Home / Biologi / sel tumbuhan

Sel Tumbuhan

  • 6 min read
Loading...

Penulis : Rizkia, Mahasiswi IPB Jurusan Biologi 2018

Pengertian sel tumbuhan

Tubuh tumbuhan tingkat tinggi terdiri atas banyak organ (akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji). Masing-masing organ disusun oleh berbagai tipe jaringan tumbuhan. Jaringan-jaringan tersebut disusun oleh sekumpulan sel yang merupakan unit terkecil penyusun makhluk hidup.

Sel tumbuhan termasuk sel eukariotik maksudnya yaitu inti sel (nukleus) diselimuti oleh membrane inti. Sel hewan juga termasuk sel eukariotik namun ada beberapa perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan.

Dari bentuk dan ukuran, sel tumbuhan umumnya berukuran sama dan berbentuk persegi panjang atau kubus sedangkan sel hewan umumnya dengan berbagai ukuran dan bentuk yang tidak teratur.

Dalam sel tumbuhan juga terdapat struktur yang tidak ditemukan pada sel hewan antara lain dinding sel, plasmodesmata, vakuola besar, dan plastid. Plastid yang paling umum dikenal adalah kloroplas yang mengandung klorofil untuk proses fotosintesis.

Jenis lain plastid yaitu amiloplas (leukoplast) tidak mengandung pigmen berfungsi dalam penyimpanan pati, elaioplast khusus untuk penyimpanan

Loading...
lemak, dan kromoplast khusus dalam sintesis dan penyimpanan pigmen. Sel hewan juga mengandung struktur yang tidak ditemukan pada sel tumbuhan, antara lain sentriol, lisosom, dan silia atau flagel.

Baca juga materi lain dari bacaboy:

organel pada sel tumbuhan

Gambar 1 Organel-organel pada sel tumbuhan

Struktur dan Fungsi pada sel tumbuhan

Membrane sel (plasma)

Berupa selaput tipis dan semi permeabel yang mengelilingi sitoplasma sel dan melindungi isi sel. Membran sel juga berperan dalam mengatur keluar masuknya molekul.

Dinding sel

Sel penutup luar yang kaku berfungsi dalam melindungi sel tumbuhan dan membentuk structural sel. Dinding sel tumbuhan terdiri dari tiga lapisan yaitu dinding sel primer, lamella tengah, dan dinding sekunder.

bagian dinding sel tumbuhan

Gambar 2 Bagian-bagian dinding sel tumbuhan

Dinding sel tumbuhan terdiri dari:

  1. Lamela tengah sebagai perekat yang mengikat sel-sel secara bersama untuk membentuk jaringan.Terdapat di antara dinding sel primer pada sel-sel yang berdampingan. Pada lamella tengah umumnya terdiri atas bahan berpektin.
  2. Dinding primer merupakan dinding yang pertama kali terbentuk pada sel dan bagian dinding sel yang masih tumbuh.
  3. Dinding sekunder dibentuk di permukaan dalam dinding primer. Berkembang di dalam sel atau bagian sel yang sudah berhenti tumbuh. Dinding sekunder memiliki struktur yang kuat tersusun dari trakeid dan serat.

Kloroplas

Tempat fotosintesis berlangsung dalam sel tumbuhan yang mengandung klorofil, pigmen hijau yang dapat menyerap energy dari sinar matahari.

kloroplas

Gambar 3 kloroplas

Kloroplas diselubungi oleh membrane fosfolipid dalam dan luar. Lapisan antara membrane tersebut disebut intermembran. Cairan dalam kloroplas disebut stroma yang berisi ribosom dan DNA.

Dalam stroma terdapat tumpukan thylakoid yang tersusun oleh lempengan-lempengan grana. Dalam membrane thylakoid terdapat protein komplek dan pigmen penyerap cahaya yaitu klorofil dan karotenoid. Komplek ini memungkinkan penangkapan energy cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda.

Loading...

Sitoplasma

Zat seperti gel dalam membran sel yang mengandung air, enzim, garam, organel, dan berbagai molekul organik.

Sitoskeleton

Jaringan serat di seluruh sitoplasma yang membantu sel dalam mebentuk dan memperkuat sel.

Retikulum endosplasma (RE)

Jaringan berupa kantung yang memproduksi, memproses, dan mengangkut senyawa kimia untuk digunakan di dalam maupun di luar sel. Retikulum endosplasma terdiri dari RE kasar dengan penempelan ribosom dan RE halus tanpa ribosom.

Apparatus golgi

Bertanggung jawab dalam membuat, menyimpan, dan mengirimkan produk seluler tertentu termasuk protein.

Mikrotubulus

Silinder berongga lurus yang dapat ditemukan di seluruh sitoplasma semua sel eukariotik dan berfungsi dalam membantu mendukung struktural sel. Selain itu, mikrotubulus berperan penting dalam pergerakan kromosom dalam mitosis dan meiosis serta gerakan sitosol dalam sel.

Mitokondria

Organel berbentuk bujur yang ditemukan di sitoplasma semua sel eukariotik. Mitokondria berperan penting dalam menghasilkan energy untuk sel dengan respirasi sel dalam pengubahan glukosa (dihasilkan oleh proses fotosintesis) dan oksigen menjadi ATP.

Nukleus (Inti sel)

Organel sebagai pusat pemprosesan informasi yang mengandung informasi hereditas (DNA) sel dan mengkoordinasi aktivitas sel, meliputi pertumbuhan, sintesis protein, dan reproduksi (pembelahan sel). Nukleus terdiri atas nukleolus dan nukleopore. Nukleolus berperan dalam membantu proses sintesis ribosom. Nukleopore berupa lubang kecil yang memungkinkan asam nukleat dan protein untuk bergerak masuk dan keluar inti sel.

Peroxisome

Struktur kecil yang terikat membrane mengandung enzim yang dapat menghasilkan hydrogen peroksida sebagai produk sampingan.

Plasmodesmata

Pori-pori atau saluran kecil yang ditemukan diantara dinding sel tumbuhan dan sebagai sinyal komunikasi dan perpindahan molekul diantara sel tumbuhan.

Ribosom

Terdiri dari RNA dan protein yang berfungsi dalam sintesis protein. Ribosom melekat pada RE kasar atau bebas dalam sitoplasma.

Vakuola

Sel tumbuhan dewasa, biasanya memiliki vakuola pusat yang mengisi hampir 90% volume sel. Mengandung cairan dan bahan organik maupun anorganik yang dibatasi oleh membran (tonoplast). Vakuola berfungsi dalam penyimpanan, detoksifikasi perlindungan, serta mengatur air dan kandungan solut dalam sel seperti pengaturan osmosis.

Tipe sel tumbuhan

Sel-sel tumbuhan yang telah matang dan dewasa akan terspesialisasi untuk melakukan fungsi-fungsi vital tertentu untuk bertahan hidup. Beberapa sel tumbuhan terlibat dalam transportasi nutrisi dan air, dan juga dalam penyimpanan makanan. Beberapa contoh jenis dan jaringan sel tumbuhan meliputi sel parenkim, sel sklerenkim, sel kolenkima, sel xylem, dan sel floem.

  • Sel kolenkima : Sel-sel keras atau kaku berperan dalam penopang tumbuhan, terutama pada tumbuhan muda. Sel kolenkim tidak memiliki dinding sekunder dan agen pengeras, sehingga sel kolenkim memberikan dukungan struktural tumbuhan dengan mempertahankan fleksibilitasnya. Sel ini dapat merenggang bersama saat tumbuhan tumbuh.
  • Sel sklerenkim : Sel-sel yang lebih kaku dibandingkan dengan sel kolenkim karena adanya agen pengeras. Sel- sel ini memiliki dinding sel sekunder tebal dan mati setelah sel matang. Ada dua macam sel skelerenkim yaitu sklereid da serat. Sel ini biasanya ditemukan di dalam semua akar rumbuhan dan terlibat dalam memberikan dukungan terhadap struktur tumbuhan.
  • Sel parenkim: Sel-sel hidup yang terlibat dalam produksi daun, pertukaran gas, produksi makanan, penyimpanan produk organik, dan metabolisme sel. Sel parenkim berdinding tipis dan bersifat fleksibel daripada tipe sel lainnya.
  • Sel xylem: Xylem memiliki agen pengeras yang membuat sel-sel ini kaku dan berfungsi dalam melakukan transport air dan unsur hara dari akar keseluruh bagian tumbuhan.
  • Sel floem: Berfungsi dalam mengangkut hasil fotosintesis dari daun keseluruh bagian tumbuhan.

Contoh Soal Latihan

Apakah organel tempat terjadinya proses fotosintesis dalam sel tumbuhan?

Kloroplas

Tipe sel tumbuhan yang berperan sebagai penyokong?

Kolenkim dan skelerenkim

Apa saja struktur yang hanya terdapat pada sel tumbuhan dan tidak ditemukan pada sel hewan? Sebutkan dan fungsinya apa?

Plastid : (kloroplas yang mengandung klorofil untuk proses fotosintesis, amiloplas (leukoplast) tidak mengandung pigmen berfungsi dalam penyimpanan pati, elaioplast khusus untuk penyimpanan lemak, dan kromoplast khusus dalam sintesis dan penyimpanan pigmen.
Dinding sel : Berfungsi melindungi sel tumbuhan dan membentuk structural sel.
Vakuola besar : Berfungsi dalam penyimpanan, detoksifikasi perlindungan, serta mengatur air dan kandungan solut dalam sel seperti pengaturan osmosis.
Plasmodesmata : Berfungsi sebagai sinyal komunikasi dan perpindahan molekul diantara sel tumbuhan

Sumber Pustaka

  • https://en.m.wikipedia.org/wiki/plant_cell
  • https://micro.magnet. fsu. edu/ cells/plantcell.html
  • http://www.enchantedlearning.com/subjects/plant/cell/
  • https://www.britannica.com/science/tissue
  • https://www.thoughtco.com/what-is-a-plant-cell-373384

Baca juga:

Loading...