Home / B. Inggris / storytelling

Story Telling

  • 7 min read

Penulis : Nisha Najha Mahasiswi STIE Bandung

Pengertian storytelling

Sering mendengar storytelling? Apa yang kalian ketahui tentang storytelling?

Storytelling adalah bentuk seni dimana penyaji bercerita menggunakan kata-kata dan actions nya untuk berinteraksi dengan pendengar, sehingga pendengar akan terdorong imajinasinya terhadap cerita tersebut.

Orang yang sedang menyampaikan storytelling harus pandai berkata-kata dan berekspresi agar cerita yang disampaikan tersampaikan dengan jelas kepada pendengar, baik dari jalan ceritanya ataupun pesan yang disampaikan dalam cerita tersebut. Penyaji bisa saja menyajikan konten yang sulit dan membosankan dalam bentuk yang mudah, namun cerita yang bagus juga menunjukan sudut pandang baru dalam berbagai situasi kehidupan.

Bicara soal storytelling, bukan hanya tentang cerita dongeng atau cerita tradisional saja, namun storytelling lebih kepada menceritakan sesuatu yang terjadi pada diri kalian ataupun orang lain.

Baca juga tulisan lain dari bacaboy:

storytelling

storytelling

Nah bagaimana sih cara bercerita yang baik? Apa yang membuat suatu cerita itu terlihat bagus? Kita bahas satu persatu

Sebenarnya bagus tidaknya sebuah cerita adalah relative tergantung pada pendengar atau pembaca. Berikut adalah beberapa yang diperhatikan dalam suatu cerita :

  • Entertaining, cerita yang bagus membuat pendengar tertarik dengan apa kelanjutan dari cerita tersebut.
  • Educational, cerita yang bagus memuat pengetahuan yang pasti bermanfaat untuk pendengar.
  • Universal, dapat diterima oleh semua kalangan
  • Organized, tersusun sehingga pendengar tidak bingung dengan jalan ceritanya.
  • Memorable, berkesan sehingga pendengar dapat terus mengingatnya

Ada tiga komponen yang memuat suatu cerita menarik :

  • Karakter dalam suatu cerita
  • Konflik, sesuatu yang membuat karakter dalam cerita tertantang dan membuat cerita semakin seru.
  • Resolution, setiap cerita pasti ada akhirnya, namun tidak harus selalu berakhiran baik, yang penting cerita harus menyelesaikan konflik yang ada.

Bagaimana cara menyampaikan sebuah cerita?

Interaksi

Mulailah bercerita dengan berinteraksi dengan pendengar atau melakukan sesuatu untuk menarik perhatian mereka. apa saja yang biasaya dilakukan?

  • Ask a question : Tanyakan kepada mereka beberapa pertanyaan bahkan jika itu hanya retorika namun yang berhubungan dengan konteks yang akan kalian ceritakan.
  • Make a statement :Kalian dapat membuat pernyataan yang menarik perhatian mereka seperti mengatur umpan kalian sesuai dengan judul. Hal ini akan memancing perhatian pendengar unuk fokus pada cerita kalian dan membuat mereka ingin mendengar lebih banyak.

Membangun adegan

Sepanjang kalian bercerita, kalian pasti ingin menciptakan pengalaman yang berkesan, kalian ingin bercerita dengan cara yang membuat pendengar merasa seperti mereka ada didalam cerita tersebut. Yang harus diperhatikan dalam menciptakan hal tersebut adalah dengan memperhatikan inonasi kalian ketika berbicara, perpindahan tempat ketika kalian bercerita serta gestur tubuh ketika berbicara.

  • Paint a picture : Buatlah gambaran dengan menggunakan detail yang membantu pendengar memahami dan dapat merasakan hal-hal yang kalian rasakan.
  • Hati-hati dengan bicara : Jangan ceroboh dengan Bahasa yang kalian gunakan, rancang lah Bahasa kalian dengan baik dengan kata-kata yang spesifik, mudah dipahami dan dengan intonasi yang mendalami cerita kalian.

Membangun suasana

Tentu saja dalam seluruh cerita harus membangun suasana sampai titik klimaks dalam cerita bahkan saat kesimpulan.

  • Jangan cerita terburu-buru : Sesuatu yang menarik pada cerita tidak datang sekaligus. Tanpa membangun suasana, sebuah cerita akan terasa terburu-buru.
  • Biarkan cerita mengalir dana tur pernapasan kalian ketika bercerita

Focus

Kalian ingin bercerita se detail mungkin, tapi ingat jangan sampai malah jadi ngawur.

