk digunakan. Inilah beberapa contoh satuan panjang tidak baku

Loading...
:

  1. Depa : Depa yaitu bentangan tangan, diukur dari ujung jari tengah tangan kanan ke ujung jari tengah tangan kiri atau sebaliknya.
  2. Jengkal : Jengkal diukur dari ujung jempol hingga kelingking.
  3. Langkah : Jarak antara kedua kaki pada saat melangkah. Biasanya langkah digunakan untuk mengukur jarak dari satu titik ke titik tertentu.
  4. Hasta : Alat ukur hasta sama dengan ¼ depa, yaitu dari siku hingga ujung jari tengah.
  5. Tongkat : Setiap tongkat pasti memiliki panjang yang berbeda-beda.

Sekarang, mari kita bahas mengenai pengukuran satuan panjang baku atau sesuai dengan standar satuan internasional.

Satuan Panjang Sesuai Standar SI

Apakah itu standar SI? Standar Satuan Internasional (SI) adalah sebuah sistem desimal untuk satuan berat dan pengukuran berbagai satuan metriks, yaitu : Berat, panjang, waktu, intensitas cahaya, listrik, dan lainnya. Pertama kali diadopsi oleh 11th General Conference on Weights and Measures (Konferensi Umum Untuk Berat dan Pengukuran) pada tahun 1960 dan disetujui sebagai satuan untuk digunakan dalam segala bahasa. Lalu apa standar SI untuk satuan panjang? Satuan panjang berdasarkan standar SI adalah meter (m).

Konversi Satuan Panjang

Selain meter yang merupakan standar SI, terdapat juga satuan panjang lainnya yang juga biasa kita gunakan untuk mengukur benda yang lebih besar maupun lebih kecil. Perhatikan gambar dan tabel di bawah ini.

tabel satuan panjang
tangga satuan panjang

Jika kamu perhatikan, setiap satuan panjang nilainya 10 kali lebih besar daripada satuan berikutnya. Apa masalah atau kendala yang biasa kita temui dalam menghitung satuan panjang? Biasanya adalah saat kita hendak mengalikan atau membagi dengan banyak nilai nol, terutama jika membagi dari nilai satuan. Perhatikan contoh soal konversi ukuran berikut :

Contoh 1

50 m = …. cm

Dalam hal ini, cara mengerjakannya dikalikan. Karena meter (m) lebih besar dari centimeter (cm). Kalikan nilai unit dengan satu diikuti oleh dua nol, karena ada dua tempat di antara kedua unit.

50 · 100 = 5.000 cm

Contoh 2

4.342 mm = …. m

Dalam hal ini, cara mengerjakannya dibagi. Karena milimeter (mm) lebih kecil dari meter (m). Antara milimeter dengan meter terdapat perbedaan 3 tempat, oleh karenanya dibagi oleh 1.000. Maka nilainya menjadi :

4.342 mm : 1.000 = 4,342 m

Contoh Konversi Lainnya

contoh konversi satuan panjang

Jika kita lihat kembali tangga konversi dan contoh-contoh yang ada di atas, maka dapat kita perhatikan bahwa : Setiap berpindah tempat dari yang satuannya lebih kecil ke lebih besar (misalnya dari mm ke cm, dari hm ke km, dari m ke dam, dll) maka harus dibagi dengan 10 setiap naik satu tempat. Sedangkan jika berpindah dari yang satuannya lebih besar ke yang lebih kecil (misalnya dari km ke m, dari m ke cm, dari cm ke mm, dll) maka harus dikalikan dengan 10 setiap turun satu tempat.

Alat Ukur Untuk Satuan Panjang Baku

Untuk mengukur satuan panjang kita bisa menggunakan berbagai macam alat. Alat-alat ini pun memiliki kegunaan mengukur yang berbeda-beda jangkauannya, ada yang untuk skala besar dan ada untuk yang skala kecil. Berikut ini adalah beberapa alat-alatnya :

Penggaris/Mistar

Penggaris

Penggaris atau mistar biasanya digunakan untuk mengukur benda-benda yang berukuran kecil. Satuan yang digunakan dalam penggaris adalah centimeter (cm) dan milimeter (mm), biasanya juga terdapat satuan inchi (Inch). Ukurannya pun bervariasi, ada yang 15 cm, 30 cm, 50 cm, hingga 100 cm.

Meteran

Meteran

Meteran biasanya digunakan untuk mengukur benda-benda berukuran sedang. Meteran memiliki panjang yang variatif, mulai dari 3.5 meter, 5 meter, hingga 50 meter dan memiliki kaitan di titik nol agar bisa dikaitkan pada suatu benda.

Jangka Sorong

jangka sorong

Jangka sorong dapat digunakan untuk mengukur panjang seperti penggaris, sering digunakan untuk mengukur ketebalan dan diameter benda seperti pipa. Alat ini lebih akurat daripada penggaris dan terdiri dari lengan dan rahang penjepit.

Mikrometer Sekrup

Mikrometer Sekrup

Ini adalah alat lain yang digunakan untuk mengukur panjang, khususnya diameter benda seperti kawat. Ini juga dapat digunakan untuk pengukuran lain. Alat ukur ini berbentuk “u” dan objek yang perlu diukur dipegang erat dengan sekrup.

Contoh Soal & Pembahasan

  1. Anton memiliki pita sepanjang 14 m, kemudian ia membeli lagi pita sepanjang 350 cm. Anton kemudian menggunakan pita sepanjang 9,5 m untuk membuat prakarya. Panjang pita Anton yang tersisa adalah…. meter

a. 7 meter

b. 8 meter

c. 8,5 meter

d. 9 meter

2. Mobil jemputan akan menjemput 2 orang lagi dan kemudian akan langsung ke sekolah. Jarak dari lokasi mobil jemputan sekarang ke Rumah Dita adalah 2 km, jarak dari Rumah Dita ke Rumah Yanti adalah 3.500 m, dan jarak dari Rumah Yanti ke sekolah adalah 50 hm. Total jarak yang ditempuh mobil jemputan dari titik saat ini hingga sekolah adalah …. km

a. 10,5 km

b. 10 km

Loading...

c. 8 km

d. 11 km

3. Sebuah gambar berbentuk persegi panjang 72 cm dan lebar 45 cm. Gambar tersebut akan ditempelkan pada sebuah kardus agar menjadi semacam bingkai. Sisa kardus pada setiap sisinya adalah 0,03 m. Berapakah panjang dan lebar dari kardus yang akan digunakan?

a. P = 80 cm dan l = 52 cm

b. P = 75 cm dan l = 48 cm

c. P = 84 cm dan l = 57 cm

d. P = 78 cm dan l = 51 cm

Pembahasan

  1. Mari kita coba perhatikan soalnya, maka jika kita tuliskan dalam bahasa matematika akan menjadi:

Sisa pita (m) = (14 m + 350 cm) – 9,5 m

Agar bisa ditambahkan, maka satuannya harus kita samakan terlebih dahulu.

Sisa pita (m) = (14 m + 3,5 m) – 9,5 m

Sisa pita (m) = 17,5 m – 9,5 m

Sisa pita (m) = 8 m

Maka jawabannya adalah B

2. Perhatikan ilustrasi gambar di bawah ini.

Maka, jika kita tuliskan dalam kalimat matematika akan berbentuk:

Total Jarak (km) = 2 km + 3.500 m + 50 hm

Total Jarak (km) = 2 km + 3,5 km + 5 km

Total Jarak (km) = 10,5 km

Maka jawabannya adalah A

3. Sisa kardus pada setiap sisinya adalah 0,03 m. Agar bisa kita jumlahkan, maka kita perlu untuk menyamakan satuannya terlebih dahulu. Dari meter ke cm turun 2 tempat (Lihat tangga konversi di atas), maka :

0,03 m x 100 = 3 cm

Berarti setiap sisi ditambahkan 3 cm, perhatikan gambar di bawah ini.

gambar gunung

Jadi, ukuran panjang dan lebar kardus adalah

Panjang = 72 cm + (2 x 3 cm) = 72 cm + 6 cm = 78 cm

Lebar = 45 cm + (2 x 3 cm) = 45 cm + 6 cm = 51 cm

Jadi jawabannya adalah D

Daftar Pustaka

  • Aksin, Nur. Miyanto dan Suparno. 2015. Detik-Detik Ujian Nasional Matematika TA. 2014/2015 Untuk SMP/MTs. Klaten. Intan Pariwara.
  • International System of Units : Measurements https://www.britannica.com/science/International-System-of-Units
  • Unit of Length https://www.superprof.co.uk/resources/academic/maths/arithmetic/metric-system/units-of-length.html
  • Scientific Measurement & Common Instruments https://study.com/academy/lesson/scientific-measurement-common-instruments.html
  • Gambar-gambar www.unsplash.com

Baca juga

Loading...
Loading...