Home / Biologi / sistem pernapasan manusia

Sistem Pernapasan Manusia

  • 8 min read
Loading...

Penulis : Aldira Dina, Mahasiswi IPB Jurusan Biologi 2019

Manusia merupakan makhluk hidup dengan berbagai aktivitas. Kebutuhan manusia pun beragam, diantaranya kebutuhan akan udara. Udara sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk membawa limbah-limbah yang seharusnya dikeluarkan dari dalam tubuh.

Untuk itu, manusia menggunakan organ-organ dalam tubuhnya untuk bernapas. Manusia dalam bernapas mengambil oksigen di udara dan mengeluarkan karbon dioksida ke lingkungan.

Pernapasan adalah proses pengambilan oksigen dan pengeluaran karbon dioksida serta energi dalam tubuh. Paru-paru mengeluarkan oksigen dan meneruskannya melalui aliran darah, di mana dibawa ke jaringan dan memungkinkan untuk berjalan, berbicara, dan bergerak. Paru-paru juga mengambil karbon dioksida dari darah dan melepaskannya ke udara ketika manusia bernapas.

Baca juga tulisan lain dari Bacaboy:

Pengertian sistem pernapasan manusia

Sistem pernapasan manusia adalah serangkaian organ yang bertanggung jawab menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Sistem pernapasan tersusun atas saluran pernapasan dan paru-paru sebagai tempat

Loading...
pertukaran udara pernapasan. Sistem pernapasan bekerja dengan sistem peredaran darah untuk menyediakan oksigen dan untuk menghilangkan produk-produk metabolisme. selain itu, sistem pernapasan juga membantu mengatur pH darah.

Sistem pernapasan manusia

Gambar 1 Sistem pernapasan manusia

Saluran pernapasan bagian atas

Hidung

Merupakan organ utama penciuman tubuh. Hidung juga berfungsi sebagai bagian dari sistem pernapasan yang menghirup oksigen dan menghembuskan karbon dioksida. Selain itu, hidung juga berkontribusi pada fungsi penting lainnya, seperti pada pendengaran dan pengecapan.

Rongga hidung

Merupakan bagian yang terletak di sebelah dalam hidung. Terdapat selaput lendir lengket yang melapisi rongga hidung untuk menangkap partikel debu dan rambut-rambut kecil yang disebut silia guna membantu memindahkannya ke hidung untuk bersin.

Sinus

Merupakan ruang-ruang yang berisi udara yang terletak di sepanjang hidung. Berfungsi membantu membuat tengkorak lebih ringan. Ada banyak jenis sinus, tetapi yang sangat mempengaruhi yaitu sinus paranasal, ruang di belakang wajah yang mengarah ke rongga hidung.

Sinus paranasal memiliki lapisan selaput lendir yang sama dengan hidung. Mereka menghasilkan sekresi berlendir yang disebut lendir. Hal ini membuat saluran hidung tetap lembab dan menyaring partikel dan kuman kotoran.

Faring

Merupakan tempat yang dilalui makanan dan udara menuju paru-paru. Epitel mukosa di faring lebih tebal daripada di tempat lain karena harus melindungi jaringan dari segala trauma abrasif dan kimiawi yang disebabkan oleh makanan. Faring juga berperan dalam bicara.

Laring

Merupakan bagian yang terletak tepat di bawah faring dan berbentuk dari potongan tulang rawan yang diikat oleh ligamen. Bagian yang terbesar darinya, tulang rawan tiroid sering terlihat di leher jantan dewasa yang dikenal sebagai jakun.

Selain menjadi bagian bagi jaln napas, laring juga mengandung pita suara yang sangat elastis. Kedua pita pendek berserat ini direntangkan melintasi bagian dalam laring. Ruang antara kedua kabel ini dikenal sebagai glottis. Untuk itu, laring sangat penting untuk manusia berbicara.

Saluran pernapasan bagian bawah

Trakea

Merupakan saluran pernapasan yang terletak tepat di bawah laring. Berfungsi sebagai jalan bernapas utama ke paru-paru. Trakea berupa tabung kartilaginosa yang dibentuk oleh serangkaian kartilago trakea, bergabung bersama oleh ligamen annular. Tulan rawan ini memberikan kekakuan trakea dan mencegah keruntuhannya.

Trakea meluas dari kartilago krikoid laring bifurkasinya menjadi dua bronkus utama. Trakea dibagi menjadi bagian serviks yang terletak di daerah ventral leher dan bagian toraks di dalam toraks. Lapisan epitel trakea adalah epitel pernapasan kolumnar pseudostratifikasi yang terdiri dari sel bersilia dan sel clara.

Paru-paru

Merupakan organ yang terletak di dada, di belakang tulang rusuk di kedua sisi jantung. Paru-paru bertanggung jawab menyediakan oksigen ke kapiler dan menghenbuskan karbon dioksida. Paru-paru berbentuk kerucut dengan titik bulat di puncaknya dan pangkal yang lebih rata di mana mereka bertemu diafragma. Meskipun berpasangan, paru-paru tidak memiliki ukuran dan bentuk yang sama.

Loading...

Paru-paru kiri memiliki lekukan yang berbatasan dengan tempat jantung berada yang disebut takik jantung. Paru-paru kanan lebih pendek untuk memberikan ruang bagi hati. Paru-paru kiri memiliki berat dan kapasitas yang sedikit lebih kecil dari paru-paru kanan.

Paru-paru dikelilingi oleh dua membran yang dikenal sebagai pleura paru. Lapisan dalam langsung melapisi permukaan luar paru-paru dan lapisan luar melekat pada dinding bagian dalam tulang rusuk. Ruang diantara dua membran diisi oleh cairan pleura

Diafragma

Merupakan otot pernapasan utama yang berkontraksi terus menerus saat menarik dan mengeluarkan napas memungkinkan udara masuk ke paru-paru. Otot berbentuk kubah ini terletak di bawah paru-paru dan jantung. Diafragma berfungsi meningkatkan tekanan perut untuk membantu tubuh menyingkirkan muntah, urin, dan feses. Diafragma juga memberikan tekanan pada kerongkongan untuk mencegah refluks asam.

Bronkus

Merupakan jalan utama menuju paru-paru. Ketika seorang menarik napas melalui hidung atau mulutnya, udara mengalir ke laring. Kemudian membawa udara ke bronkus kiri dan kanan. Bronkus menjadi lebih kecil semakin dekat ke jaringan paru-paru. Bronkus primer terletak di bagian atas paru-paru, sedangkan bronkus sekunder terletak di dekat pusat paru-paru. Bronkus tersier terletak di bagian bawah organ-organ tepat di atas bronkiolus.

Bronkiolus

Merupakan cabang bronkus dari trakea yang lebih kecil dari saluran bronkial di saluran pernapasan ke setiap paru-paru dan menciptakan jaringan saluran rumit untuk memasok udara ke paru-paru. Bronkiolus memiliki beberapa kantong alveolar yang timbul dari dindingnya yang disebut sebagai bronkiolus pernapasan. Bronkiolus tidak lagi mengandung tulang rawan yang ditemukan di bronkus atau kelenjar di submukosa.

Alveolus

Merupakan kantung udara yang sangat kecil juga menjadi tujuan udara yang dihirup. Berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida dalam pernapasan. Alveolus ditemukan di dalam parenkim paru-paru dan ditemukan di ujung terminal pohon pernapasan, berkerumun di sekitar kantung alveolar dan saluran alveolar.

Dinding alveolar terdiri dari kolagen dan serat elastis yang memfasilitasi ekspansi selama inspirasi dan kembali ke bentuk aslinya selama ekspirasi. Terdapat banyak kapiler di dalam dinding alveolar tempat pertukaran gas terjadi.

Mekanisme Pernapasan

Udara yang kita hirup masuk dan keluar dari paru-paru bervariasi dalam tekanannya. Jadi pada dasarnya ketika ada penurunan tekanan udara, ruang alveolar jatuh dan udara memasuki paru-paru (inspirasi) dan ketika tekanan alveoli melebihi tekanan atmosfer, udara dihembuskan dari paru-paru (ekspirasi). Laju aliran udara sebanding dengan besarnya perbedaan tekanan.

Pernapasan dada

Pernapasan dada, dada mengembang dan berkontraksi dengan setiap napas sementara daerah perut tidak. Pada pernapasan dada, napas cenderung pendek dan cepat, hanya menggunakan sebagian kecil paru-paru dan mengirimkan oksigen dalam jumlah relatif sedikit ke aliran darah. Pernapasan dada sering dikaitkan juga dengan hiperventilasi.

Fase inspirasi/inhalasi

Proses aktif dimana rongga dada membesar karena kontraksi otot. Diafragma berkontraksi mendatar, menekan isi perut dan mengangkat tulang rusuk.

Proses inspirasi

Gambar 2 Proses inspirasi

Fase ekspirasi/ekshalasi

Ekspirasi/ekshalasi bergantung pada elastisitas paru-paru yang direnggangkan saat otot inspirasi mengendur, bukan pada kontraksi otot.

Proses Ekspirasi

Gambar 3 Proses Ekspirasi

Pernapasan perut

Pernapasan perut disebut juga pernapasan diafragma yang mengacu pada pernapasan yang menggunakan seluruh kapasitas paru-paru. Diafragma dan otot perut menarik ke bawah pada rongga perut untuk sepenuhnya mengembang pada paru-paru. Pada pernapasan perut, napas cenderung lambat dan dalam, membutuhkan waktu lebih lama untuk menarik dan menghembuskan napas serta memberikan jumlah oksigen lebih besar ke aliran darah.

Gangguan Pada Sistem Pernapasan

  • Kanker paru-paru; penyakit yang disebabkan karena sel pada paru-paru berubah menjadi tumor. Penyakit ini sering terjadi karena merokok atau bahan kimia lain yang dihirup.
  • Cystic fibrosis; penyakit yang disebabkan oleh masalah pada gen dan semakin buruk dari waktu ke waktu
  • TBC; penyakit yang menyebabkan infeksi berbahaya yang disebabkan oleh bakteri Mikrobakterium tuberkulosa. Biasanya mempengaruhi paru-paru, ada kemungkinan mempengaruhi ginjal, tulang belakang, atau otak.
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK); penyakit yang dimana dalam kondisi jangka panjang semakin memburuk seiring waktu. Ini termasuk bronkitis dan emfisema.
  • Asma; penyakit yang disebabkan karena saluran udara yang menyempit dan membuat lendir terlalu banyak.
  • Bronkiektasis; penyakit yang disebabkan karena peradangan dan infeksi yang membuat dinding bronkial lebih tebal.
  • Pneumonia; penyakit yang disebabkan karena peradangan pada alveoulus berupa cairan atau nanah.

Contoh Soal Latihan

  1. Jelaskan yang dimaksud sistem pernapasan manusia!
  2. Sebutkan organ-organ saluran pernapasan bagian bawah!
  3. Dalam sistem pernapasan, pertukaran udara bersih dan kotor (O2 dan CO2) terjadi di..
  4. Paru-paru dibungkus oleh dua membran yang dinamakan..
  5. Apa penyebab dari penderita gangguan TBC?

Jawaban

  1. Sistem pernapasan manusia adalah serangkaian organ yang bertanggung jawab menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.
  2. Trakea, paru-paru, diafragma, bronkus, bronkiolus, dan alveolus.
  3. Alveolus.
  4. Pleura.
  5. Gangguan TBC disebabkan oleh infeksi berbahaya dari bakteri Mikrobakterium tuberkulosa.

Daftar Pustaka

  • Anatomy of the Respiratory System : https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=85&contentid=P01300
  • Respiratory System Anatomy, Diagram & Function : https://www.healthline.com/human-body-maps/respiratory-system#3
  • Respiratory System : https://www.webmd.com/lung/how-we-breathe
  • Respiratory System : Our Avenue for Gas Exchange : https://www.livescience.com/22616-respiratory-system.html
  • The Respiratory System – Part 4 : Breathing : https://www.nursingtimes.net/clinical-archive/respiratory-clinical-archive/the-respiratory-system-part-4-berathing-13-06-2006/
  • What are the advantages of stomach breathing and chest breathing? : https://www.quora.com/What-are-the-advantages-of-stomach-breathing-and-chest-breathing

Baca juga:

Loading...
Loading...