  • Skip details yang tidak penting pada cerita.
  • Perhatikan pendengar kalian. Jika cerita kalian mulai terdengar membosankan kalian bisa mempercepat cerita kalian.

Pertahankan alur cerita

Inilah mengapa mengetahui cerita dan latihan kalian menjadi penting. Banyak penyaji cerita yang lupa dengan ceritanya sendiri . tapi ketika itu terjadi, jangan berhenti untuk improve namun tetap logis.

Make it feel conclusive

Terasa aneh jika pendengar tidak yakin apakah kaliah sudah selesai bercerita atau belum, maka buatlah kesimpulan dari cerita kalian terasa konklusif. Bagaimana caranya?

  • Buatlah pertanyaan dan jawab
  • Berikan pesan dari cerita kalian
  • Menurunkan nada bicara kalian untuk menunjukan bahwa kalian telah selesai bercerita

Beberapa kata yang biasa digunakan untuk memulai storytelling.

  • Beginning : firstly, first of all, to start of with.

Contoh : firstly we went to john’s house for party…..

  • Continuining : then, after that, next.

Contoh : and then we started drinking we were having a great time, everybody was enjoying their drink, dancing, partying..

  • Interuptions : suddenly, unexpedly

Contoh: and the suddenly amy fell off the bar maybe she was too drunk …

  • Ending : finnaly, eventually, in the end.

Contoh: eventually we had to pick her up and take her to her house that kind of soiled our party.

Tenses yang digunakan pada umumnya adalah past tense namun kalian tetap dapat menggunakan present tense khususnya untuk menceritakan sebuah lelucon.

  • Present tense : untuk menceritakan sebuah lelucon atau adegan dramatis.
  • Simple past tense : ketika kalian menceritakan sebuah kisah secara berurutan atau secara kronologis
  • Past continuous tense : ketika mungkin kalian memberikan latar belakang pada cerita atau menunjukan kemajuan dalam sebuah cerita.

Contoh storytelling pada cerita fable

The Hare and The Tortoise

One day in a forest, the hare talk that he can beat anyone in this forest and nobody can compete him. The animals agree with him. Suddenly, the tortoise laughing! Tortoise agree with the hare and the other animals, but he has no fear of competing with the hare. Then, they have competing with the other animals as an audience and everybody know that the hare will be a winner. The hare was confident that he will be the winner.

The competition is begin. The hare runs so fast. on the other side the tortoise is running too, but its not more faster than a snails. Everbody laughing. Suddenly, the hare stops and looks that the tortoise is so far from him. The hare take some rest. In the meanwhile the tortoise pass the hare. Suddenly the hare gets up and cant believe that the tortoise almost reaches the finish line, he runs so fast to pass the tortoise but the tortoise already arrived at the finish line before he could.

Kelinci dan Kura-kura

Suatu hari disebuah hutan, seekor kelinci terus menerus berbicara kalau tak ada satu hewan pun yang dapat menandingi kecepatannya. Semua binatang setuju memang tak ada satupun dari mereka yang lebih cepat daripada kelinci namun tak lama kemudian kura-kura tertawa, kura-kura setuju kalau kelinci adalah yang tercepat, tapi dia tidak takut jika harus berkompetisi dengannya.

Mereka pun berkompetisi. Semua binatang yang ada dihutan menjadi saksinya, semua binatang percaya bahwa kelinci lah yang akan jadi pemenangnya. Kelinci pun sangat percaya diri bahwa memang dialah yang akan memenangkan kompetisi ini. Kompetisi pun dimulai. Kelinci berlari begitu cepat sementara kura-kura berlari bahkan tak lebih cepat dari siput. Semua menertawakan kura-kura. Suatu waktu kelinci berhenti berlari dan melihat kalau kura-kura begitu jauh darinya sehingga ia memutuskan untuk beristirahat sejenak. Kelinci tertidur pulas hingga kura-kura melewatinya. Kelinci terbangun dan tidak percaya kura-kura bisa melewatinya dan ia langsung berlari kencang untuk menyusul. Namun sayang, kura-kura lebih dahulu sampai di garis akhir.

Contoh Soal Latihan

Siapa sajakah karakter yang ada dalam cerita?

Konflik apakah yang dialami oleh karakter dalam cerita tersebut?

Pesan apakah yang ingin disampaikan penulis cerita diatas?

Daftar Pustaka

  • Decker, Allie. The ultimate Guide to Storytelling di hubspot.com (diakses pada 5 April 2020)
  • Storynet. What is Sorytelling? di storynet.org (diakses pada 5 April 2020)
  • Gongala, Sagiri.2019. 25 Best Short Animal Stories For Kids With Morals di momjunction.com (diakses pada 5April 2020)

Baca juga: